Pertanyaan Kehamilan Mengenai Gatal Pada Bagian Vagina

pertanyaan kehamilan seputar gatal vagina carasehat123.blogspot.com
pertanyaan kehamilan seputar gatal vagina

carasehat123.blogspot.com

Apapun pertanyaan kehamilan yang ibu miliki, silakan tanyakan pada pakarnya secara langsung di situs Ibu dan Balita.  Di sana, terdapat layanan konsultasi gratis mengenai kesehatan ibu hamil.

Banyak ibu hamil yang menggunakan fasilitas tersebut. Umumnya, mereka tidak memiliki waktu untuk konsultasi langsung dengan cara datang ke tempat praktek dokter kandungan. Selain itu, ada juga yang merasa keluhan yang mereka alami bisa dikonsultasikan secara online. Contohnya saja keluhan berupa gatal pada vagina saat hamil.

Mungkin ibu juga merasakan hal yang sama, yaitu vagina terasa gatal ketika ibu sedang hamil. Apakah itu hal yang wajar? Atau apakah gatal pada vagina saat kehamilan tersebut bisa berakibat fatal untuk kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan?

Penyebab Gatal Pada Vagina Saat Hamil

Yang harus menjadi catatan adalah gatal yang ibu rasakan pada bagian vagina menunjukkan kehamilan ibu baik. Hal ini disebabkan gatal yang ibu rasakan tersebut disebabkan oleh cairan. Cairan tersebut bisa saja berupa hormon kehamilan. Dan cairan ini yang muncul, maka itu adalah pertanda baik. Vagina ibu sehat.

Hanya saja, keluarnya cairan tersebut terkadang membuat rasa gatal pada bagian vagina sehingga mengganggu kegiatan ibu setiap hari. Oleh sebab itu, banyak ibu hamil memberikan pertanyaan keluhan kehamilan yang satu ini.

Akan tetapi, ada juga penyebab gatal pada vagina yang dialami oleh ibu hamil lainnya.

  • Vagina Kering

Selain vagina yang basah karena hormon kehamilan keluar, ada kemungkinan juga vagina ibu kering. Hal ini menyebabkan gatal dan rasa nyeri.

Vagina yang kering ini sering disebabkan oleh tubuh yang kekurangan cairan. Ibu harus ingat saat hamil, ibu lebih banyak membutuhkan cairan. Minum air putih lebih banyak. Dan sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi susu Frisian Flag Mama sebagai susu ibu hamil yang terbaik agar semua kebutuhan nutrisi harian terpenuhi.

  • Vagina lembab

Ini bertolak belakang dengan yang sebelumnya, Gatal pada vagina saat hamil bisa juga disebabkan oleh vagina yang lembab. Hal ini sering dialami oleh seorang wanita yang aktif. Tubuh yang berkeringat membuat bagian tubuh tertentu basah dan lembab, terutama bagian vagina. Dan hal ini bisa berimbas pada munculnya rasa gatal pada bagian vagina.

  • Bakteri Yang Tidak Seimbang

Untuk menjaga kesehatan vagina, bakteri harus seimbang. Lebih jauh lagi, ibu bisa tanya masalah kehamilan yang satu ini kepada ahlinya secara langsung. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan kadar pH.

Terlepas dari itu semua, yang perlu ibu ketahui adalah bagaimana cara agar rasa gatal pada bagian vagina hilang.

Mengatasi Gatal Pada Vagina Saat Hamil

Mungkin ibu sudah bisa membuat kesimpulan sendiri apa yang sebaiknya dilakukan setelah mengetahui beberapa penyebab gatal pada vagina tersebut di atas. Berikut ini beberapa hal yang direkomendasikan untuk ibu lakukan.

  1. Memilih Celana Dalam Yang Tepat

Ibu masih ingat jika vagina yang lembab bisa menjadi salah satu penyebab gatal? Untuk itu, ada baiknya ibu memilih celana dalam yang tepat. Artinya, ibu memilih celana dalam dengan bahan yang bisa menyerap keringat. Dengan demikian, kelembaban bagian vagina akan terjaga.

  1. Mengeringkan Vagina

Ada baiknya ibu sering ke kamar mandi untuk mengeringkan vagina. Sekalipun ibu tidak buang air kecil, ibu bisa keringkan vagina dengan tisu lembuat.

Ini juga harus ibu lakukan setelah buang air kecil. Pastikan vagina ibu kering terlebih dahulu agar jamur atau bakteri tidak tumbuh yang bisa menyebabkan gatal pada bagian vagina.

  1. Menggunakan Pakaian Yang Longgar

Keringat yang bercucuran sangat banyak pada bagian tubuh bisa membuat bagian tubuh yang hangat menjadi lembab. Salah satu bagian tubuh yang dimaksud adalah bagian vagina.

Untuk menghindari hal tersebut, hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Simpan dulu pakaian ketat ibu dan gunakan pakaian ibu hamil yang cenderung lebih longgar. Ini pun berkaitan dengan kenyamanan. Selain itu, pakaian yang longgar akan membuat perut yang membesar tidak tertekan sehingga janin di dalam kandungan juga tidak tertekan.

  1. Hentikan Mandi Busa

Paling menyenangkan itu berendam di dalam bathtub di siang hari dan mandi busa. Saat hamil, ibu butuh relaksasi. Dan ini relaksasi yang tepat.

Sayangnya, beberapa ibu hamil yang bertanya tentang kehamilan mengenai gatal pada vagina tidak disarankan mandi busa. Pasalnya, mandi busa justru membuat vagina mengalami iritasi. Lebih parah lagi, resiko terjadinya infeksi pada saluran kemih lebih tinggi.

Oleh sebab itu, ibu sebaiknya cari cara relaksasi lainnya selain berendam di bathtub dengan sabun busa. Ada banyak alternatif lainnya seperti yoga ibu hamil, senam ibu hamil, baby moon, dan lain sebagainya.

Sekarang ibu sudah tahu kan apa penyebab gatal pada bagian vagina saat hamil dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Yang perlu ibu lakukan sekarang adalah bagaimana agar rasa gatal tersebut tidak muncul lagi. Yang pasti, jangan kesehatan vagina. Buat bagian intim kewanitaan tersebut bersih dan kering agar jamur dan bakteri tidak berkembang berlebihan.

Namun, yang tak kalah penting adalah bagaimana ibu memastikan kebutuhan nutrisi ibu hamil terjaga. Ketahui menu makanan apa saja yang baik untuk ibu hamil. Selain itu, konsumsi susu Frisian Flag Mama untuk memastikan kebutuhan nutrisi ibu hamil harian terpenuhi. Untuk pertanyaan kehamilan lainnya, silakan ibu tanyakan langsung pada pakarnya di situs Ibu dan Balita.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*