Pertanyaan Yang Ibu Tanyakan Saat Konsultasi Ketika Perkembangan Janin 4 Bulan

Perkembangan Janin 4 Bulan solusisehatku.com

Sudah sepatutnya ibu mengamati perkembangan janin di dalam kandungan. Meskipun ibu tidak mengetahui lebih jelas tentang tahap perkembangan bayi, ibu setidaknya mengerti bagaimana bayi di dalam rahim sehat atau tidak. Ibu bisa browsing di internet untuk mempelajari tentang hal tersebut.

Perkembangan bayi di dalam rahim yang usianya sudah mencapai 4 bulan sangat perlu diperhatikan. Ini berarti kehamilan sudah memasuki usia trimester kedua. Artinya, jantung bayi yang ibu kandung sudah bisa terdengar. Kenapa ini sangat penting? Karena kondisi kesehatan bayi sudah bisa dicek secara detail dengan mengetahui detak jantungnya. Untuk masalah ini, dokter yang tahu. Itulah mengapa saat konsultasi ke dokter dan kehamilan sudah mencapai trimester kedua, ibu harus tanyakan perihal kondisi jantung bayi.

Detak Jantung Bayi Lemah

Sebenarnya detak jantung bayi sudah bisa terdengar sebelum usianya mencapai 4 bulan. Hanya saja, detak jantungnya masih sangat kecil. Detak jantungnya baru akan terdengar jelas pada usia kehamilan 4 bulan. Dan sebenarnya inilah yang menjadi concern seorang dokter kandungan.

Yang perlu diantisipasi adalah kondisi jantung bayi di dalam kandungan yang lemah. Pasalnya, ketika bayi mengalami masalah tersebut, ada beberapa hal yang bisa terjadi. Setelah lahir, bayi akan sulit sekali menyusui. Selain itu, warna kulitnya biru karena bayi mengalami kekurangan oksigen. Memang sudah ada penanganan medis jika bayi lahir dengan warna kulit biru. Dokter akan memberikan oksigen sehingga warnya kembali normal, yaitu kemerah-merahan. Jika hal tersebut berhasil, maka dipastikan bayi tidak mengalami kelainan jantung.

Tentu saja hal buruk berupa kelainan jantung pada bayi sama sekali tidak ibu inginkan. Karena jika hal ini terjadi, dokter akan memberikan treatment seperti terapi medis bahkan pembedakan. Akan lebih baik jika resiko terburuk itu bisa dicegah. Itulah mengapa ibu sebaiknya menanyakan kepada dokter tentang kondisi jantung bayi ketika perkembangan janin 4 bulan.

Dokter mengetahui standarisasi jantung janin lemah atau normal. Jantung bayi 4 bulan di dalam kandungan dikatakan normal jika lebih dari 160 dpm. Dan untuk mengetahui hal ini, diperlukan pemeriksaan USG yang dilakukan oleh dokter kandungan.

Mencegah Bayi Mengalami Jantung Lemah

Meskipun sudah ada tindakan medis yang bisa dilakukan jika ternyata bayi ibu lahir dalam keadaan jantung lemah, tentu hal tersebut tidak ibu inginkan. Oleh sebab itu, pencegahan sangat diperlukan.

Tidak ada cara lain selain memastikan ibu memenuhi kebutuhan nutrisi harian selama kehamilan. Dan gizi yang paling ibu butuhkan untuk mencegah jantung lemah pada bayi adalah kalsium. Mulai sekarang, ibu harus memastikan ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Tidak sulit untuk mendapatkan asupan gizi yang satu ini. Bahkan, jika ibu mengkonsumsi susu Frisian Flag Mama dua gelas setiap hari, sudah dipastikan ibu tidak akan kekurangan kalsium.

Tentu saja ibu juga harus mendapatkan asupan gizi lainnya selain kalsium. Dan ini bisa ibu lakukan dengan cara mengkonsumsi susu ibu hamil setiap hari dan juga makan makanan yang bergizi. Hindari makanan fast food jika ibu ingin perkembangan janin berjalan dengan baik. Bagaimana kondisi bayi ketika ada di dalam rahim dan nanti ketika ibu lahirkan tergantung dari bagaimana ibu menjaga pola hidup selama masa kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*