Resep Makanan Bayi 8 Bulan Yang Spesial Berbahan Beras

Resep Makanan Bayi 8 Bulan

Apa yang membedakan antara resep makanan bayi 8 bulan dengan makanan untuk bayi di bawah 8 bulan? Meskipun menu makanan untuk bayi 8 bulan tidak jauh beda, akan tetapi tetap saja ada perbedaannya. Karena menu makanan tidak hanya berhubungan dengan gizi yang akan didapatkan si kecil tapi juga perkembangan gerakan motorik dan juga pertumbuhan gigi.

Pada intinya, menu makanan untuk bayi itu ditujukan agar anak belajar mengunyah. Selain itu, makanan juga bisa memberikan gizi yang lebih selain gizi yang ia dapatkan dari ASI atau air susu ibu. Lalu, makanan seperti apa yang sesuai untuk bayi 8 bulan? Bagaimana ciri-ciri makanan yang bagus untuk bayi usia 8 bulan?

Tesktur Makanan Untuk Bayi 8 Bulan

Apakah bayi usia 8 bulan sudah bisa mengkonsumsi makanan seperti orang dewasa? Sebenarnya sudah bisa tergantung berapa jumlah gigi yang tumbuh. Ada beberapa bayi usia 8 bulan dengan jumlah gigi yang tumbuh cukup banyak. Dengan demikian, bayi sudah bisa mengunyah makanan. Namun, tidak jarang gigi bayi baru tumbuh ketika usianya mencapai 1 tahun. Sehingga dokter menyarankan makanan orang dewasa baru boleh diberikan ketika si kecil sudah balita.

Kalaupun bayi 8 bulan sudah memiliki gigi, permasalahannya adalah bagaimana dengan sistem pencernaannya? Apakah sudah siap? Jika tidak siap, maka bayi akan mengalami konstipasi atau susah buang air besar. Hal ini lebih disebabkan makanan yang ia konsumsi tidak bisa dicerna dan dihaluskan secara sempurna di dalam pencernaan sehingga ia mengalami konstipasi.

Maka dari itu, penting sekali bagi seorang ibu untuk mengetahui menu makanan untuk bayi usia 8 bulan. Secara umum, makanan untuk bayi 8 bulan tidak boleh terlalu lunak dan tidak pula terlalu kasar. Jika terlalu kasar, maka ia akan mengalami gangguan pada sistem pencernaan. Namun, jika terlalu lunak, maka hal tersebut akan menghambat pertumbuhan gigi.

Ada dua manfaat memberikan menu makanan dengan tekstur yang tidak terlalu lunak dan tidak pula terlalu kasar. Yang pertama, makanan tersebut akan menstimulus pertumbuhan gigi. Dan yang kedua, makanan tersebut akan membuat sistem pencernaan semakin siap untuk mencerna dan menghaluskan makanan kasar seperti yang dikonsumsi oleh orang dewasa.

Ide Menu Makanan Bayi 8 Bulan

MPASI atau makanan pendamping ASI untuk bayi usia 6 bulan biasanya terbuat dari satu bahan, entah itu buah atau sayuran. Kemudian, buah atau sayuran tersebut dihaluskan dengan menambahkan air atau ASI. Berbeda dengan menu MPASI untuk bayi 8 bulan, teksturnya boleh tidak terlalu lunak. Menunyapun harus mendekati dengan menu makanan untuk orang dewasa. Oleh sebab itu, sangat disarankan agar ibu membuatkan menu makanan yang terbuat dari beras.

Salah satu ide yang bisa ibu terapkan adalah membuat nasi tim yang lezat dan bergizi. Caranya sebagai berikut:

  • Rebus beras
  • Tambahkan sayuran seperti tomat, daun seledri, bawang putih yang sudah dicincang, dan sedikit irisan ayam. Sebenarnya ibu bisa pilih sendiri apakah ingin menambahkan daging ayam atau ikan laut. Aduk hingga rata
  • Siapkan panci untuk tim. Tuangkan nasi yang sudah dicampur tersebut ke dalam panci. Kemudian masak hingga mengeras. Dan nasi tim siap dihidangkan.

Resep MPASI bayi 8 bulan seperti ini sangat mudah dibuat. Lebih dari itu, rasanya juga sangat lezat mengingat ibu tambahkan beberapa sayuran dan juga daging atau ikan. Dengan demikian, sang buah hati tidak hanya merasakan bubur yang hambar saja, melainkan masakan berupa nasi dengan rasa yang lezat dan gizi yang tinggi.

Dan yang pasti, menu makanan ini memiliki tekstur yang hampir sama seperti tekstur makanan yang dihidangkan untuk orang dewasa. Dengan demikian, anak akan mulai terbiasa untuk mengkonsumsi makanan yang kasar dan semakin siap untuk mengkonsumsi makanan orang dewasa.

Sayangnya, membuat nasi tim seperti itu sepertinya tidak bisa dilakukan jika ibu berada di perjalanan. Mungkin untuk waktu tertentu yang tidak memungkinan untuk memasak, ibu bisa buatkan menu MPASI untuk bayi 8 bulan lainnya. Atau jika ibu ingin lebih praktis namun makanan yang ibu siapkan tetap bergizi tinggi, ibu bisa berikan bubur Nestle. Ini menu makanan bayi 8 bulan yang praktis dibuat dan bergizi tinggi.

Hati-Hati Dengan Alergi

Pada resep nasi tim tersebut di atas, terdapat campuran berupa daging atau ikan laut. Akan tetapi, ibu harus berhati-hati barangkali anak ibu mengalami alergi. Ada beberapa bayi yang alergi terhadap kandungan protein yang tinggi pada daging atau kandungan yang ada di dalam air laut. Alergi ini biasanya ditandai dengan munculnya bercak merah pada kulit dan bayi merasakan gatal.

Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya ibu hentikan dulu pemberian MPASI. Berikan ASI lebih banyak untuk memperkuat sistem kekebalan tubuhnya. Karena pada dasarnya alergi itu disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang lemah. Ibu tidak perlu khawatir dan akhirnya menghentikan pemberian menu makanan untuk bayi usia 8 bulan. Ibu bisa mulai lagi saat alergi sudah teratasi.

Selain memberikan ASI, ibu juga perlu konsultasikan dengan dokter anak. Dokter akan melakukan pemeriksaan kira-kira apa yang menjadi penyebab bayi ibu mengalami alergi. Semoga bermanfaat.

Image Source: cookingbabyfood.com

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*