Persiapan Mental untuk Melahirkan Bagi Calon Ibu

persiapan untuk melahirkan https://www.johnsonsbaby.co.id

 

Persiapan untuk melahirkan tentu menjadi hal yang penting bagi para calon ibu, banyak aspek yang perlu diperhatikan baik untuk ibu ataupun calon jabang bayi. Berbagai hal penting mulai dari pendanaan, perlengkapan bayi, rumah sakit, kesehatan ibu dan janin menjadi poin perhatian untuk dipersiapkan. Tetapi selain semua kebutuhan tersebut, calon ibu juga harus memperhatikan kesiapan mental bagi dirinya dan calon jabang bayi agar semua proses persalinan berjalan lancar. Pada tahap ini peran suami juga sangat dituntut agar selalu mendampingi istri untuk menjadi suami siaga. Suami dan istri harus selalu kompak dan commit agar Persiapan untuk melahirkan menjadi lebih terencana.

            Pastinya, proses melahirkan adalah masa yang paling ditunggu-tunggu bagi calon ibu, suami dan keluarga. Namun melewati proses persalinan bukan hal yang mudah karena banyak sekali kemungkinan yang terjadi saat proses melahirkan tiba. Perubahan peran, perubahan tanggung jawab, belum lagi berbagai kecemasan dan tantangan dari proses kehamilan dan persalinan itu sendiri menjadi beban pikiran bagi calon ibu. Nah agar Anda siap mental dalam proses melahirkan, berikut ini tips Persiapan untuk melahirkan bagi mental ibu dan calon jabang bayi.

Ikuti Kelas Persiapan Persalinan

Ketakutan menghadapi persalinan menjadi hal yang sering dikeluhkan para calon ibu baik calon ibu dengan kehamilan pertama maupun ibu yang mengalami trauma pada proses melahirkan sebelumnya. Dengan mengikuti kelas persiapan persalinan, Anda dapat mudah memahami does and donts dalam masa Persiapan untuk melahirkan dari sumber yang terpercaya. Cari tahulah rumah sakit yang membuka kelas ini, kemudian Anda dapat berdiskusi dengan tenaga kesehatan mengenai segala keluhan yang ada. Kelas persiapan persalinan biasanya juga memberikan motivasi tambahan dan informasi mengenai kesiapan mental bagi calon ibu.

Melawan Rasa Takut

            Calon ibu harus optimis dapat melewati setiap tahap persalinan bersama calon jabang bayi dengan sukses. Calon ibu harus percaya dan melawan rasa takutnya. Jika Anda, memang takut dan stress dalam menghadapi proses persalinan, ada baiknya Anda mengutarakan keluh kesah Anda kepada suami atau orang terdekat Anda. Karena dukungan suami dan keluarga sangat berpengaruh besar pada kepercayaan diri Anda. Dukungan dari mereka menguatkan Anda untuk tetap survive menghadapi segala tantangan persalinan.

Persiapan Spiritual dan Pengetahuan

            Bagaimanapun proses persalinan Anda akan ditentukan oleh kuasa-Nya, segala pertolongan dan kekuatan dari Tuhan akan sangat membantu proses persalinan Anda. Jadi perbanyaklah berdoa agar semua tahap persalinan dilancarkan, dan Anda beserta sang buah hati sehat. Keikhlasan untuk menjadikan persalinan sebagai tahap Anda menjalankan amanah dari Tuhan adalah hal yang penting untuk memudahkan proses melahirkan.

Saringlah informasi yang anda dapat mengenai berbagai hal Persiapan untuk persalinan. Tentunya anda dapat memilah-milah informasi fakta dan mitos melahirkan. Tambah juga informasi Anda mengenai bagaimana cara merawat bayi yang baru lahir. Dengan memiliki pengetahuan yang cukup anda dapat dengan bijak menentukan keputusan yang terbaik bagi persalinan Anda.

Berpikir positif

            Cara berpikir Anda mengenai proses kehamilan dan melahirkan, pandangan pribadi Anda dan harapan pasangan akan mempengaruhi kondisi mental Anda dalam menghadapi persalinan yang akan dilalui. Maka dari itu kondisi lingkungan dan pikiran yang positif sangat diperlukan. Bayangkanlah segala hal yang positif bagi buah hati anda nantinya, bayangkan wajahnya dan fisiknya yang sehat, segala penantian anda menunggu selama 9 bulan akhirnya terbayarkan. Itulah tips agar Calon Ibu bermental kuat untuk menghadapi Persiapan untuk persalinan.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

1 Comment on Persiapan Mental untuk Melahirkan Bagi Calon Ibu

  1. apakah suami boleh mendampingi saat persalinan didalam ruangan ?
    baik itu di bidan maupun di RS ?

Leave a comment

Your email address will not be published.


*