Posisi Tidur Ibu Hamil demi Kelancaran masa Kehamilan

Posisi tidur ibu hamil www.johnsonsbaby.co.id
Posisi tidur ibu hamil

www.johnsonsbaby.co.id

Tidak mudah mencari posisi tidur ibu hamil yang tepat sehingga bunda bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman. Jika sebelum hamil kamu terbiasa tidur tengkurap, ini saatnya kamu terbiasa merubah posisi tidur berdasarkan perkembangan kehamilan kamu.

Sebenarnya posisi tidur apakah yang paling aman selama masa masa mengandung ? setelah 5 bulan, wajar saja jika punggung kamu tidak terasa sehat. Berbaring seperti biasa sebenarnya memberi tekanan lebih di bagian aorta dan wilayah vena cava, yaitu suatu aliran darah yang mengalir di belakang abdomen kamu dan mengalirkan darah terus menerus dari jantung menuju paha dan telapak kaki. Tekanan pada aliran darah bisa menghambat sirkulasi darah badan kamu.. dan tentunya bayi kamu.

Posisi seperti ini pula, yang palings sering membuat kamu merasa kesulitan bernafas, dan karena beban perut kamu menekan dalam usus halus kamu ketika berbaring lurus, hal ini bisa menyebabkan masalah pada janin.

Bagaimana dengan tidur tengkurap ? bukan ide bagus juga. Ketika kamu berbaring dalam posisi tengkurap, perut kamu menekan uterus yang sedang tumbuh, tidak ketinggalan juga, menekan dada kamu yang sudah cukup nyeri.

Berbaring menghadap ke kiri adalah yang terbaik. Saat ini, berbaring menghadap satu arah adalah posisi teraman bagi janin kamu. Apalagi, posisi ini merupakan yang paling nyaman untuk kamu selama perut kamu terus bertambah besar.

Lantas apakah hanya satu sisi badan saja yang baik untuk tidur ? ahli merekomendasi kamu berbaring menghadap ke kiri. Hal ini bisa meningkatkan sirkulasi, memberi aliran darah yang mengandung nutrisi rute lebih mudah dari jantung menuju plasenta agar janin juga bisa tumbuh maksimal. Berbaring menghadap ke kiri dapat pula menjaga penambahan berat badan kamu agar tidak terlalu menekan bagian ginjal kamu. Memang menghadap ke kanan juga tidak apa, tapi kiri adalah yang terbaik.

Setelah kamu tahu posisi seperti apa yang terbaik saat tidur, ada beberapa saran seputar ‘masa tidur’ di malam hari kamu agar lebih nyaman dan melindungi bayi kamu selama masa mengandung.

Untuk memberi rasa nyaman lebih pada perut dan punggung , sediakan bantal dibawah perut kamu dan diantara paha kamu. Belilah bantal spesial atau guling yang cukup panjang, atau kamu tetap bisa gunakan bantal ekstra (bekas asal bersih juga oke) yang ada di lemari. Menaruh bantal di bawah badan kamu bisa memastikan kamu tetap berbaring menghadap 1 sisi, mencegah kamu berguling kea rah perut atau punggung.

Jika kamu memiliki nafas pendek, taruhlah bantal di bagian ketiak bawah kamu saat berbaring untuk memberi ruang pada dada kamu. Jika kamu sering merasa terbakar di dada, siapkan beberapa buku atau blok di ujung ranjang bagian kepala. Hal ini membantu asam turun ke perut, daripada asam naik ke dada dan memberi rasa panas.

Jangan panik jika kamu tetap saja berguling dari 1 posisi ke 1 posisi yang lain saat terlelap. Biarkan saja badan kamu bergerak semaunya asal mendapatkan rasa nyaman dibanding kamu harus bangun setiap menit untuk memperbaiki posisi tidur. Kamu membutuhkan waktu beristirahat sebanyak apapun yang kamu bisa. Kamu akan menghargai waktu tidur ini sebelum bayi kamu lahir dan membangunkan kamu setiap tengah malam untuk diberi ASI.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*