Pisang, Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Di segala situasi

makanan bergizi untuk ibu hamil Source: saltmashrunning.com

Makanan bergizi untuk ibu hamil sebetulnya melimpah ruah. Pilihan menjadi terbatas kalau sudah bicara mengenai makanan bergizi dan praktis. Mengingat rasa mual dapat diatasi dengan baik kalau bunda gemar makan sedikit demi sedikit, tentu keberadaan sumber makanan yang gampang dan murah begitu penting.

Salah satu makanan sehat ibu hamil murah terjangkau justru jatuh pada buah umum berwarna kuning yang terkenal dengan sebutan pisang.

Mulai dari pusat pembelanjaan, pasar, sampai tukang buah pinggir jalan pisang sudah pasti ada. Dijual satuan saja banyak yang minat apalagi kalau dijual satu gelondong besar. Memang, selain daya tahan pisang yang patut diberi tepuk tangan, cara makannya pun terbilang higenis. Kupas saja kulit pisang, sediakan sisa untuk pegangan, dan nikmati, mudah bukan?

Ibu hamil tentu tak perlu kenal rempong kalau sudah urusan dengan pisang. Mau makan sambil jalan sampai jungkir balik sekalipun sah saja selama mampu. Bentuk pisang super padat dengan genggaman alami nyaris anti slip pasti bisa bikin pusing bunda berkurang.

Tahukah bunda, pisang ternyata mengandung asam folat!
Asam folat merupakan satu dari sekian banyak senyawa yang diperlukan tubuh guna membangun janin sehat penuh gizi. Fungsi utama asam folat adalah membangun saraf, tulang sum – sum, dan otak. Asal bunda paham saja, ketiga elemen tersebut menjadi faktor penentu apakah aktivitas anak berjalan pada umumnya atau tidak.

Kedua, pisang kaya akan zat besi

Ya, senyawa favorit darah dalam tubuh satu ini memang terbilang penting. Banyak perempuan mengandung musti melawan anemia hanya karena kekurangan zat besi. Naiknya permintaan oksigen dalam tubuh menjadikan kinerja sel darah meningkat pesat.

Janin dalam tubuh perlu oksigen untuk bertahan hidup. Sayangnya, janin belum mampu keluar dari persembunyian untuk menghirup udara segar. Mau tidak mau, hanya bunda menjadi tempat bergantung permanen bagi bayi. Lucunya, sekeras apapun bunda mengambil nafas, jumlah oksigen yang tersalurkan akan sama saja kalau sel darah berkinerja super lamban.

Sel darah ibarat bis di kota besar. Begitu banyak pekerja ingin berpergian kesana kemari, tuntutan mobilitas tentu tinggi. Sel darah harus mampu bekerja maksimal dan senantiasa dalam kondisi prima nan baru. Ya, sel darah secara otomatis memperbaharui diri guna memastikan peredaran darah tubuh tangkas dan gesit, disinilah peran zat besi diperlukan.

Pada paragraf sebelumnya, telah disinggung bahwa zat besi berkaitan dengan kinerja sel darah. Mayoritas sel dalam tubuh tidak bertahan lama. Dalam hitungan hari bahkan menit akan ada regenerasi sel, hal ini menjelaskan kenapa kebanyakan sel tetap muda meskipun pemilik tubuh bertambah tua. Zat besi mengambil posisi saat ada pembaharuan sel dalam tubuh.

Ketiga, kalsium banyak ditemukan dalam pisang.

Produk susu di pasaran kerap memakai beragam cita rasa untuk menarik konsumen. Mulai dari madu, cokelat, vanilla, hingga buah seperti stroberi dan pisang. Ternyata, produsen susu tidak sekedar mencampur pisang demi menaikkan cita rasa dan pemasaran bodong saja. Memang, pisang berhubungan baik dengan susu karena keduanya kaya akan kalsium.

Iklan di tv hobi sekali membahas kalsium. Selain keperluan yang umum, dalam kehamilan kalsium juga diperlukan dalam kadar tidak sedikit. Mengapa bisa demikian ?

Kalau pembaca yang memang mencapai usia kehamilan tua pasti paham betapa berat janin bertambah dibanding minggu pertama. Mau berdiri, duduk, tidur, semua butuh energi ekstra. Fondasi dalam tubuh secara otomatis mencoba mengimbangi mobilitas bunda dengan beban yang tidak sedikit. Salah satu penopang utama terletak pada tulang.

Pilar tubuh berwarna putih ini memang patut diberi perhatian khusus. Orang yang memasuki usia lanjut sangat memahami pentingnya tulang dalam kehidupan sehari – hari. Dengan kondisi yang makin lemah dengan tulang yang lembek ibarat menunggu rumah digusur saja, prihatin. Begitu pula dengan ibu hamil, penyangga kokoh akan membuat perbedaan besar dalam masa kehamilan.

Terpenuhinya asupan kalsium dalam sehari tidak hanya berguna bagi kenyamanan ibu hamil namun menyangkut kesehatan janin. Pada trimester pertama, bayi sudah mulai menyusun kerangka tulang, dimana permintaan kalsium langsung meroket. Sayangnya, beberapa bunda tidak sadar akan kondisi ini sehingga cuek bebek saja. Janin tidak mau rugi, langsung menyerap jatah kalsium bunda dalam tubuh, makin parah sudah kondisi bunda yang acuh tak acuh dengan kalsium.

Usai bicara kalsium tak lengkap rasanya kalau protein terlewat. Sahabat sejati penggemar angkat beban satu ini tidak hanya berfungsi dalam pembentukan otot. Protein sejatinya tercipta sebagai manajer sel tubuh. Ingat, setiap mahluk hidup terdiri dari ribuan hingga jutaan sel yang terikat satu sama lain sehingga menjadi bentuk. Keberadaan protein sudah pasti mempelancar proses bangunan tubuh janin.

Pisang termasuk salah satu buah dengan kandungan protein. Beberapa ahli gizi sampai menyarankan untuk konsumsi pisang beberapa menit sebelum mulai olah raga. Sebagai penunda rasa lapar yang efektif, protein bisa membantu sesi olah tubuh lebih maksimal, baik untuk bunda maupun kandungan.

Menilik berbagai penjelasan diatas, mulai dari protein, kalsium, zat besi, dan asam folat, kekuatan super pisang memang patut jadi bahan pertimbangan. Belum lagi bentuk pisang yang cukup praktis kian menarik hati. Makanan bergizi untuk ibu hamil seperti pisang memang tidak ribet, aman, dan enak, segera sediakan pisang di sekeliling bunda.

Makanan sehat lainnya yang perlu dikonsumsi ibu hamil adalah sayur bok choy. Ingin tahu detailnya? Simak tulisannya di sini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*