Posisi menyusui yang benar untuk bayi kembar

posisi menyusui yang benar www.awalsehat.nestle.co.id

Sewaktu belum memiliki anak, melihat bayi kembar rasanya bikin meleleh. Kemiripan dua bayi seperti kemasukan gula manis dua kali lipat yang bikin meleleh.

Ketika ternyata anugrah itu sampai pada anda, yaitu anda melahirkan 2 anak luar biasa lucu sekaligus biasanya kebahagiaan anda berlangsung beberapa jam sebelum akhirnya anda sadar merawat bayi kembar tidak semudah yang terlihat.

Bahkan posisi menyusui yang benar pun menjadi berbeda dengan kondisi ibu pada umumnya yang hanya memiliki anak satu. Terang saja, anda membawa 2 manusia bersama anda saat menyusui sedangkan ibu ibu yang lain hanya perlu memikirkan satu anak saja dengan beban lebih ringan.

Tapi, tentu anda tidak menyerah mengingat bayi anda adalah keajaiban tersendiri. Berikut ini adalah 4 posisi menyusui yang benar untuk bayi kembar.

1. Football

Bagi bunda yang memiliki anak kembar, biasanya rekomendasi posisi menyusui yang benar terbaik ada pada posisi football. Kenapa ? karena faktor utama posisi ini adalah memanfaatkan tangan bagian pinggir layaknya menghimpit dompet jinjing atau dalam dunia gaya (fashion) disebut clutch tentu tidak membebani anda yang harus menyusui 2 bayi dalam satu waktu.

Lingkarkan kedua tangan anda di masing masing bayi, posisikan pada perutnya, dan telapak tangan menopang kepala bayi agar bisa meraih puting payudara anda. akan lebih efektif jika anda punya bantal besar atau anda bisa menggunakan bantal mobil (yang biasa dilingkarkan di leher) tapi ukuran jumbo untuk menjadi alas bayi tidur daripada anda harus capek duduk bersila ditambah resiko bayi merasa tidak nyaman atau bahkan terkilir saat menyususui

2. Gendong duduk

Posisi menggendong bayi adalah posisi klasik yang telah dipraktekkan sejak jaman dahulu kala. Seperti apa posisi yang dimadsud ? anda sendiri pasti sudah pernah melihat atau bahkan orang tua anda dulu juga melakukannya. Bayi berada dalam posisi horizontal dengan satu tangan bunda menopang pantat bayi sedangkan yang satu lagi menopang kepala bayi sambil mengangkat kepalanya sedikit agar bisa meraih puting payudara.

Bila melakukan posisi ini untuk bayi kembar, anda hanya perlu melakukan hal yang sama dengan beban dobel. Kedua wajah malaikat kecil anda akan menghadap kaki masing masing saudaranya dan akan sangat mudah dilakukan jika bayi masih berusia dibawah 4 bulan. Jika bayi sudah bertambah besar ada 2 kerugian dari posisi gendong duduk.

Pertama dari segi anda, tenaga yang diperlukan semakin besar mengingat badan bayi sudah tumbuh besar dan berat badannya naik, anda akan cenderung cepat lelah sehingga harus berhati hati menjaga kesehatan. Kedua, karena wajah bayi akan menghadap kaki, bisa jadi malaikat malaikat anda kesulitan berkonsentrasi karena adanya pergerakan kaki di depannya, bisa jadi sesi menyusui lebih lama dari seharusnya dan anda kesulitan membedakan apakah bayi sudah kenyang atau lelah.

3. Berbaring

Jika anda mencari posisi menyusui yang benar untuk bayi kembar maka posisi berbaring telah menjadi favorit banyak ibu. Mengapa ? tenaga yang dibutuhkan tidak besar, ibu bisa nyaman karena sambil berbaring, dan bayi pun lebih bahagia karena lebih banyak ruang gerak bagi mereka berdua. Caranya pun cukup mudah, anda tinggal berbaring di kasur, kepala beralas bantal, serta tambahkan pula minimal 2 bantal ukuran medium di punggung anda.

Tujuan dari bantal bantal ini adalah agar posisi anda lebih tinggi sedikit sehingga payudara bisa menggantung. Miringkan sedikit badan anda ke satu sisi supaya payudara sedikit ‘jatuh’ ke bawah sedangkan payudara satu lagi tetap pada posisi. Letakkan satu bayi diatas tubuh anda dan satu bayi lagi mengarah pada payudara yang jatuh dan topang badan bayi yang dibawah dengan satu tangan.

Bila anda cukup percaya diri dengan kemampuan anda (ibu dengan anak kembar umumnya cepat beradaptapsi dengan kondisi menyusui) anda bisa tidur – tidur ayam hingga nanti bayi melepas sendiri isapannya pertanda sudah kenyang. Tentu saja anda tidak disarankan untuk melakukannya jika anda tipe orang yang sekali tidur akan sulit dibangunkan karena akan beresiko anda melepas bayi sendiri dan bayi bisa saja jatuh.

4. Posisi baca buku

Anda mungkin bertanya tanya posisi macam apakah ini, perlukah melibatkan buku ? jawabannya adalah tidak, buku tak diperlukan untuk posisi ini, tapi, baca buku memang ada hubungannya. Apakah anda ingat bagaimana posisi terenak untuk baca buku atau main laptop sambil tiduran ? kaki menopang berat buku atau laptop, kemudian anda bersender di tembok atau kepala kasur, dan anda akan betah dalam posisi ini sampai berjam – jam lamanya. Inilah yang dimanfaatkan untuk posisi menyusui bayi.

Letakkan bayi anda dalam posisi vertikal dengan kedua kaki menekuk untuk menopang punggung bayi, serta kedua tangan menopang sisi pinggir masing masing bayi. Arahkan wajah bayi menuju puting payudara anda agar bisa dihisap, persis seperti posisi membaca buku.

Keuntungannya tentu saja selain anda sendiri merasa nyaman, bayi juga tidak kesulitan serta merasa hangat dalam (Semi) dekapan bunda. Akan lebih baik lagi jika anda punya kursi pantai (kursi panjang dengan senderan di belakang) karena bentuk kursi pantai sangat pas dengan posisi satu ini. Anda hanya perlu menambahkan alas kasur atau matras pada kursi pantai dan anda sudah siap melakukan posisi menyusui yang benar ala membaca buku.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*