Repotnya Persiapan Melahirkan Bagi Wanita Karir

persiapan melahirkan www.ibudanbalita.com

Bagi wanita karir, persiapan melahirkan harus dilakukan jauh-jauh hari. Bahkan, seharusnya sudah ada time schedule yang harus dibuat di awal kehamilan. Hal ini sangat penting agar ketika ibu suatu saat nanti mengajukan cuti melahirkan, kegiatan atau pekerjaan di kantor tidak terganggu. Selain itu, ibu juga bisa tenang dalam masa cuti karena ibu tidak diganggu dengan telpon berasal dari kantor.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebagai langkah untuk mempersiapkan melahirkan. Ini penting agar Anda tenang dalam menghadapi masa persalinan ketika sudah tinggal menunggu hari saja.

  1. Memberitahu Atasan

Meskipun kehamilan merupakan hal yang sangat privacy dan sepertinya kabar ini tidak perlu Anda beritahukan kepada orang lain, namun tidak dengan atasan Anda. Apapun yang terjadi seharusnya diketahui oleh atasan Anda. Hal ini disebabkan apa yang terjadi pada diri Anda akan menjadi bahan pertimbangan yang bisa dilakukan oleh atasan Anda, seperti melakukan project baru, perjalanan luar kota, dan lain sebagainya.

Dengan memberitahu atasan tentang kehamilan Anda, atasan akan mengambil sebuah keputusan dengan memasukkan pertimbangan berupa kehamilan Anda tersebut. Atasan juga biasanya akan berpikir panjang seperti mempersiapkan pengganti jika suatu saat nanti Anda harus cuti melahirkan. Meskipun ini masih lama, sebagai seorang atasan, ia pasti sudah memikirkan matang-matang tentang hal yang satu ini.

  1. Bicara Dengan HRD

Setelah memberitahu atasan, langkah selanjutnya adalah berbicara dengan HRD. Anda bisa memberitahu pihak HRD tentang kehamilan Anda, entah itu secara formal atau tidak formal. Selain atasan, HRD juga memiliki kepentingan untuk mengetahui resources atau sumber daya manusia di kantor. Mereka pihak yang sangat terpengaruh jika ada salah satu karyawan yang tidak bisa bekerja, entah itu sedang sakit atau cuti hamil seperti yang akan ibu lakukan.

Ibu pun memiliki keuntungan ketika berbicara dengan HRD. Setidaknya, ibu bisa sekaligus mencari tahu berapa banyak hari cuti yang bisa Anda ambil selama masa kehamilan. Apakah Anda harus mengambil cuti sebelum melahirkan ataukah ada kesempatan untuk mengajukan cuti setelah melahirkan sehingga masa cuti melahirkan Anda lebih lama. Ini juga sepertinya perlu Anda bicarakan dengan pihak HRD.

  1. Merapikan Project

Jika ternyata Anda berada pada posisi yang begitu penting seperti contoh Anda bertanggungjawab dengan sebuah project yang sedang dilakukan oleh perusahaan, ada baiknya Anda mulai merapikan project. Artinya, Anda membuat sebuah time schedule yang jelas mengenai tahap perkembangan sebuah project. Pastikan orang lain juga bisa membaca dan memahami time schedule yang Anda buat tersebut.

Dalam melakukan persiapan melahirkan, Anda juga harus mempersiapkan apa saja yang Anda tinggalkan di kantor. Setidaknya, dengan membuat time schedule sebuah project, Anda tidak begitu saja meninggalkan kantor untuk cuti melahirkan. Sekalipun Anda tidak berada di kantor, project tetap bisa berjalan. Untuk itu, rapikan project dengan cara membuat time schedule perkembangan project agar bisa diteruskan oleh orang-orang yang masih ada di kantor.

  1. Mempersiapkan Pengganti

Untuk posisi tertentu, tentu saja Anda tidak bisa meninggalkan begitu saja. Anda harus siapkan pengganti Anda selama Anda mengajukan cuti melahirkan. Untuk itu, Anda harus berbicara dengan atasan Anda untuk menentukan siapa yang pantas dan siap untuk menggantikan posisi Anda selama Anda cuti melahirkan.

Biasanya, pengganti adalah orang yang tahu persis tentang pekerjaan serta tanggungjawab Anda di kantor. Dalam hal ini, Anda harus berkonsultasi dengan atasan. Jika Anda bekerja dengan sebuah tim, sepertinya langkah yang tepat jika Anda menunjukkan salah satu dari tim yang Anda anggap capable untuk menggantikan Anda di posisi Anda sementara Anda cuti.

  1. Membuat Aturan Cuti

Meskipun Anda sedang cuti, jangan harap Anda bisa tenang berada di rumah. Ada banyak sekali hal yang harus Anda persiapkan sebelum melahirkan. Dan akan sangat mengganggu sekali jika tiba-tiba ada telpon dari kantor dan meminta Anda untuk mengerjakan suatu hal yang walaupun itu sepele.

Untuk itu, ada baiknya Anda membuat aturan cuti. Anda tentu tidak bisa 100% lepas dari kantor. Untuk itu, Anda sebaiknya membuat kelonggoran. Anda bisa menyediakan waktu khusus kapan pihak kantor bisa menghubungi Anda. Mungkin Anda memperbolehkan pihak kantor untuk berkonsultasi atau menanyakan apapun melalui email. Anda bisa janjikan membalas email setiap pagi hari. Atau Anda juga bisa membuat aturan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mempersiapkan melahirkan bukanlah hal yang mudah bagi wanita karir. Bagaimanapun juga Anda terikat dengan urusan kantor. Di satu sisi, Anda harus mempersiapkan diri untuk melakukan persiapan. Di sisi yang lain, Anda mungkin akan diganggu dengan urusan kantor meskipun Anda sudah mengajukan cuti.

Anda harus memiliki energi yang ekstra. Yang pasti, mempersiapkan diri sendiri untuk menghadapi kelahiran jauh lebih penting daripada yang lainnya. Beruntung jika ibu termasuk ibu yang sadar betul pentingnya informasi mengenai persiapan melahirkan. Kini sudah ada situs yang menyediakan semua informasi persalinan yang lengkap di www.ibudanbalita.com. Ada juga forum ibu dan balita. Ini bukan hanya forum yang mendiskusikan tentang tumbuh kembang balita saja. Forum ini juga membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan kehamilan dan persiapan persalinan. Jadi, tepat sekali jika Anda meluangkan waktu untuk membaca informasi terbaru tentang hal – hal yang berkaitan dengan persiapan melahirkan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*