Repot Sekali Jika Si Kecil Tidak Kunjung Bisa Berbicara

Friso www.friso.co.id
Friso

www.friso.co.id

Jika si kecil sampai sekarang belum bisa bicara, mungkin saja ini kesalahan ibu. Namun, hal tersebut tidak melulu ibu yang salah. Bisa juga ada gangguan bicara di mana hal ini berhubungan dengan perkembangan sang buah hati. Masalah ini sudah dijelaskan oleh pakar perkembangan balita di www.friso.co.id.

Meskipun demikian, yang sering terjadi adalah kurangnya perhatian ibu kepada si kecil. Ibu kurang memberikan stimulus yang tepat agar ia cepat bisa bicara. Lihat saja apa yang terjadi jika balita yang usianya sudah 2 tahun atau bahkan lebih tapi belum bisa bicara.

Masih Sering Ngompol Di Celana

Ada toilet training, yaitu cara untuk mengajarkan atau membiasakan si kecil agar bisa buang air kecil atau buang air besar di toilet. Hal ini biasanya dimulai dengan memakaikan celana dalam khusus untuk toilet training, membawa si kecil ke kamar mandi setiap 15-20 menit sekali agar buang air kecil, dan lain sebagainya.

Sayangnya, cara-cara tersebut tidak bisa dilakukan jika anak tidak mau bicara. Ia sering menolak untuk dibawa ke kamar mandi. Kalau mau, ia tidak mau buang air kecil atau buang air besar. Tetap saja ia kencing di celana.

Bayangkan jika hal ini terjadi terus menerus. Berapa banyak uang yang harus ibu keluarkan untuk membeli popok?

Mungkin ibu bisa mencoba untuk melepas popok dan memakaikan celana. Namun, siap-siap saja ibu harus mengepel lantai setiap hari karena si kecil akan ngompol di celana karena ia tidak bisa mengatakan jika ia ingin buang air kecil.

Rewel Minta Ampun

Senang sekali jika melihat anak tetangga yang sudah bisa mengungkapkan apa yang ia inginkan. Lain hal jika anak belum bisa berbicara. Apapun yang ia inginkan akan ia ungkapkan dengan cara menangis atau rewel.

Jika ibu salah menuruti apa yang inginkan, ia akan sangat rewel sekali. Ia bisa menangis hingga larut malam.

Repot sekali, bukan?

Untuk mengatasi hal tersebut, tidak ada cara lain selain memberikan stimulus yang tepat. Ibu perlu mencaritahu permainan apa saja yang bisa dilakukan agar si kecil bisa mulai belajar bicara.

Ada banyak sekali ide permainan di website Friso yang bisa ibu coba terapkan. Memang diperlukan kesabaran ketika ibu ingin mengajari anak bicara.

Selain itu, kreativitas mutlak diperlukan. Karena anak kecil tidak bisa diperlakukan seperti anak dewasa di mana ibu bisa memberikan nasehat atau memberikan ceramah ketika ingin mengajarinya tentang hal yang baru.

Mengajari balita harus fun. Oleh sebab itu, ibu perlu mendapatkan ide kreatif agar si kecil merasa nyaman dan bahagia sembari belajar berbicara.

Tentu saja permainan yang bagus untuk balita tidak hanya permainan untuk menstimulus ia agar mau berbicara. Ibu harus tahu ada dua jenis permainan, yaitu permainan bebas dan permainan terstruktur.

Setiap jenis permainan ini akan menimbulkan efek yang berbeda untuk perkembangan anak. Mana yang lebih penting? Semuanya penting. Hanya ibu perlu menentukan kapan waktu yang tepat untuk bermain permainan bebas dan kapan bermain permainan yang terstruktur.

Untuk lebih jelasnya, ibu bisa konsultasikan dengan pakar perkembangan anak. Atau, ibu bisa coba melakukan konsultasi scara online dengan pakar di www.friso.co.id. Dapatkan informasi yang valid dan kredibel agar ibu tidak salah dalam menerapkan apa yang sebaiknya ibu lakukan untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*