Pertanyaan yang Sebaiknya Ibu Ajukan Saat Konsultasi Kehamilan Bayi Kembar

konsultasi-kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Konsultasi kehamilan menjadi sebuah keharusan jika ibu sedang mengandung bayi kembar. Tentu saja beban mengandung bayi kembar itu jauh lebih berat jika dibandingkan dengan mengandung satu bayi. Apalagi jika bayi yang ibu kandungan lebih dari dua. Tentu ibu harus lebih ekstra dalam menjaga kesehatan.

Selain mengkonsumsi makanan sehat dan juga minum susu ibu hamil, ibu tetap harus konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan atau bidan terdekat. Tidak ada yang tahu bagaimana perkembangan janin apakah baik atau ada potensi hal yang buruk walaupun ibu sudah memastikan nutrisi terpenuhi.

Lalu, kira-kira apa saja yang perlu ibu tanyakan saat sedang melakukan konsultasi ibu hamil dengan dokter atau bidan? Berikut beberapa pertanyaan yang perlu ibu ajukan.

Apakah Ada Potensi Bedrest?

Awalnya saat hamil muda, mungkin ibu tidak merasakan hal yang berbeda. Ibu merasakan masih seperti tidak sedang hamil walaupun di dalam rahim terdapat dua janin.

Akan tetapi, ibu akan merasakan keadaan yang jauh berbeda ketika masa kehamilan sudah mencapai trimester kedua. Ada banyak sekali ibu hamil kembar yang mampu beraktivitas seperti biasa hingga proses persalinan. Sayangnya, tidak sedikit ibu hamil bayi kembar yang akhirnya harus bedrest.

Dari beberapa kasus tersebut, sebaiknya ibu menanyakan saat konsultasi kehamilan apakah ada pontensi di mana ibu harus bedrest atau tidak. Saat melakukan konsultasi, dokter akan mempertimbangkan beberapa faktor untuk menentukan apakah ibu perlu bedrest atau tidak. Yang pasti, konsultasi kehamilan merupakan cara yang tepat untuk mengantisipasi hal yang terburuk. Jangan sampai ibu sudah merasakan keluhan kesehatan yang luar biasa baru kemudian ibu baru tahu kalau ibu harus bedrest. Berbeda jika ibu berkonsultasi dengan dokter atau bidan. Ahli kesehatan kandungan tersebut mampu mengetahui apakah ibu bisa beraktivitas seperti biasa atau sebaiknya melakukan bedrest.

Makanan Seperti Apa yang Sebaiknya Ibu Konsumsi?

Pertanyaan yang satu ini tak kalah penting untuk ditanyakan saat konsultasi kehamilan. Menjadi seorang ibu hamil bayi kembar tentu membutuhkan lebih banyak nutrisi. Ibu harus ingat nutrisi yang dibutuhkan tidak hanya untuk ibu dan satu bayi saja, tapi terdapat bayi kembar di mana nutrisi harus tercukupi.

Kebanyakan saran yang diberikan saat ibu konsultasi kehamilan adalah mengkonsumsi banyak vitamin dan mineral untuk mencegah konstipasi. Pasalnya, ibu hamil bayi kembar sangat sering sekali mengalami konstipasi.

Selian itu, ibu harus lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Jangan sampai ibu merasakan sakit gigi yang luar biasa atau sering mengalami sakit punggung. Kondisi seperti itu menunjukkan bahwa ibu kekurangan kalsium karena nutrisi tersebut diambil oleh bayi kembar yang sedang ibu kandung.

Memperbanyak mengkonsumsi asam folat juga sangat disarankan. Bayi kembar rentan sekali mengalami kelainan terutama gangguan mental. Hal tersebut disebabkan asam folat yang didapatkan dari makanan harus dibagi. Ibu harus memperbanyak mengkonsumsi seafood yang kaya akan asam folat.

Bolehkah Ibu Berolahraga?

Seorang ibu hamil harus berolahraga. Hal tersebut dibutuhkan untuk menjaga stamina. Namun, bagaimana jika sedang hamil bayi kembar? Dalam hal ini, ibu sebaiknya konsultasi kehamilan terlebih dahulu untuk mengetahui olahraga seperti apa yang tepat untuk kondisi ibu seperti itu. Jangan sampai olahraga justru membuat kesehatan menurun karena kelelahan sehingga ibu divonis harus bedrest.

Yang pasti, ibu harus bersyukur karena ibu mendapatkan anugrah berupa bayi kembar. Untuk menunjukkan rasa syukur tersebut, ibu harus senantiasa menjaga kesahatan janin di dalam kandungan dan secara rutin melakukan konsultasi kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*