Resep Orang Kuno Menjaga Kesehatan Wanita Hamil

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Kesehatan wanita hamil menjadi isu yang sangat hangat mengingat naiknya jumlah kematian janin di dalam kandungan. Bahkan, tidak sedikit pula ibu harus meregang nyawa saat proses persalinan. Hal tersebut disebabkan kurangnya pengetahuan tentang menjaga kesehatan saat mengandung.

Ada banyak alasan kenapa banyak ibu hamil tidak mau mengikuti anjuran dokter atau ahli kesehatan wanita hamil agar menerapkan tips menjaga kesehatan. Salah satunya disebabkan finansial. Padahal, tidak semua cara menjaga kesehatan itu mengharuskan seorang ibu hamil merogoh kocek yang dalam. Seperti contoh, mereka bisa meniru apa yang dilakukan oleh orang tua dulu dalam menjaga kesehatan kehamilan.

Berikut ini cara menjaga kesehatan ibu hamil yang tidak akan menguras banyak dana. Cara ini bisa diterapkan semua ibu hamil dan dipastikan bayi dalam kandungan akan berkembang normal.

Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Mudah sekali bukan jika ibu diminta untuk mengkonsumsi sayuran hijau. Sayangnya, tidak semua orang bisa menerapkan cara ini. Apalagi kebiasaan orang modern yang lebih sering mengkonsumsi makanan fastfood. Tentu saja tidak masalah jika ibu sesekali mengkonsumsi makanan fastfood. Hanya saja, mengkonsumsi sayuran hijau harus setiap hari.

Orang kuno dulu mempercayai bahwa saat ibu hamil mengkonsumsi sayuran hijau maka ia sedang mempersiapkan diri agar bisa memberikan ASI ketika bayi dalam kandungan lahir. Itu saja kepercayaan orang kuno dahulu. Padahal, lebih dari itu, sayuran hijau juga sangat baik untuk menjaga kesehatan wanita hamil.

Contohnya saja bayam. Sayuran hijau yang satu ini murah sekali, bukan? Akan tetapi, jangan lihat berapa harganya ya. Lihatlah manfaat yang ibu bisa dapatkan. Sayuran hijau kaya akan vitamin, protein, dan juga berfungsi sebagai antioksidan.

Sayuran hijau berupa kangkung justru lebih penting lagi. Seorang ibu hamil biasanya mengalami masalah berupa insomnia. Padahal, ia harus menjaga kesehatan dengan cara istirahat yang cukup. Dengan mengkonsumsi kangkung, maka masalah insomnia akan teratasi. Cara tersebut sangat alami, aman, dan manjur untuk mengatasi insomnia.

Tentu saja masih banyak jenis sayuran hijau lainnya. Jadi, selain untuk mempersiapkan tubuh agar mampu memproduksi ASI saat bayi lahir nanti, kesehatan wanita hamil juga akan terjaga.

Ngepel Lantai

Kalau sekarang ada senam ibu hamil, dulu ada cara lain yang gerakannya mirip dengan senam kehamilan. Setidaknya tujuannya sama, yaitu menjaga kebugaran dan kesehatan ibu hamil serta mempermudah proses persalinan nanti. Yaitu ngepel dengan cara jongkok.

Dahulu kala, kebanyakan wanita menjadi ibu rumah tangga. Mereka tidak bekerja seperti wanita karir saat ini. Jadi, pekerjaan utama mereka membersihkan rumah. Dan ngepel tidak hanya membuat rumah semakin bersih tapi juga untuk menjaga kebugaran.

Namun, bukan ngepel menggunakan alat ya. Mereka hanya menggunakan kain pel dan jongkok. Dengan posisi tersebut, otot bagian panggul akan semakin kuat sehingga mereka akan lebih mudah saat proses persalinan nanti.

Itu saja yang dilakukan oleh orang zaman dahulu untuk menjaga kesehatan kehamilan. Mudah dan tidak menghabiskan banyak dana, bukan?

Akan tetapi, untuk melengkapi tips tersebut, ibu harus menyisihkan sedikit uang untuk membeli susu ibu hamil. Kandungan di dalam susu sangat penting untuk memaskimalkan perkembangan janin. Dan satu lagi, perkembangan otak janin akan lebih optimal. Ibu pasti ingin anaknya nanti sehat dan cerdas, bukan? Dan yang pasti, nutrisi yang terkandung di dalam susu akan membuat tubuh sehat selalu. Jadi, jadikan mengkonsumsi susu sebagai cara untuk menjaga kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*