Persiapan Agar Anak Tidak Menangis Di Hari Pertama Sekolah

Ibu dan balita www.ibudanbalita.com
Ibu dan balita

www.ibudanbalita.com

Yang sering terjadi, anak menolak untuk berada di kelas dan mengajak ibu pulang. Ia akan menangis ketika ia baru pertama kali masuk sekolah. Meskipun memang tidak semua anak mengalami hal tersebut. Akan tetapi, kebanyakan seperti itu.

Apakah itu artinya anak menangis dan meminta pulang di hari pertama sekolah itu hal yang wajar? Tentu saja wajar. Karena ia dihadapkan dengan lingkungan yang baru.

Yang perlu ibu lakukan adalah bagaimana mengantisipasi agar anak tidak menangis. Dengan cara apa? Dengan cara membuat anak siap untuk bertemu dengan lingkungan yang baru.

Berikut ini beberapa hal yang perlu ibu persiapkan sebelum ibu mengajak si kecil untuk pergi ke sekolah pertama kali.

  • Pastikan Si Kecil Bisa Mengatakan Namanya Sendiri

Pada hari pertama sekolah, anak tidak akan diajarkan bagaimana membaca atau menulis. Bahkan, ia juga mungkin tidak langsung diajarkan bermain.

Yang paling awal biasanya dilakukan adalah memperkenalkan diri. Oleh sebab itu, ibu ajarkan bagaimana si kecil memperkenalkan diri. Setidaknya ia berani berdiri dan memperkenalkan siapa namanya.

Akan lebih baik juga jika ia bisa menjelaskan lebih jauh tentang dirinya seperti siapa nama ibu dan ayahnya, tempat tinggalnya di mana, makanan kesukaan, dan lain sebagainya. Semakin banyak hal yang bisa ia ceritakan ketika memperkenalkan diri maka ia akan lebih percaya diri. Ia tidak akan merasa takut di lingkungan baru.

  • Biasakan Si Kecil Bersosialisai dengan Orang Lain

Situs www.ibudanbalita.com bisa ibu jadikan referensi tentang bagaimana mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Di sana juga ada informasi tentang pentingnya mengajarkan cara bersosialisasi dengan orang lain.

Ini berkaitan dengan kecerdasan emosional, bukan kognitif. Mungkin ibu bisa lebih mudah mengembangkan kecerdasan kognitif. Namun, butuh cara yang tepat dan ketelatenan agar si kecil memiliki kecerdasan emosiona, terutama agar ia bisa bersosialiasi dengan orang lain.

Jika ibu sudah membiasakan hal ini, maka ibu tidak perlu khawatir si kecil akan menangis saat hari pertama sekolah. Karena ia sudah terbiasa, maka ia akan bisa dengan mudah membaur dengan teman-temannya yang baru di sekolah.

  • Ceritakan Hal Yang Baik Tentang Sekolah

Bagi kebanyakan anak kecil, ia merasa khawatir jika bertemu dengan orang baru di lingkungan yang baru pula. Apalagi jika selama ini ibu jarang membawa si kecil keluar rumah untuk datang ke tempat tinggal saudara atau sekedar jalan-jalan ke rumah tetangga. Maka ia akan sangat takut sekali dengan suasana sekolah.

Itulah mengapa akan lebih baik sebelum ia masuk sekolah, ibu biasakan si kecil ke rumah tetangga atau saudara. Sehingga ia tidak lagi khawatir dengan lingkungan yang baru.

Selain itu, ibu bisa menceritakan tentang gembiranya berada di sekolah. Ibu bisa berikan buku-buku cerita bergambar yang menceritakan tentang kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di sekolah. Atau jika ternyata rumah ibu berada tidak jauh dari sekolah, ibu bisa sesekali mengajak anak ibu untuk lewat atan bahkan berkunjung sebentar di lingkungan sekolah. Dengan demikian, ia tidak lagi merasa asing dengan lingkungan sekolah.

Pasti sangat menyenangkan jika melihat anak tidak menangis di hari pertama sekolah. Apalagi ia bisa dengan mudah bersosialisasi dengan guru dan juga teman di sekolah. Pasti ini akan menjadi pengalaman pertama yang tidak akan ibu lupakan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*