Resep bubur bayi 6 bulan dengan lobak untuk pemula

resep bubur bayi 6 bulan www.awalsehat.nestle.co.id

Ketika bayi semakin bertambah usia, maka semakin dekat saat saat bayi akan mulai memberontak jika bunda dan ayah hanya memberi air susu ibu ataupun susu formula. Tidak hanya tubuh bayi yang besar, ‘wadah’ perut juga mulai melebar. Makanan padat pun wajib mulai diperkenalkan. Berita baiknya, ketika bayi menginjak usia 6 bulan, disinilah ayah dan bunda bisa mempraktekkan resep bubur bayi 6 bulan. Bahkan dengan bahan bahan tidak biasa ? misalnya saja eksperimen resep bubur bayi 6 bulan dengan berbintang utama lobak ? tentu tidak biasa dan siapa tahu malaikat kecil anda akan sangat menyenangi lobak.

Beberapa orang dewasa memang enggan memasukkan lobak ke dalam menu makanan namun bukan berarti bayi tidak akan menyenangi lobak. Apabila bayi menolak memakan lobak di awal perkenalan bukan berarti bayi tidak menyukai lobak, bahkan jika bukan lobak sekalipun kemungkinan bayi akan menolak hidangan yang anda sediakan juga tidak kalah tinggi.

Cukup perkenalkan pelan pelan, tunggu setidaknya 1 sampai 2 minggu sebelum mencoba menyuapi bayi dengan menu yang sama. Perhatikan reaksi atau ekspreksi bayi ketika menyantap hidangan barulah anda menentukan apakah bayi benar benar tidak suka dengan bahan utama lobak atau hanya menolak adanya makanan ‘asing’ masuk ke dalam mulutnya.

Tenang saja, jika anda maupun pasangan termasuk orang orang dewasa yang tidak biasa menggunakan lobak sebagai bahan utama masakan, jangan khawatir resep bayi 6 bulan pemula ini tidak akan menyulitkan anda yang tidak pernah memasak lobak dari dulu. Bahkan, anda bisa mempelajari resep resep berikut ini dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama.

  1. Metode kukus
    Kukus mengkukus sudah menjadi hal ikonik di tanah air Indonesia, terutama di bagian pulau jawa. Beragam kudapan asli jawa banyak dibuat dengan metode kukus. Jika menyangkut lobak, caranya pun sangat mudah.Pertama tama, anda harus menguliti lobak terlebih dahulu, terutama apabila kulit lobak sangat tebal, anda tidak ingin menyakiti atau menakuti bayi dengan ketebalan kulit tersebut.Apalagi, kulit yang tebal hanya menganggu percepatan proses kukus. Setelah usai dikuliti, potong lobak menjadi kotak kotak kecil. Dan kukus selama setidaknya 10 sampai 5 menit hingga anda bisa menusuk lobak tanpa menggunakan banyak tenaga.
  1. Rebusan
    Rebusan adalah metode paling populer kedua selain kukus ketika menyangkut masalah kemudahan, pratikal, dan membuat bahan lebih empuk. Jika anda kurang senang dengan metode kukus, maka merebus bisa menjadi alternatif sempurna bagi anda.Bedanya, rebusan cenderung membuat rasa pahit lobak mendominasi rasa lain, tentu anda tidak ingin hal ini terjadi. Si kecil terlalu muda untuk merasakan pahitnya hidup ini. Ada 2 jalan untuk mengatasi rasa pahit ini.Pertama, anda bisa mengganti air ketika lobak setengah matang baru kemudian menambahkan air lagi sampai lobak benar benar matang alias sudah empuk hingga mudah dikunyah.

    Cara kedua adalah menambahkan potongan kentang ke dalam rebusan, kentang mampu melawan dominasi rasa pahit lobak sehingga ketika masak lobak anda tidak akan terasa sepahit rasa alami lobak ketika direbus.

  1. Panggang biasa
    Anda memiliki oven di rumah ? sempurna ! metode panggang sebenarnya sangat cocok untuk makanan yang layak diperkenalkan ke malaikat kecil anda. Yang perlu anda lakukan adalah menemukan lobak yang masih muda karena lobak yang sudah masak sebenarnya kurang cocok untuk dipanggang.Caranya pun cukup mudah. Panaskan oven hingga mencapai suhu 180 derajat celcius. Sambil menunggu potong lobak tanpa perlu mengkuliti lobak dan panggang selama 45 menit atau lebih sampai anda merasa lobak sudah cukup empuk.Barulah anda menarik kulit lobak. Kulit lobak muda cenderung lebih keras dibanding lobak masak sehingga menghilangkan kulitnya usai dipanggang akan jauh meringankan pekerjaan anda sebagai ‘koki’.
  1. Panggang minyak zaitun
    Guna meningkatkan level rasa lobak ke arah lebih lezat, minyak zaitun berperan disini. Bunda tenang saja ketika mendengar kata minyak.Minyak zaitun berbeda dengan jenis minyak lain, minyak satu ini memiliki banyak manfaat kesehatan sehingga aman digunakan untuk memasak bagi bayi. Wajar saja, jika harga minyak zaitun cenderung lebih mahal.

    Terlebih lagi, Lobak yang dipanggang menggunakan minyak zaitun akan mengeluarkan rasa manis ketika dipanggang. Berbicara tentang manis, bayi manapun pasti akan menganggukkan kepala, meminta anda untuk memberikan lobak lagi.Cara panggangan satu ini adalah dengan memotong lobak seperti memanggang biasa namun sebelum dipanggang tuangkan minyak zaitun ke atas wadah panggangan, rendam lobak di dalamnya dan panggang. Suhu panggangan adalah 160 derajat celcius dan waktu panggang berkisar 30 sampai 45 menit.

    Kesabaran adalah kunci utama metode ini. Karena dengan memanggang pelan perlahan maka rasa manis lobak dapat keluar dengan lebih sempurna. Tentu akan jadi hidangan yang berkesan. Jika anda ingin lebih kreatif, anda bisa memotong lobak yang sudah dipanggang menjadi potongan kecil kecil yang pas di mulut dan hidangkan sebagai kudapan kepada bayi.

Bagaimana ? metode metode diatas sangat mudah dipraktekkan bukan ? Setelah menguasai teknik diatas anda bisa mencoba menggabungkan bahan bahan berbeda dengan metode memasak yang lebih meningkat demi menimbulkan senyum si kecil ketika menyantap hidangan masakan anda.  selamat mencoba resep bayi 6 bulan !

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*