Pertanyaan yang Sering ditanyakan Waktu Konsultasi Kehamilan Ketika Hampir Tiba Masa Persalinan

Konsultasi kehamilan www.facebook.com/ibudanbalita

Konsultasi kehamilan harus dilakukan oleh ibu hamil mulai saat awal masa kehamilan. Awalnya, konsultasi tersebut dilakukan untuk memastikan apakah ibu benar-benar hamil atau tidak. Mungkin ibu sudah melakukan tes air seni sendiri. Namun, untuk meyakinkan, ibu harus datang ke dokter untuk mendapatkan penjelasan langsung dari dokter kandungan.

Lalu, konsultasi tersebut berjalan hingga pada saat masa persalinan hampir tiba. Apa yang harus ibu tanyakan?

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh ibu hamil yang masa persalinannya sudah dekat. Mungkin pertanyaan ini juga bisa ibu ajukan ke bidan atau dokter kandungan.

  • Kondisi Air Ketuban

Ada kasus yang sering terjadi di mana air ketuban ibu hamil tiba-tiba hampir habis. Padahal, tidak lama ibu hamil tersebut memeriksakan kandungannya. Kenapa bisa demikian? Itu dikarenakan ada rembesan yang tidak disadari oleh ibu hamil tersebut. Hal tersebut sering sekali terjadi sehingga jika tidak dilakukan penanganan, maka kemungkinan besar akan terjadi keguguran.

Oleh karena itu, tanyakan terus tentang kondisi air ketuban setiap kali ibu konsultasi kehamilan. Ini sangat penting agar bayi tidak meninggal di dalam kandungan. Biasanya jika jumlah air ketuban sepertinya tidak bisa bertahan hingga HPL, dokter akan mengambil keputusan agar bayi segera dilahirkan.

  • Berat Badan Bayi dalam Kandungan

Sebenarnya pertanyaan ini harus ibu tanyakan setiap kali konsultasi. Hanya saja, pertanyaan ini menjadi sangat penting ketika masa persalinan hampir tiba. Hal ini dikarenakan beberapa bayi justru mengalami penurunan berat badan ketika masa hampir tiba masa persalinan. Ini dikarenakan nutrisi yang didapatkan oleh janin kurang.

Kondisi ini semakin memburuk ketika ternyata turunnya berat badan tersebut mempengaruhi kesehatan janin secara umum. Bukan tidak mungkin ketika berat badan janin di dalam kandungan turun maka ada organ tubuh yang tidak berkembang maksimal. Untuk itu, ibu harus tahu cara menjaga kehamilan yang benar.

Perlu dilakukan pengetesan secara khusus untuk memastikan berat badan janin kembali normal sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi mengenai perkembangan janin. Selain itu, jika janin tumbuh sehat, maka kemungkinan besar ibu hamil bisa melakukan persalinan secara normal. Bukankah itu yang dikehendaki oleh setiap ibu?

  • Tanyakan jika Ada Cairan Keluar dari Vagina

Tidak semua cairan yang keluar dari vagina itu berbahaya. Namun, jika itu terjadi, sebaiknya ibu konsultasikan dengan dokter.

Ibu bisa cek informasi yang disebarkan oleh dokter kandungan melalui jurnal kesehatan, website, atau forum konsultasi kehamilan gratis secara online tentang hal ini. Sebenarnya, salah satu tanda ibu akan segera melahirkan sang buah hati adalah keluarnya cairan. Cairan tersebut berwarna jernih namun kekuning-kuningan.

Hanya saja, ibu tetap saja memantau. Konsultasi kehamilan secara langsung diperlukan jika cairan yang keluar cukup banyak. Dikhawatirkan ibu kehabisan air ketuban sehingga membahayakan janin dalam kandungan.

Apakah ada pertanyaan lain yang sebaiknya ibu tanyakan selain tiga pertanyaan tersebut? Tentu saja ada. Hanya saja, tiga hal tersebut harus ibu tanyakan karena jawaban dari dokter atas pertanyaan tersebut sangatlah penting.

Selamat ibu akan segera menimang anak. Bagi ibu yang menunggu kelahiran anak pertama, tentu sekarang ini merupakan masa yang sangat mendebarkan, antara senang karena sedang menunggu kelahiran sang buah hati dan juga khawatir karena ibu harus ekstra dalam menjaga kesehatan bayi dalam kandungan. Untuk menghilangkan kekhawatiran tersebut, ibu harus menerapkan cara menjaga kesehatan janin dan secara rutin melakukan konsultasi kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*