Posisi Duduk Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Wanita Hamil

ibu dan balita https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Hal-hal yang kecil terkadang tidak begitu dipikirkan seperti posisi duduk seorang wanita hamil. Padahal, hal kecil seperti itu juga bisa berakibat buruk terhadap kesehatan wanita hamil lho.

Yang sedang tidak hamil saja, posisi duduk yang salah bisa berakibat fatal entah untuk tulang ataupun bagian tubuh lainnya. Apalagi bagi seorang ibu hamil.

Jika ibu sekarang sedang mengandung dan bahkan usia kandungan sudah mencapai usia trimester kedua atau lebih, sebaiknya ibu ketahui posisi duduk yang sebaiknya tidak ibu lakukan.

Posisi Duduk dengan Kepala Menghadap Sedikit Ke Atas

Coba ibu perhatikan bagaimana posisi TV yang ada di rumah ibu. Apakah sejajar dengan kepala atau posisinya lebih tinggi sehingga ibu harus mendongak ke atas?

Banyak orang yang tidak memperhatikan posisi TV. Terkadang posisinya terlalu tinggi sehingga membuat penonton harus mendongak ke atas.

Selain membuat tidak nyaman, hal ini juga kurang baik untuk kesehatan seorang wanita hamil. Pasalnya, posisi ini membuat janin cenderung mendaptkan tekanan. Karena sedikit banyak pasti posisi badan menghadap ke atas. Sehingga janin mendapatkan tekanan.

Jika hal ini berlangsung cukup lama, tentu bisa berbahaya bagi perkembangan janin. Lebih dari itu, kesehatan ibu juga akan terganggu karena perut semakin berat dan tekanan juga semakin besar.

Duduk dengan Kaki Menggantung

Jika ibu bekerja di kantor, pastikan semua perabotan yang ibu gunakan fit dan sesuai dengan postur tubuh ibu, terutama kursi yang ibu gunakan. Jangan sampai kursi yang ibu duduki terlalu tinggi sehingga kaki ibu harus menggantung.

Duduk dengan kaki yang menggantung akan membuat tekanan darah terpusat ke kaki. Dengan demikian, ibu akan mudah sekali merasa kram.

Bagi ibu yang sedang hamil, kaki ibu mudah sekali bengkak. Apalagi jika memang kaki ibu sudah bengkak. Posisi duduk dengan kaki menggantung akan memperparah bengkak pada kaki yang ibu alami.

Duduk Di Kursi Tanpa Sandaran

Kursi dengan sandaran saja tidak cukup untuk ibu hamil. Apalagi kursi tanpa sandaran.

Ibu harus tahu stamina yang ibu miliki sangat tergantung pada kesehatan ibu hamil. Sementara itu, kesehatan ibu dipengaruhi bagaimana ibu beraktivitas.

Khusus bagi ibu hamil yang banyak menghabiskan waktu dengan cara duduk, pastikan ibu menggunakan kursi dengan sandaran. Karena dengan kursi semacam itu, ibu bisa merasa nyaman dan tidak mudah lelah. Dengan demikian, stamina ibu pun akan selalu terjaga.

Berbeda jika ibu duduk di kursi tanpa sandaran. Ibu cenderung akan menahan rasa ingin bersandar. Dan hal ini akan menguras tenaga. Selain itu, ibu juga kurang merasa nyaman selama duduk di atas kursi tanpa sandaran tersebut.

Oleh sebab itu, pastikan kursi yang ibu gunakan membuat ibu nyaman, entah itu kursi di kantor atau kursi di rumah. Karena kursi sangat menentukan posisi duduk yang baik.

Tidak banyak tips yang membahas tentang pengaruh posisi duduk terhadap kesehatan kehamilan. Kebanyakan tips membahas tentang makanan serta minuman yang sehat untuk ibu hamil. Hal ini disebabkan tema tentang posisi duduk tidak banyak yang memperdulikan.

Setelah mengetahui hal ini, diharapkan ibu mulai memastikan posisi duduk benar. Gunakan tambahan sandaran seperti bantal yang empuk agar ibu tidak cenderung membungkuk . Dan tambahan sandaran berupa bantal ini akan membuat ibu rileks dan nyaman.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*