Protein Bagi Ibu Hamil Tidak Sekedar Untuk Perkembangan Janin

protein bagi ibu hamil www.ibudanbalita.com

Protein bagi ibu hamil sangat teramat penting. Saking pentingnya, banyak sekali informasi yang menjelaskan bagaimana perkembangan janin di dalam kandungan terganggu karena kekurangan protein.

Kekhawatiran apa yang ada di benak ibu ketika ibu hamil? Pasti mengenai keguguran, kan? Dan ibu harus tahu salah satu akibat kekurangan protein adalah keguguran. Hal ini disebabkan bayi di dalam rahim tidak berkembang dan akhirnya meninggal di dalam kandungan.

Tentu saja masih banyak lagi faktor penyebab lainnya. Yang pasti, dari sekian banyak nutrisi, protein untuk ibu hamil sangatlah penting.

Akan tetapi, kebutuhan protein bagi ibu hamil ini tidak hanya untuk perkembangan bayi saja lho. Protein ini juga dibutuhkan oleh ibu hamil. Apa saja peran protein bagi ibu hamil?

  1. Sumber Energi

Bukankah sumber energi itu ada pada karbohidrat? Betul sekali. Hanya saja, karbohidrat itu bisa dicerna dengan mudah sehingga mudah habis. Dan jika seseorang hanya mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, maka oran tersebut akan cepat lapar. Berbeda dengan protein yang tahan lama.

Dan inilah mengapa kebutuhan protein bagi ibu hamil harus terpenuhi. Seorang ibu hamil membutuhkan energi yang lebih. Energi tersebut tidak hanya didapatkan dari karbohidrat saja tapi juga dari protein.

Makanya, sangat disarankan seorang ibu hamil yang aktivitas hariannya sangat padat harus memenuhi kebutuhan protein. Kekurangan protein akan berakibat fatal. Janin bisa tidak berkembangan dengan baik dan ibu hamil pun sering merasa lemas.

  1. Mencegah Anemia

Siapa sangka jika ternyata protein berpengaruh terhadap produksi sel darah merah. Pembentukan darah harus dilakukan secara cepat dan kuantitasnya juga banyak. Pasalnya, sel darah merah ini dibutuhkan oleh janin juga ibu.

Jika pembentukan darah terhambat, maka hal pertama yang akan ibu alami adalah anemia. Ini ditandai dengan kepala pusing dan badan terasa tidak bertenaga. Ini hanya dilihat dari sisi kesehatan ibu hamil saja. Belum dari sisi kesehatan bayi di dalam kandungan.

Lalu, pertanyaan sekarang adalah dari mana ibu bisa mendapatkan nutrisi berupa protein? Banyak sekali sumbernya. Di dalam dunia kesehatan, protein di bagi menjadi dua, yaitu protein nabati dan protein nabati.

Keduanya sama baik. Hanya saja, akan lebih aman jika ibu memilih untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein nabati. Ibu bisa mengkonsumsi kacang-kacangan yang merupakan sumber protein nabati yang paling tinggi.

Bagaimana dengan protein hewani? Sebenarnya bagus juga. Hanya saja, dikhawatirkan ada kandungan berbahaya yang ikut masuk ke dalam tubuh. Salah satu sumber protein hewani adalah daging sapi. Ibu harus tahu selain protein, ada bakteri dan juga lemak yang terkandung di dalam daging sapi tersebut. Dan sangat berbahaya jika ternyata bakteri dan lemak masuk ke dalam tubuh.

Diperlukan perhatian khusus jika ibu ingin mendapatkan protein hewani. Ibu harus memilih daging yang segar dan memasak daging tersebut benar-benar matang. Dengan demikian, diharapkan kandungan yang berbahaya bisa dihilangkan dan ibu bisa mendapatkan manfaat protein baik untuk ibu hamil.

Sekarang ibu sudah lebih tahu tentang manfaat protein bagi ibu hamil, bukan?

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*