Rekomendasi 12 makanan untuk memperbanyak ASI

cara memperbanyak ASI www.awalsehat.nestle.co.id

Sebagai seorang bunda baru maupun bunda yang memiliki banyak bayi tentu membutuhkan badan bugar agar memastikan tubuh tetap bisa menyediakan jumlah ASI yang diperlukan.

Apa yang bunda konsumsi tentu berpengaruh, mempertimbangkan fakta itu mari tengok 12 makanan untuk memperbanyak ASI. Berikut daftar 12 makanan untuk memperbanyak ASI :

  1. Salem

Ikan salem atau biasa dikenal dengan sebutan salmon adalah salah satu ikan yang terkenal akan kandungan omega–nya. Dibalik itu, ikan salem ternyata membantu produksi air susu ibu karena kandungan EFA. Bagi ibu yang membutuhkan lebih banyak air susu ibu sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan salem dua sampai tiga kali dalam seminggu.

  1. Biji wijen

Biji wijen kaya akan kalsium, tidak hanya mendorong produksi air susu ibu namun juga bermanfaat bagi pertumbuhan tulang bayi. Untung saja, sekarang biji wijen dalam bentuk minyak banyak dijual di pasaran sehingga anda bisa menikmati manfaat biji wijen dalam beragam cita rasa.

  1. Bayam

Bagi anda yang lahir era 90’an tentu kenal dengan doktrin popeye kalau bayam bisa bikin berotot. Padahal, fakta membuktikan bayam kaya akan kalsium, asam folid, dan zat besi dimana kandungan ini bisa mendorong produksi air susu ibu, sekaligus membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

  1. Wortel

Sayuran berwarna merah terang nan menggemaskan ini banyak dikenal karena vitamin A yang katanya bikin mata ‘super’, Padahal Vitamin A dalam wortel tidak hanya membantu pengelihatan, justru vitamin A wortel banyak membantu tingkat produksi air susu ibu.

  1. Nasi merah

Nasi merah makin naik ke puncak ketenaran dalam dunia kesehatan, karena memang nasi merah memiliki sejuta manfaat. Termasuk pada masa menyusui nasi merah sangat baik dimasukkan dalam menu. Hormon di dalam nasi merah menstimulasi pembuatan susu dalam tubuh, dan juga meningkatkan nafsu makan ibunda. Sebagai bonus nasi merah juga membantu meningkatkan kualitas tidur bunda, mengingat bayi yang baru lahir dapat membuat bunda kesulitan tidur di malam hari.

  1. Susu sapi

Jika bayi butuh air susu ibu kini giliran ibu butuh air susu sapi. Air susu sapi kaya akan kalsium serta EFA (Seperti pada ikan salem) yang dibutuhkan pula bagi bunda untuk produksi air susu ibu. Sangat disarankan untuk meminum setidaknya 2 gelas susu sapi per hari.

  1. Pepaya mentah

Daging pepaya matang memang lezat sebagai kudapan, tapi artikel rekomendasi 12 makanan untuk memperbanyak ASI tidak berbicara kenikmatan semata namun juga kesehatan. memakan pepaya mentah sangat bagus untuk masa masa menyusui. Tenang saja anda bisa mengolah pepaya mentah menjadi salad atau sejenisnya sehingga rekomendasi satu ini bukan siksaan bagi anda. Di beberapa negara pepaya mentah digunakan sebagai salah satu bahan utama salad.

  1. Oats

Saat ini oats lebih dikenal di kalangan orang orang yang berusaha menurunkan berat badan. Padahal, oats yang dikonsumsi bunda setiap pagi dapat merangsang hormon produksi susu serta menjaga kekebalan tubuh bunda dan kualitas air susu ibu.

Oats juga bisa diolah dengan memadukan dengan beragam rasa seperti menambahkan madu ke dalam campuran oats. Cara membuat oats pun mudah, toh, di pasaran sudah beredar oats instant.

  1. Bawang putih

Sayuran kecil satu ini memang kaya akan manfaat. Tidak hanya sahabat di dalam dapur sebagai bumbu wajib di nyaris setiap masakan, namun juga sahabat bagi badan manusia. Bawang putih bisa mempertebal ketahanan tubuh, dan juga membuang racun. Cukup disayangkan bawang putih kurang populer hanya karena bau menyengat bawang. Untung saja, jaman sekarang sudah banyak kapsul vitamin bawang putih yang dijual di pasaran.

  1. Kacang kacangan

Keluarga kacang kacangan sering dianggap remeh, jika saja anda tahu bahwa meski ‘kacang’ sebetulnya manfaat yang diberi bisa berdampak besar. Apalagi mengingat kacang kacangan gampang dimakan kapan saja dimanapun. Kacang kacangan sebetulnya membantu perkembangan serotonin yang mana membantu produksi air susu ibu. Sebetulnya anda boleh boleh saja memilih jenis kacang apapun, tapi sangat disarankan untuk memilih kacang almond sangat direkomendasikan untuk kudapan maupun makan sehari hari.

  1. Selasih

Selasih biasa digunakan untuk mempercantik hidangan dalam dunia kuliner. Padahal manfaat selasih bukan sekedar hiasan. Mengkonsumsi selasih baik mentah atau dalam bentuk teh, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh bekerja lebih baik dan tentu saja mampu memproduksi air susu ibu lebih banyak. Hal ini dikarenakan kandungan anti aktioksidan dalam selasih sangat tinggi.

  1. Barley

Barley masih bagian dari keluarga gandum, tapi teh barley banyak digunakan untuk menenangkan tubuh kala sakit. Barley justru bisa digunakan pula untuk membantu bund memperoleh air susu ibu lebih banyak serta membuat bunda tetap terhidrasi mengingat banyaknya kegiatan bunda dalam merawat si kecil sehingga tubuh butuh untuk tetap segar. Kalaupun bunda merasa teh barley terasa hambar, sudah banyak resep atau produk untuk meningkatkan kualitas rasa barley.

Bagaimana? apakah bunda sudah merasa lebih tenang, mantap, tahu apa yang harus dipersiapkan kedepan untuk masa menyusui?

Tentu saja masih banyak lagi sumber nutrisi untuk ibu menyusui untuk memproduksi ASI lebih banya. Tapi untuk lanjutan makanan rekomendasi lain akan dibahas pada artikel berikutnya. Selamat mencoba 12 makanan untuk memperbanyak ASI !

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*