Pertanyaan yang Perlu Ditanyakan Saat Melakukan Konsultasi Kehamilan Pertama Kali

konsultasi kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita

Konsultasi kehamilan sangat dianjurkan untuk dilakukan. Pasalnya, dengan cara inilah seorang ibu hamil bisa melakukan antisipasi barangkali ada resiko yang berakibat buruk terhadap kesehatan ibu dan juga perkembangan janin di dalam kandungan.

Hanya saja, ada kesalahan pemahaman di masyarakat. Banyak menganggap konsultasi kehamilan itu dilakukan ketika terjadi keluhan saja. Ada juga yang beranggapan bahwa tidak perlu melakukan konsultasi ibu hamil jika masa kehamilan masih muda.

Anggapan tersebut jelas salah. Konsultasi kehamilan itu sebaiknya dilakukan secara rutin mulai waktu awal kehamilan hingga nanti masa memasuki masa persalinan. Hal ini dikarenakan masalah yang perkaitan dengan perkembangan janin itu sangat banyak. Dengan melakukan konsultasi ibu hamil, ibu bisa mengetahui tidak hanya perkembangan janin di dalam kandungan tapi juga mengetahui hal-hal yang berpotensi buruk terhadap kesehatan janin.

Untuk itu, konsultasi kehamilan itu diperlukan saat mendapatkan kabar bahwa ibu sedang mengandung. Segera datang ke bidan atau dokter kandungan untuk melakukan konsultasi. Siapkan juga pertanyaan yang perlu ibu tanyakan ya. Berikut pertanyaan yang seharusnya ibu tanyakan saat konsultasi kehamilan.

Usia Kehamilan

Bagi ibu yang belum pernah hamil sebelumnya, tentunya ibu akan canggung dan serba bingung tentang apa yang harus ibu lakukan. Oleh sebab itu, hal pertama yang harus ibu tanyakan adalah berapa usia kehamilan. Jika ibu konsultasi dengan dokter kandungan, maka akan ada pemeriksaan USG di mana dokter akan memastikan apakah memang benar-benar ada janin di dalam rahim serta berapa usia bayi yang sedang ibu kandung saat konsultasi kehamilan.

Mengetahui usia kehamilan menjadi sangat penting karena itulah yang menjadi patokan apa yang seharusnya ibu lakukan. Harus dipahami juga bahwa masa kehamilan itu menentukan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. Itulah sebabnya, pertanyaan yang harus ibu tanyakan saat pertama kali melakukan konsultasi kehamilan adalah berapa usia kehamilan ibu.

Apa Perlu Suplemen untuk Dikonsumsi?

Ada beberapa ibu hamil yang membutuhkan suplemen saat ia sudah dipastikan sedang mengandung. Suplemen tersebut diperlukan ketika ada resiko janin tidak bisa berkembang normal.

Biasanya, suplemen yang sering diberikan berupa suplemen yang mengandung asam folat yang tinggi. Asam folat ini untuk memastikan janin dalam kandungan tidak terjadi cacat fisik mulai dari awal kehamilan.

Tentu setiap ibu hamil tidak ingin melihat bayi yang ada di dalam kandungan mengalami cacat, bukan? Potensi cacat tersebut bisa dideteksi saat hamil muda. Oleh sebab itu, perlu sekali ibu tanyakan tentang hal tersebut ketika melakukan konsultasi kehamilan.

Pemeriksaan yang Perlu Ibu Lakukan

Saat ini, seorang yang sedang hamil muda disarankan untuk melakukan pemeriksaan atau tes HIV AIDS. Hal ini diperlukan untuk memastikan ibu tidak terserang virus AIDS yang bisa menurun ke bayi. Dengan melakukan pemeriksaan tersebut, penyebaran virus HIV AIDS bisa ditekan.

Selain itu, saat konsultasi kehamilan, ibu juga perlu menanyakan pemeriksaan apalagi yang perlu ibu lakukan. Dokter akan memberikan saran sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan ibu. Biasanya, jika ada riwayat keguguran, dokter akan melakukan pemeriksaan khusus agar penyebab keguguran sebelumnya bisa diantisipasi.

Itulah pertanyaan yang perlu ibu tanyakan saat konsultasi ibu hamil. Pastikan ibu mendapatkan semua informasi yang ibu perlukan saat melakukan konsultasi kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*