Posisi Cara Menyusui yang Benar

cara menyusui yang benar www.awalsehat.nestle.co.id

Apa, sih, yang ada di pikiran bunda ketika pertama kali memiliki anak ? menggendong si kecil untuk pertama kali kah ? atau yang paling umum bagaimana ya, rasanya menyusui anak ? Wajar saja jika banyak pikiran di benak bunda, memang memiliki anak adalah suatu anugrah yang tiada terkira. Tapi, praktek mengasuh anak tidak semudah yang digambarkan pada produk susu ibu hamil, atau brosur perkembangan anak yang lain. Di awal saja, banyak bunda bertanya bagaimana cara menyusui yang benar ? Dan hal ini sebenarnya sah saja. Menyusui meski terlihat gampang dan tidak melelahkan sebenarnya menyimpan perjuangan untuk belajar bagi bunda terutama untuk menemukan posisi cara menyusui yang benar itu sendiri. Gerakan yang keliru bisa membahayakan bayi mengingat menyusui bisa memakan waktu hingga 40 menit lebih!

Ada banyak posisi cara menyusui yang benar dan tepat di luar sana, karena seperti yang kita tahu masing masing bunda memiliki cara berbeda beda dalam menyusui anak masing masing, asalkan tujuan utama dari menyusui yaitu melepas dahaga bayi bisa tercapai. Masalahnya, menemukan posisi tersebut memakan waktu dan pengalaman, tidak semua bayi dan bunda bisa langsung menemukan posisi favorit kala menyusui, ada mungkin tapi sangat jarang. Posisi posisi dibawah ini dibuat untuk bunda yang baru pertama kali menyusui dan belum tahu seperti apa cara terbaik untuk diri ibu dan sang bayi. Seperti apakah ? simak daftar berikut

1. Posisi Klasik Cara menyusui klasik banyak dijumpai pada foto bunda menyusui yang biasa dipampang pada produk susu formula atau produk kesehatan ibu hamil. Memangku bayi dalam dekapan bunda, sambil bayi menyusui dan bertemunya mata bunda dengan malaikat kecil, menimbulkan pemandangan yang memikat hati. Karena paling efektif dan efisien maka cara inilah yang paling disarankan untuk anda yang baru pertama kali mencoba menyusui.

Langkah posisi klasik sangat mudah, pastikan bayi anda merasa nyaman dahulu, angkat dan letakkan kepala bayi pada lengan anda. Tahan pantat atau bagian tubuh bawah bayi dengan tangan anda yang satu lagi dan lekatkan bayi mendekat pada anda, perut bayi menempel pada perut anda, dengan posisi telinga, dan pinggul berada pada garis lurus. Umumnya bayi akan langsung paham dimana posisi payudara sehingga bisa langsung minum air susu bunda.

2. Posisi football Bagi anda yang melahirkan dengan jalan kurang alami alias melalui operasi cesar sangat wajar jika pada awal masa menyusui anda memilih untuk tidak banyak bergerak jika memungkinkan. Karenanya cara menyusui yang benar dan nyaman untuk kondisi bunda dengan kondisi cesar satu ini diciptakan. Posisi football berbeda dengan posisi klasik, anda mungkin jarang sekali melihat posisi ini pada pose foto foto ibu yang sedang menyusui di luar sana. Tapi, tenang saja, efek kasih sayang maupun air susu bunda yang dihasilkan tidak jauh berbeda.

Untuk posisi football anda membutuhkan satu bantal besar, sebesar ukuran tubuh bayi anda sehingga cukup nyaman untuk menjadi tempat bayi berbaring.

Letakkan bayi anda pada bantal tadi dan lingkarkan tangan anda di sekeliling bantal sehingga anda bisa mendekatkan payudara anda pada bayi. Karena menggunakan bantal, bayi menjadi lebih nyaman tanpa bunda harus miring ke kanan maupun kiri dan tidak perlu menggunakan banyak tenaga untuk menopang bayi. Biarkan bayi merasakan dimana puting bunda sebelum nantinya insting akan membuat bayi bergerak mengisap payudara ibu dengan sendirinya.

3. Santai kanan kiri Kembali lagi untuk keuntungan ibu yang melahirkan dengan jalan cesar, posisi santai kanan kiri dibuat untuk anda bunda yang cepat lelah karena proses lahiran operasi cesar. Meski posisi football sudah cukup ringan dibanding posisi klasik, tetap saja usai operasi cesar akan menguras tenaga bunda baik disengaja maupun tidak. Kadang kala karena faktor itulah bunda memutuskan ingin berbaring saja kalau bisa tidak perlu bangkit dari tempat tidur. Untung bagi ibu, santai kanan kiri pada dasarnya adalah posisi menyusui dalam kondisi bunda dan bayi berbaring di kasur bersama sama.

Pertama tama, pastikan posisi bunda sudah nyaman, kondisi miring, entah kanan atau kiri, kepala beralaskan bantal. Si kecil juga demikian, pastikan ia berbaring menghadap ibu dan nyaman dalam artian ia tidak berusaha bergerak gerak lagi untuk mengganti posisi. Gunakan salah satu tangan ibu untuk mendorong badan bayi mendekat ke dada ibu. Nah, karena biasanya payudara bunda sudah sedikit turun atau ketika bra sudah dilepas payudara otomatis kebawah, maka tangan satu lagi digunakan untuk mengangkat payudara bunda mendekat ke mulut malaikat kecil anda.

Perlu diingat pula bahwa menyusui memang bikin capek, tapi tidak sakit. Beberapa bunda yang baru pertama kali menyusui mengeluh bahwa putingnya terasa sakit saat menyusui si kecil pertama kali, namun ditahan demi bayi tidak haus. seharusnya hal ini tidak terjadi. Jika sampai ada rasa sakit pada sesi menyusui berarti ada yang salah dengan posisi anda. Beberapa posisi diatas menekankan pada posisi agar bayi mudah meraih puting bunda sehingga bisa langsung menghisap air susu ibu tanpa bunda merasa sakit apapun, bayi juga merasa nyaman melepas dahaga dan lapar ber jam jam. Kunci dari cara menyusui yang benar adalah nyaman bagi dua belah pihak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*