Pernah Mengalami Keguguran? Inilah Tips Ibu Hamil Muda Untuk Menjaga Janin!

tips ibu hamil muda https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Jika ibu tidak mau mengalami keguguran berulang, tips ibu hamil muda ini akan sangat bermanfaat jika dilakukan sebagai tindakan penjagaan janin dalam kandungan.

Masa kehamilan di minggu pertama memang sangat rentan terhadap keguguran. Apalagi bagi ibu yang pernah mengalami keguguran. Kondisi ini biasanya berulang sehingga membuat ibu semakin khawatir akan kondisi kandungannya.

Tetapi, masalah seperti ini bukanlah tanpa solusi. Artinya, ada banyak cara yang bisa dilakukan ibu agar janin yang dikandung tetap sehat. Minimal, ibu bisa mempertahankan janin sampai janin terlahir dengan kondisi yang sehat.

Nah, sebelum mengetahui apa saja cara mempertahankan kehamilan ini, ada baiknya jika ibu mengenal apa yang disebut dengan keguguran berulang tersebut.

Pengertian Dari Keguguran Berulang

Keguguran membuat ibu sangat kecewa. Apalagi jika bayi yang dikandungnya telah lama didambakan kehadirannya.

Banyak pasangan yang telah lama memimpikan memiliki momongan. Namun karena sebab tertentu, kehamilan yang datang malah menambah kekecewaan karena terjadinya keguguran.

Parahnya, ketika pernah mengalami keguguran, di masa kehamilan selanjutnya juga akan sangat rentan terjadi kondisi yang sama. Hal inilah yang melatarbelakangi mengapa ibu sangat khawatir ketika mengandung kembali.

Mengenai keguguran ini terbagi menjadi dua. Yakni keguguran normal dan keguguran berulang. Keguguran normal ialah kondisi dimana janin tidak berkembang pada masa kehamilan pertama. Sedangkan di kehamilan kedua, janin bisa bertahan sampai lahir.

Berbeda dengan keguguran berulang. Yakni kondisi janin tidak berkembang secara spontan, dan terjadi tidak hanya pada masa kehamilan pertama. Tetapi di masa kehamilan kedua, ketiga dan selanjutnya.

Hal ini dikarenakan oleh berbagai sebab, misalnya terjadi pengentalan darah, kemudian faktor psikis ibu, dan lemahnya rahim. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Tips Mempertahankan Janin Agar Keguguran Berulang Tidak Terjadi

Tips bagi ibu hamil muda ini tidak hanya sebatas bagi ibu yang pernah mengalami keguguran berulang, namun juga untuk ibu yang baru pertama hamil di minggu-minggu pertama.

Tujuannya tentu saja untuk mempertahankan janin agar tetap tumbuh sehat sebagaimana yang diharapkan oleh setiap ibu.

Tips pertama adalah konsumsilah makanan yang sehat, dan jauhi makanan yang menjadi pantangan sewaktu hamil.

Makanan yang sehat adalah yang mencukupi kebutuhan ibu, dan baik untuk pertumbuhan janin. Contohnya adalah makanan yang mengandung asam folat, vitamin D dan lain sebagainya dengan kadar yang cukup.

Sementara tips kedua adalah periksakan ke dokter mengenai kekentalan darah ibu. Pasalnya, terlalu kentalnya darah inilah yang menyebabkan janin berhenti berkembang, akhirnya ibu mengalami keguguran.

Pemeriksaan ini bisa dimulai pada minggu-minggu pertama dan seterusnya. Dan bila ditemukan adanya pengentalan darah, maka penanganan khusus untuk mengencerkan darah perlu dilakukan. Tentunya dengan bantuan dari resep yang diberikan oleh dokter kandungan.

Sementara tips menjaga kehamilan muda yang ketiga adalah menstabilkan emosi ibu. Artinya, jagalah mood ibu supaya kondisi tubuh lebih sehat.

Tips ketiga ini cukup beralasan sekali, karena riwayat mengalami keguguran membuat ibu sangat gelisah. Dan kegelisahan inilah yang nantinya akan membuat ibu sangat khawatir.

Dan terkadang membuat ibu melupakan apa yang seharusnya dilakukan ketika mengandung. Contohnya adalah lupa memberikan asupan makanan dalam jumlah yang direkomendasikan.

Kesimpulannya, lakukan pemeriksaan mengenai darah ibu, kemudian rahim, dan juga jagalah emosi ibu sebagai bagian dari tips ibu hamil muda untuk menghindari berhentinya tumbuh kembang janin semasa dalam kandungan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*