Pilihan Menu Dan Resep Makanan Balita Yang Bernutrisi

resep makanan balita www.foodlets.com

Memilih menu dan resep makanan balita yang disajikan untuk balita anda tentu saja merupakan tugas bagi para bunda di setiap harinya. Pasalnya memberikan masakan sehat untuk balita merupakan permasalahan rumit yang selalu dihadapi. Tidak hanya makanan yang anda berikan ke balita harus sehat dan bergizi. Namun masalah selera makan anak yang justru lebih menentukan masuk tidaknya gizi ke dalam tubuh buah hati Anda. Untuk para bunda jika mendapati anak yang susah menerima makanan yang anda buat tentu saja anda akan merasa cemas.

Perasaan kawatir akan kondisi anak karena takut balita anda tidak mendapati gizi yang cukup. Ketika balita makanan sehat dan bergizi merupakan kebutuhan sehari-hari yang harus benar-benar diperhatikan. Sebab pada saat ini balita anda sedang mengalami masa pertumbuhan. Selalu jaga makanan yang patut untuk dikonsumsi dan hindari makanan yang mengandung vetsin terlalu banyak. Misalnya saja aneka snack , terlalu banyak makan makanan yang cepat saji dan lain sebagainya. Akan tetapi pada masa pertumbuhan seperti ini malah para balita kerap kali enggan menikmati buah-buahan atau sayuran.

Hal ini yang sering membuat para bunda kewalahan untuk menyajikan makanan sehat seperti sayuran untuk anak. Selain buah-buahan dan sayuran , tentu saja para balita membutuhkan protein nabati ataupun hewani. Anda bisa menyajikan makanan yang berbahan dasar telur. Untuk telur bagi para balita merupakan salah satu makanan yang ringan dan praktis untuk dikonsumsi. Anda hanya perlu mengkreasikan eneka sayuran kedalam campuran telur agar kandungan gizi yang anda inginkan dapat masuk kedalam tubuh balita anda. Untuk anda para ibu muda yang baru mempunyai anak dan kewalahan dalam menyajikan makanan balita yang sehat.

Membuat Resep Makanan Balita Sehat Di Rumah

Berikut ini akan kami sampaikan beberapa resep makanan untuk bayi dibawah lima tahun:

  • Resep Telur Panggang Balita

Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu telur ayam 6 butir, wortel parut 100 gram, tomat 1 buah diiris tipis , daun bawang 1 batang diiris tipis, susu cair 100 mili, sargarin 2 sendok makan, bawang merah 5 butir diiris tipis, bawang putih 2 siung haluskan, garam 1 sendok the.

Cara Membuat nya adalah langkah awal tumis bawang merah dan bawang putih dengan margarin hingga harum. Kemudian masukkan wortel , tomat , daun bawang dan tambahkan garam secukupnya. Aduk sampai semua bahan tercampur dengan rata , sisihkan. Selanjutnya kocok telur ayam , kemudian masukkan tumisan dan susu. Aduk kembali sampai rata.

Terakhir panaskan sisa margarin diwajan anti lengket , kemudian panggang adonan telur sambil dibolak balik hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Angkat dan potong-potong. Telur panggang balita pun siap untuk disajikan untuk anak Anda.

  • Resep Telur Dadar Gulung Balita

Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu Telur 2 buah yang sudah dibuat telur dadar , Telur 1 butir  yang sudah dikocok , Daging ayam 100 gram dicincang , Kecap manis 1 sendok makan, Lada halus 1/2 sendok teh, dan Garam 1/4 sendok teh. Cara Membuatnya adalah langkah awal campurkan daging ayam , kecap , lada dan garam dengan telur yang sudah dikoco. Setelah diaduk rata lalu tuangkan ke atas telur dadar yang sudah dibuat kemudian gulung rapi. Setelah itu kukus gulungan telur selama 15 menit , angkat dan dinginkan. Terakhir  potong-potong dahulu sebelum digoreng, Angkat dan sajikan.

  • Resep Sayur Asam Kacang Merah Balita

Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu  Kacang merah 100 gram lalu rebus hingga empuk , Tulang sapi 250 gram yang sudah dipotong-potong , Daun salam 1 lembar, Air asam jawa 5 sendok makan, Garam 1 sendok the, Kol 100 gram yang sudah dipotong tipis, Daun seledri 1 batang dab diiris halus , Daun bawang 1 batang yang sudah diiris 1 centi meter, dan Air 700 mili liter. Selain itu Anda juga harus mempersiapkan bumbunya, diantaranya yaitu Bawang merah 5 butir, Bawang putih 3 siung, Cabai merah 4 buah, Kemiri 3 butir, dan Lengkuas 2 centi meter.

Cara Membuatnya adalah langkah awal rebus tulang sapi dengan air hingga menjadi kaldu. Selanjutnya masukkan bumbu halus dan semua bahan ke dalam rebusan tulang sampai matang. Kemudian angkat dan sajikan.

Resep Makanan Balita Dari Bahan Bakso Tahu

Setelah diatas tadi sudah kami sampaikan beberapa resep untuk buah hati Anda, kali ini kami akan memberi bonus resep yang berbahan dasar dari bakso tahu. Cara membuatnya cukup mudah, langkah awal campurkan tahu yang sudah dihaluskan dengan tepung kanji , terigu , seledri dan garam lalu aduk hingga rata. Selanjutnya tambahkan telur air , dan jamur hingga terbentuk adonan yang bisa digulung. Kemudian bentuk menjadi bulatan-bulatan bakso kecil. Lalu rebus hingga mendidih dan terapung , sisihkan. Setelah itu panaskan minyak goreng , lalu tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Tuang kaldu dan masak hingga mendidih. Masukkan bakso tahu dan bumbu lainnya , selanjutnya masak hingga semua bahan matang , angkat dan hidangkan.

Memang tidak butuh waktu yang lama untuk menyajikan resep makanan balita dalam resep yang sudah kami sampaikan tadi. Sebab resep-resep makanan balita yang diatas tadi bisa dibilang cukup mudah dan praktis. Anda bisa mencoba membuat aneka kreasi masakan balita yang kami bagikan sebagai menu selingan makan balita Anda. Jangan lupa tambahkan makanan mengandung probiotik untuk pencernaan si kecil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*