Perubahan Struktur Otak Ibu Hamil Berubah. Mengapa?

otak ibu hamil www.friso.co.id

Berbahayakah jika ada perubahan otak ketika seorang wanita hamil? Ini seperti perubahan pada fisik dan juga psikis seorang ibu hamil. Jadi, bisa dikatakan tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Meskipun demikian, seorang ibu hamil harus tahu tentang perubahan otak ini. Pasalnya, perubahan ini akan terus terjadi mulai saat kehamilan hingga paska melahirkan selama kurang lebih 2 tahun.

Apa perubahan yang dimaksud? Dan apa pengaruh dari perubahan otak tersebut?

Ibu Hamil Mudah Lupa

Pernah dengan bawasannya selama hamil, seorang wanita mudah sekali lupa? Banyak yang bilang ini hanya mitos belaka. Namun, setelah diteliti secara lebih jauh, ternyata ada fakta ilmiah kenapa hal ini terjadi.

Ada kemungkinan wanita hamil yang sering lupa ini sangat terkait dengan perubahan struktur otak saat sedang hamil. Meskipun demikian, tidak ada hubungan secara langsung.

Selain itu, tidak semua ibu hamil juga mengalami hal yang sama. Artinya, tidak semua wanita hamil memiliki daya ingat yang berkurang dibandingkan sebelum hamil.

Yang pasti, mungkin sekali ada kaitannya antara kehamilan dengan mudah lupa lantaran adanya perubahan pada struktur otak.

Bagian Otak Yang Berubah

Sekarang masuk pada pembahasan yang lebih ilmiah.

Setidaknya sudah dipahami secara mudah mengapa ada ibu hamil yang mudah lupa. Hal tersebut disebabkan adanya perubahan pada struktur otak.

Lalu, bagaimana mana yang berubah? Menurut para peneliti, perubahan itu ada pada area abu-abu.

Ini merupakan area yang sangat penting untuk memproses dan memberikan respon terhadap hal-hal yang bersifat sosial atau interaksi sosial. Rasa empati dioleh orang otak area abu-abu ini.

Dan ada hubungan mengapa area ini berubah ketika seorang wanita hamil. Area ini berkembang untuk memupuk tali kasih dan juga ikatan seorang ibu kepada bayi yang masih ada di dalam kandungan.

Jadi, perubahan pada bagian otak ini sangat berpengaruh positif terhadap ibu hamil. Dan perubahan ini akan bertahan hingga paska melahirkan selama 2 tahun.

Apa Yang Sebaiknya Ibu Lakukan?

Perubahan saat hamil bisa berkaitan dengan psikis dan juga fisik. Perubahan ini terkadang berpengaruh negatif. Contohnya saja meningkatnya hormon sehingga membuat seorang ibu hamil mudah marah atau yang sering disebut dengan mood swings.

Untuk persoalan yang seperti ini, memang ada tips yang bisa dilakukan agar mood swings tersebut bisa diatasi seperti yang sudah dijelaskan oleh para ahli kesehatan ibu hamil di situs Friso, mulai dari mengikuti yoga ibu hamil, melakukan baby moon, dan juga istirahat yang cukup.

Namun, tidak ada yang bisa dilakukan oleh seorang ibu hamil jika ada perubahan pada otak. Justru ketika otak berubah dan berakibat meningkatnya rasa empati dan juga ikatan batin dengan bayi, itu malah bagus, bukan?

Yang perlu dilakukan oleh seorang ibu hamil justru membuat ikatan tersebut semakin kuat. Salah satu caranya adalah dengan mengajak bayi berbicara, membacakan buku, berkomunikasi, menyanyikan lagu, dan lain sebagainya. Memberikan belaian pun sangat dianjurkan agar bayi di dalam kandungan bergerak dan mengerti jika ibu sayang kepadanya.

Ketika kehamilan sudah mencapai usia di atas 6 bulan, indera bayi sudah sempurna sehingga bisa mendengar suara yang ada dari luar.

Selain itu, ibu tidak boleh lupa untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga minum susu Frisomom Gold. Dengan memastikan nutrisi terpenuhi, maka bayi di dalam kandungan akan berkembang dengan sangat optimal.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*