Sakit Mata Saat Hamil Itu Wajar Tapi Jangan Dianggap Sepele Ya

ibudanbalita https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Paling tidak enak jika sakit mata karena masalah ini bisa mengganggu aktivitas setiap hari. Tapi, wanita yang sedang hamil sangat rentan terkena penyakit yang satu ini.

Memang tidak semua ibu hamil mengalami sakit mata. Hanya saja, potensinya ada.

Itulah mengapa menjuga kesehatan mata bagi ibu hamil sangat penting. Karena ketika ibu mengalami sakit mata, maka kegiatan sehari-hari ibu akan terganggu.

Bukan tidak mungkin juga hal tersebut berpengaruh terhadap kondisi kesehatan ibu secara keseluruhan.

Sebenarnya, yang paling sering terjadi pada ibu hamil adalah sindrom air kering. Hal ini disebabkan produksi air mata menurun. Hal ini berakitan erat dengan kehamilan.

Yang pasti, jangan sampai permasalahan pada mata yang ibu alami bisa berakibat buruk terhadap kegiatan sehari-hari dan juga kesehatan ibu.

Oleh sebab itu, ibu harus tahu gejala-gejalanya. Informasi tentang apa penyebab, gejala, dan lengkap dengan apa yang seharusnya ibu lakukan akan dijelaskan di bawah ini. Silakan ibu pelajari dan pahami benar-benar penjelasan singat berikut ini.

Gejala Sakit Mata Saat Hamil

Resiko itu memang ada. Karena saat hamil, tubuh ibu memproduksi hormon estrogen dalam jumlah yang banyak. Memang hormon tersebut dibutuhkan untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Sayangnya, ada konsekuensi yang kurang baik. Naiknya hormon estrogen tersebut ternyata menurunkan produksi air mata. Hal inilah yang membuat ibu rentan mengalami sakit mata.

Gejala-gejalanya cukup banyak. Salah satunya mata menjadi kemerah-merahan. Ini gejala yang paling mudah dilihat karena memang ketika mata tidak mendapatkan cukup cairan maka mata akan menjadi kemerah-merahan.

Meskipun demikian, bukan berarti kekurangan cairan menjadi faktor utama. Bisa juga mata kemerah-merahan itu disebabkan ibu mengalami stress lantaran banyak pekerjaan dan beban selama masa kehamilan terasa semakin berat.

Selain itu, gejala lainnya adalah penghilatan yang tidak setajam seperti biasanya. Yang paling dikhawatirkan jika mata ibu menjadi terlalu sensitif terhadap cahaya. Ada baiknya jika ibu menggunakan kacamata warna gelap jika ibu sering melakukan kegiatan di luar rumah.

Jika gejala-gejalan tersebut muncul, sebaiknya ibu segera melakukan pencegahan agar penyakit mata yang parah tidak terjadi.

Apa yang Sebaiknya Ibu Lakukan?

Banyak sekali hal yang bisa mencegah sakit mati. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A menjadi hal yang wajib untuk ibu lakukan. Ada banyak sekali buah yang mengandung vitamin A seperti buah apel, raspberry, anggur, kiwi, dan lain sebagainya.

Namun, ibu harus pastikan buah tersebut termasuk buah yang diperbolehkan untuk ibu konsumsi ya. Karena ada juga buah yang mengandung vitamin A tapi berbahaya untuk dikonsumsi oleh ibu hamil seperti buah nanas dan nangka.

Akan tetapi, yang tak kalah penting, ibu harus tahu bagaimana mengontrol stress. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, stress bisa membuat produksi air mata semakin turun dan bisa berakibat sakit mata.

Untuk mengatasi stress, ada beberapa tips menarik yang bisa ibu lakukan. Tips khusus ibu hamil bisa dilihat di ibudanbalita. Karena tips yang harus ibu terapkan tidak boleh berpengaruh buruk terhadap kesehatan janin di dalam kandungan.

Mungkin ibu juga bisa konsultasi dengan dokter jika gejala sakit mata yang ibu alami terlihat begitu parah.

Ibu tidak memiliki waktu luang untuk konsultasi? Gunakan saja smartphone dan ibu bisa konsultasi online di website ibu dan balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*