Persalinan Tinggal Menghitung Hari? Berikut Cara Menjaga Kehamilan yang Perlu Ibu Lakukan

cara menjaga kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita

 

Cara menjaga kehamilan berbeda di setiap periode. Pada saat kehamilan masih pada trimester pertama atau hamil muda, senam ibu hamil bukanlah cara yang tepat untuk menjaga kehamilan. Ketika kehamilan masuk trimester kedua, ibu perlu mengetahui cara meredakan stres karena ini merupakan tantangan terbesarnya. Ketika trimester ketiga atau bahkan saat masa persalinan hampir tiba, cara menjaga kehamilan harus lebih ditekankan pada kesiapan ibu dan janin dalam kandungan.

Jadi, setiap periode kehamilan itu memiliki tantangan tersendiri sehingga ibu harus tahu cara menjaga kehamilan yang berbeda sesuai dengan masa kehamilan. Jika masa persalinan tingga beberapa minggu, maka ibu perlu mengetahui tips berikut ini.

Perhatikan Cara Duduk Ibu

Apakah ibu lebih sering duduk setiap hari? Jika ibu adalah seorang wanita karir dan pekerjaan ibu membuat ibu lebih sering duduk, maka ibu harus benar-benar memeperhatikan cara duduk ibu. Pertama-tama, usahakan lutut selalu sejajar dengan panggul. Selanjutnya, ibu harus pastikan selalu membawa bantal kecil. Apa gunanya? Gunanya untuk menopang panggul. Taruhlah bantal kecil tersebut di bawah panggul. Ini merupakan cara menjaga kehamilan yang sangat penting untuk dipraktekkan.

Dengan menerapkan cara tersebut, ibu tidak akan mudah merasa lelah. Selain itu, otot tidak akan tegang walaupun ibu duduk dalam jangka waktu yang cukup lama. Hanya saja, tetap saja ibu sebaiknya mempertimbangkan untuk berdiri dan bergerak. Hal ini dibutuhkan untuk melenturkan otot dan sebagai ajang untuk olahraga barangkali ibu tidak memiliki waktu untuk olahraga.

Terapi Pijat

Bukankah ibu hamil dilarang untuk dipijat? Memang benar ada beberapa ahli kesehatan ibu hamil yang tidak menyarankan bahwa melarang ibu hamil untuk dipijat. Pasalnya, pijatan pada area yang salah bisa memberikan pengaruh buruk terhadap janin. Bahkan, ada juga resiko bayi dalam kandungan mengalami keguguran jika titik tertentu ditekan cukup keras.

Akan tetapi, hal buruk tersebut tidak akan terjadi jika ibu meminta ahil terapi pijat ibu hamil yang melakukan pijatan tersebut. Bahkan, terapi pijat ini menjadi salah satu cara menjaga kehamilan pada trimester ketiga, lebih khusus ketika masa persalinan hampir tiba. Alasannya adalah bahwa pijatan tersebut akan membantu ibu agar rileks. Selain itu, dengan pijatan tersebut, posisi janin akan bagus sehingga persalinan bisa normal dan mudah.

Mengikuti Program Senam Ibu Hamil

Apa saja manfaat dari senam ibu hamil? Salah satu manfaat yang akan ibu dapatkan ketika ibu rajin mengikuti senam ibu hamil adalah kebugaran terjaga. Cara menjaga kehamilan yang satu ini sangat disarankan untuk dilakukan jika ibu ingin sekali melahirkan secara normal. Pasalnya, dengan mengikuti kelas senam hamil, kondisi kesehatan wanita hamil akan terjaga. Ibu akan penuh dengan energi dan kondisi kesehatan ibu bagus sehingga siap untuk menjalani persalinan normal.

Harus ibu pahami bahwa persalinan normal itu membutuhkan tenaga yang kuat. Jika tubuh ibu lemas dan ibu tidak memilih tenaga, dokter akan menyarankan untuk operasi caesar. Itulah mengapa senam ibu hamil merupakan salah satu tips menjaga kehamilan untuk ibu yang akan menghadapi persalinan.

Sebenarnya ada jenis olahraga lain seperti renang dan jalan sehat. Hanya saja, gerakan-gerakan tertentu yang dilakukan saat senam ibu hamil itu sangat bagus untuk menjaga stamina ibu sekaligus memastikan posisi janin sudah siap untuk lahir secara normal.

Kesimpulannya, bagi ibu yang masa persalinan sudah hampir tiba, maka ibu harus benar-benar menjaga kesehatan agar siap untuk melahirkan sang buah hati. Untuk itu, ibu harus tetap menjalankan cara menjaga kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*