Pertanyaan Kehamilan Yang Biasanya Ibu Malu Tanyakan Kepada Dokter

pertanyaan kehamilan www.ibudanbalita.com

Ibu pasti tahu penting sekali untuk mengajukan pertanyaan kehamilan kepada dokter kandungan atau bidan. Itulah mengapa ibu rutin melakukan konsultasi kehamilan. Setidaknya satu kali dalam satu bulan, ibu datang ke bidan atau dokter kandungan untuk berkonsultasi atau mengajukan pertanyaan tertentu terkait dengan kehamilan.

Hanya saja, dari berbagai pertanyaan tentang kehamilan tersebut, ada satu pertanyaan yang terkadang banyak ibu malu untuk diutarakan.

Mengenai Berhubungan Dengan Suami Saat Hamil

Umumnya, hal-hal yang tabu sulit untuk diungkapkan atau diutarakan kepada orang lain. Dan berhubungan intim merupakan salah satu hal yang dianggap tabu oleh masyarakat timur, terutama Indonesia.

Apakah ibu pernah konsultasi dengan dokter mengenai hal tersebut? Sebaiknya ibu lakukan hal tersebut jika belum. Ibu harus tanyakan kepada dokter kandungan atau bidan yang biasa ibu ajak berkonsultasi. Ini sangat penting. Di satu sisi, tentu berhubungan suami istri merupakan kebutuhan. Sepertinya tidak mungkin ibu puasa seks selama 9 bulan mengandung. Di sisi lain, mungkin ibu dan juga suami ibu memiliki ketakutan untuk berhubungan. Ibu dan suami khawatir jika berhubungan bisa membahayakan bayi yang ada di dalam kandungan. Inilah yang membuat ibu sebaiknya mengajukan pertanyaan seputar kehamilan yang satu ini.

Secara umum, memang berhubungan intim tidak disarankan ketika masa kehamilan masih sangat muda. Ada alasan medis mengapa hal ini sebaiknya tidak dilakukan. Saat hamil muda, kondisi rahim masih belum kuat. Dikhawatirkan goncangan bisa membuat rahim mengalami masalah sehingga janin yang masih berusia muda mengalami keguguran.

Lebih dari itu, ada satu hal lagi yang sangat dikhawatirkan, yaitu sperma. Ternyata, sperma yang masuk ke dalam rahim bisa menyebabkan kontraksi. Dan kontraksi inilah yang dikhawatirkan mengingat kondisi rahim begitu kuat. Begitu juga dengan kondisi janin yang masih sangat mudah sekali mengalami keguguran jika ada kontraksi sekecil apapun.

Para ahli kesehatan ibu hamil tidak mempermasalkan jika seorang ibu hamil melakukan hubungan dengan suaminya saat usia kehamilan sudah mencapai trimester kedua. Atau setidaknya usia kehamilan sudah menginjak 3 bulan, kondisi rahim dan janin sudah sangat kuat.

Meskpun demikian, tetap saja ibu harus mengajukan pertanyaan kehamilan yang satu ini kepada bidan atau dokter kandungan. Pasalnya, kondisi kehamilan setiap ibu hamil berbeda-beda. Dikhawatirkan ada hal-hal tertentu pada diri ibu yang membuat kondisi kehamilan rentan sekali mengalami masalah. Oleh sebab itu, ibu harus konsultasi dengan bidan atau dokter kandungan agar dilakukan observasi atau penelitian tentang kehamilan ibu. Dengan demikian, ibu akan mendapatkan informasi yang pasti apakah ibu sudah diperbolehkan untuk melakukan hubungan dengan suami atau belum.

Yang paling disarankan adalah berhubungan intim saat usia kehamilan tua. Bahkan, hal tersebut sangat direkomendasikan ketika masa persalinan tinggal menunggu hari. Dengan melakukan hubungan dengan suami, maka kontraksi akan lebih sering terjadi dan hal ini bagus sekali bagi proses persalinan. Diharapkan, dengan adanya kontraksi alami, maka proses persalinan nanti bisa dilakukan secara normal. Ibu pasti ingin melahirkan secara normal, bukan?

Tentu bukan ini saja yang menjadi faktor mudahnya melakukan proses persalinan secara normal. Untuk lebih lengkapnya mengenai upaya apa saja yang harus ibu lakukan agar bisa melakukan persalinan secara normal, ibu bisa ikut ke dalam forum ibu dan balita. Di sana banyak sekali diskusi mengenai kehamilan di mana para ibu menuliskan pengalaman mereka tentang masa hamil dan bagaimana agar persalinan mudah dan lancar.

Jadi, masih merasa malu untuk mengajukan pertanyaan yang terdengar tabu tersebut? Jika hal tersebut berkaitan dengan kesehatan ibu dan juga bayi ibu kandung, seharusnya ibu tidak perlu malu menanyakan hal ini.

Konsultasi Online Solusinya

Sayangnya, tetap saja masih banyak ibu hamil yang malu untuk mengajukan pertanyaan tentang kehamilan mengenai berhubungan seks saat hamil. Padahal, mereka sudah tahu penting sekali untuk menanyakan hal ini.

Jika ibu salah satu dari mereka, tenang saja. Sekarang ada alternatif lain selain menanyakan pertanyaan tersebut kepada dokter kandungan atau bidan secara langsung. Sekarang sudah ada fasilitas konsultasi secara online. Ibu tinggal kunjungi situs www.ibudanbalita.com dan klik bagian konsultasi kehamilan. Ibu bisa kirimkan pertanyaan melalui situs tersebut. Dokter kandungan akan segera merespon pertanyaan tersebut.

Mungkin ibu juga memiliki pertanyaan lain selain tentang berhubungan saat hamil, silakan tanyakan saja. Ibu bisa konsultasi mengenai keluhan kesehatan yang selama ini ibu alami dan lain sebagainya.

Namun, pastikan dulu ibu mendaftarkan diri terlebih dahulu di situs tersebut. Tidak sulit untuk melakukan registrasi. Cukup memasukkan data diri Anda. Setelah ibu mendaftarkan diri, ibu bisa mengakses semua hal yang sudah disediakan di situs tersebut, mulai dari konsultasi kehamilan secara online hingga informasi kesehatan ibu hamil yang bisa ibu akses secara gratis.

Tidak itu saja. Ibu juga bisa ikut ke dalam diskusi ibu hamil online di situs tersebut. Jadi, selain ibu mendapatkan informasi ilmiah dari pakar kesehatan ibu hamil, ibu juga akan mengetahui pengalaman para ibu hamil lainnya di forum tersebut. Menarik, bukan? Daripada ibu browsing hal-hal yang kurang bermanfaat, alangkah baiknya jika ibu ikut diskusi di forum tersebut ketika ibu memiliki waktu luang.

Tentu saja masih banyak sekali pertanyaan kehamilan yang ingin ibu tanyakan ketika konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan, entah itu konsultasi secara langsung atau secara online. Yang jelas, jangan malu ketika jawaban atas pertanyaan yang ingin ibu ajukan tersebut sangat penting.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*