Resep Bubur bayi 6 Bulan Yang Pasti Si Kecil Suka

Resep Bubur Bayi 6 Bulan www.awalsehat.nestle.co.id

Selamat ya ibu sudah melewati masa yang paling sulit dan paling membutuhkan perjuangan. Asalkan ibu tahu saja tidak banyak lho seorang ibu yang berhasil memberikan ASI eksklusif hingga usia bayi 6 bulan. Dan kini saatnya ibu memberikan menu MPASI (makanan pendamping ASI).

Apa yang ada di benak ibu jika mendengar kata-kata MPASI? Pasti ibu akan mengingat resep bubur bayi 6 bulan. Betul sekali. Hampir semua ibu akan berpikir hal yang sama. Menu MPASI yang mudah untuk dibuat adalah bubur.

Namun, terkadang seorang ibu tidak memiliki ide bagaimana membuat bubur bayi usia 6 bulan yang selalu berbeda. Ia selalu mencari tahu bagaimana agar bubur bayi yang ia buat selalu berbeda atau setidaknya memiliki rasa yang berbeda. Dengan demikian, si kecil tidak bosan dengan resep bubur untuk bayi 6 bulan.

Kebanyakan ibu akan membuatkan bubur bayi dengan bahan utama beras. Kini saatnya ibu mengetahui bagaimana cara membuat bubur bayi yang berbeda.

Bahan Yang Harus Ibu Siapkan

Yang pasti, bubur bayi tidak harus berbahan dasar nasi. Nasi hanya mengandung karbohidrat saja. Sementara itu, si kecil juga membutuhkan nutrisi yang lain, bukan? Jadi, sesekali ibu bisa coba untuk membuatkan resep bubur bayi usia 6 bulan dengan bahan dasar sebagai berikut:

  • Kentang

Jangan salah. Kentang juga merupakan sumber energi layaknya nasi lho bu. Lebih dari itu, di dalam kentang, terdapat kandungan tertentu yang bisa mencegah fermentasi usus. Fermentasi ini disebabkan oleh bakteri jahat yang ada pada usus sehingga si kecil mengalami masalah kesehatan. Namun, hal ini tidak perlu ibu khawatirkan lagi karena kentang mencegah hal buruk tersebut.

Dan masih banyak manfaat yang bisa didapatkan jika ibu membuat resep bubur bayi 6 bulan dengan bahan dasar kentang. Kentang bisa mencerahkan kulit bayi, mengoptimalkan perkembangan otak bayi, serta mencegah terjadinya penyakit yang berbahaya.

  • Brokoli

Salah satu sayuran yang sangat direkomendasikan untuk dijadikan menu MPASI bayi 6 bulan adalah brokoli. Apakah ibu tahu kenapa? Brokoli mengandung protein yang sangat tinggi.

Namun, yang paling penting adalah brokoli mampu mencegah sembelit yang sering dialami oleh bayi yang baru pertama kali mengkonsumsi makanan selain ASI. Bahkan, memberikan menu bubur bayi berbahan dasar brokoli akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Jadi, bayi ibu tidak akan mudah sakit.

  • Keju

Ini bagian yang penting dari resep bubur bayi umur 6 bulan ini. Keju ini yang akan memberikan rasa enak pada bubur tanpa harus takut khawatir efek buruk. Apalagi ternyata keju mengandung vitamin A, B12, kalsium, protein, serta zink.

Dengan memberikan resep bubur bayi 6 bulan ini, sepertinya semua nutrisi harian yang dibutuhkan oleh si kecil sudah terpenuhi. Dan yang tak kalah penting, rasa bubur tidak hambar sehingga pastinya si kecil akan suka untuk menyantapnya.

Cara Pembuatan

Sebenarnya tidak ada hal yang khusus ketika membuat bubur bayi dengan resep yang satu ini.

Pertama-tama, ibu perlu mengupas kulit kentang. Dalam hal ini, sangat disarankan agar ibu memilih kentang super. Ini merupakan kentang yang warnanya putih. Kentang seperti ini sangat baik karena ditanam dengan cara alami. Artinya, kentang tidak mendapatkan obat-obatan.

Setelah kulit kentang dikupas, ibu bisa mulai mengukus kentang tersebut. Agar lebih efisien, ibu bisa kukus kentang bersamaan dengan brokoli. Setelah sudah matang, kentang dan brokoli diangkat dan didiamkan sebentar hingga tidak terlalu panas.

Sembari menunggu kentang dan brokoli sedikit lebih dingin, ibu bisa siapkan blender dan juga keju. Agar mudah dihaluskan, keju dipotong kecil-kecil.

Masukkan kentang dan brokoli yang sudah dikukus ke dalam blender. Masukkan juga keju yang sudah ibu potong kecil-kecil dan sedikit air. Haluskan dan bubur bayi 6 bulan siap disajikan.

Mudah, bukan?

Masalah Kesehatan Yang Mungkin Terjadi

Memulai memberikan MPASI itu tidak mudah. Sang buah hati sudah terbiasa dengan ASI. Pada saat usianya mencapai 6 bulan, ia harus mengkonsumsi makanan yang sedikit lebih kasar. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi ibu bagaimana cara agar bayi ibu mau mengkonsumsi MPASI. Tentu saja ibu harus memberikan resep bubur bayi 6 bulan yang enak.

Namun, tidak itu saja yang akan ibu hadapi. Kebanyakan bayi akan mengalami sembelit atau susah buang air besar ketika pertama kali mendapatkan menu MPASI. Tenang saja, ini hal yang sangat wajar.

Untuk menghindari hal tersebut, ibu perlu memperhatikan seberapa sering menu MPASI yang ibu berikan. Selain itu, yang tak kalah pentingnya lagi adalah menu MPASI yang ibu siapkan.

Selain mencari resep bubur untuk bayi 6 bulan, ibu harus juga mencari menu MPASI lainnya yang berbahan dasar buah-buahan misalnya. Atau jika ibu repot sekali dengan pekerjaan kantor atau pekerjaan rumah tangga, ibu bisa siapkan saja bubur Nestle Cerelac, bubur instan untuk bayi 6 bulan yang sangat aman dan sehat untuk dikonsumsi si kecil.

Lebih dari itu, untuk mencegah sembelit, ibu hanya perlu memberikan lebih banyak ASI. Ibu tidak boleh berpikir ingin memberikan obat-obatan. Hindari obat sembelit walaupun obat tersebut ditujukan untuk bayi.

Sembelit merupakan reaksi yang sangat wajar ketika awal-awal bayi mengkonsumsi menu MPASI. Dengan memberikan ASI yang lebih banyak, masalah tersebut akan teratasi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*