Plak Membandel? Beginilah Cara Menghilangkan Plak pada Gigi

Cara Menghilangkan Plak pada Gigi https://www.facebook.com/listerineindonesia/

Cara menghilangkan plak pada gigi merupakan berbagai alternatif yang dapat dilakukan sebelum akhirnya harus menyerahkan masalah plak pada dokter gigi. Kesehatan gigi dan mulut haruslah senantiasa diperhatikan, sedangkan plak merupakan salah satu masalah dalam mulut yang cukup meresahkan. Penyakit gusi paling sering disebabkan oleh plak. Sebenarnya apa sih definisi dari plak itu sendiri?

Plak adalah lapisan tebal yang berisi kumpulan bakteri, jaringan mati, fibrinogen dan mikroorganisme lainnya yang berwarna putih kekuningan yang terkadang tidak dapat terlihat secara kasat mata. Jika plak tidak dihilangkan, maka lama-kelamaan akan membentuk lapisan keras yang disebut sebagai karang gigi. Sedangkan karang gigi haruslah dibersihkan oleh seorang dokter gigi. Selain itu, bakteri yang ada pada plak juga melepaskan asam yang berpotensi mengikis enamel gigi yang mengakibatkan gigi berlubang. Plak, karang gigi dan gigi yang berlubang merupakan masalah dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Maka hendaklah mengetahui cara menghilangkan plak pada gigi agar terhindar dari masalah gigi dan mulut lainnya.

Karena plak gigi sebenarnya dapat terbentuk tanpa Anda menyadarinya, makanan manis yang Anda makan seperti gula, permen dan makanan yang lengket lainnya dapat memicu pertumbuhan plak pada gigi. Maka dari itu, ada beberapa tips yang dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan plak pada gigi.

Hal yang pertama dan utama adalah menyikat gigi secara teratur dan menyeluruh sebagai cara terbaik mencegah timbulnya plak. Dalam menyikat gigi harus dilakukan setidaknya dua kali dalam sehari, setelah makan dan sebelum tidur. Rutinitas dalam menyikat gigi yang tidak benar juga dapat memicu timbulnya plak. Kesalahan umum seperti kebiasaan menyikat gigi yang tidak sesuai arah atau saat menyikat memberikan tekanan yang terlalu keras hingga tidak menjangkau seluruh permukaan gigi merupakan faktor tumbuhnya plak walaupun Anda rajin menyikat gigi. Dalam hal ini, menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan menyikat gigi merupakan hal yang penting.

Setelah menyikat gigi, hal lain yang harus diperhatikan adalah menggunakan benang gigi dan berkumur dengan mouthwash. Bisa dikatakan bahwa dalam cara menghilangkan plak pada gigi butuh proses yang super lengkap dan rutin. Karena jika plak gigi harus diobati setelah menjadi karang gigi pasti butuh biaya yang lebih besar dibadingkan dengan proses pencegahannya. Karena plak gigi banyak melekat di area sela-sela gigi yang sulit dibersihkan dan terkadang susah dijangkau oleh sikat gigi, maka benang gigi sangat dibutuhkan untuk membersihkan area tersebut. Selain benang gigi, mouthwash juga diperlukan untuk menyempurnakan proses pembersihan sela-sela gigi dan daerah lainnya yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

Memakan buah dan sayuran serta berkumur dengan air putih setelah makan dapat pula menjadi cara menghilangkan plak pada gigi. Buah dan sayuran merupakan pembersih alami yang mengandung serat yang membantu mencegah terbentuknya plak. Selain membersihkan, buah dan sayuran juga sehat jika dikonsumsi oleh tubuh kita. Berkumur dengan air putih setelah makan juga merupakan hal penting sebagai langkah awal dan sederhana dalam meminimalisir terbentuknya plak setelah makan. Bau mulut juga dapat dikurangi dengan menggunakan metode ini.

Plak membandel kini bukan jadi masalah bagi Anda, karena kini Anda telah mengetahui berbagai cara dalam membersihkan plak pada gigi. Cara-cara tersebut merupakan pencegahan yang sederhana namun besar manfaatnya jika dilakukan dengan rutin dan menyeluruh. Jadi, tenang saja dengan plak, karena Anda telah mengetahui cara menghilangkan plak pada gigi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*