Persiapan untuk Melahirkan Secara Caesar

persiapan untuk melahirkan https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia/

Persiapan untuk melahirkan tentu menjadi suatu hal yang paling penting bagi para calon ibu dalam menanti kehadiran buah hati tercinta ke dunia. Namun, dalam mempersiapkan kelahiran sang buah hati tentu terdapat berbagai cara dalam proses persalinannya. Pastinya setiap ibu menginginkan sang buah hati lahir secara normal, namun jika tidak memungkinkan maka alternatif yang dilakukan adalah proses persalinan secara caesar. Maka berikut akan dibahas mengenai persiapan untuk melahirkan secara caesar agar lancar baik sebelum, selama dan sesudah melahirkan.

Jika ibu sudah memiliki pemahaman yang cukup akan prosedur operasi caesar yang akan dijalani dan efek setelah melewatinya, tentu hal ini akan dapat membantu ibu dalam meringankan stress yang tidak semestinya tidak terjadi selama proses persalinan. Berikut akan dibahas secara satu per satu dalam mempersiapkan kelahiran caesar.

Sebelum Proses Operasi Caesar

Tentu jika membicarakan proses persalinan maka para ibu akan memilih melahirkan secara normal. Namun jika ada beberapa hal yang tidak berjalan sesuai rencana, akan muncul gangguan yang timbul bersamaan dengan proses persalinan tersebut. Sebagai contoh, ketika menjelang proses persalinan, posisi bayi sungsang atau tidak sesuai dengan posisi yang diharapkan ketika ingin melahirkan secara normal. Jika hal ini terjadi, tentu dokter akan menyarankan untuk melakukan proses persalinan dengan operasi caesar. Tentunya dalam melaksanakan proses persalinan caesar ini tidak akan dilakukan dengan melewati jalan lahir, namun bayi yang berada di dalam rahim akan dikeluarkan melalui pembedahan pada perut ibu.

Persiapan untuk melahirkan ketika proses operasi caesar ini adalah tentunya walaupun proses melahirkan akan lebih singkat dibandingkan dengan persalinan normal, yaitu kurang lebih satu jam karena tidak perlunya menunggu kontraksi. Namun, walaupun lebih singkat, sakit yang dirasakan oleh ibu ketika menjalani operasi caesar sangatlah sakit dibandingkan dengan persalinan normal. Maka ibu yang melahirkan secara caesar pun akan diminta untuk tinggal lebih lama di rumah sakit untuk pemulihan, selama tiga sampai lima hari atau bahkan lebih lama. Untuk itu, sebaiknya ibu persiapkan pakaian yang cukup nyaman, baju dengan kancing di dada dan peralatan mandi lainnya yang akan membuat ibu merasa nyaman berada di rumah sakit.

Selama Operasi Caesar

Setelah melakukan persiapan sebelum melakukan operasi caesar seperti mempersiapkan segala kebutuhan di rumah sakit, maka ketika tiba saatnya operasi persalinan maka hal yang perlu ibu siapkan adalah mental ibu ketika akan dioperasi. Ketika telah memasuki ruang operasi maka ibu akan dibaringkan dan diberi obat bius. Jika ibu memilih anestesi regional maka ibu akan tetap terjaga selama operasi namun tidak akan merasakan sakit. Namun jika ibu memilih teknik anastesi epidural maka ibu mungkin akan merasakan tekanan atau tarikan selama operasi.

Setelah Operasi Caesar

Setelah bayi dilahirkan dan dokter selesai mengoperasi, maka anastesi akan mulai luntur dan ibu akan mulai merasakan kembali sensai pada jari-jari kaki. Ibu akan mulai merasa tidak nyaman atau sakit di sekitar daerah sayatan. Namun tenang saja, karena dokter akan memberikan obat anti nyeri, maka jangan ragu untuk menyatakan rasa sakitnya ibu.

Waktu pemulihan ibu setelah operasi caesar adalah 24 jam setelah selesai operasi. Setelah ibu dibantu untuk bangun dari tempat tidur, maka ibu diharapkan untuk dapat berdiri dan berjalan agar sirkulasi darah kembali lancar dan mengurangi resiko penggumpalan darah. Meskipun agak sulit, namun sebaiknya ibu lakukan dengan baik karena akan membantu ibu sembuh lebih cepat. Ketika ibu merasa lapar pun, rumah sakit akan memberikan makanan yang mudah dicerna dan hambar agar mudah untuk diserap tubuh ibu.

Nah, setelah mengetahui berbagai pengetahuan tentang persiapan untuk melahirkan secara caesar, maka kini ibu tidak perlu khawatir dan stress lagi menjelang proses persalinan karena kini ibu telah mengetahui persiapan untuk melahirkan secara baik.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*