Pernah Dengar Istilah Hamil Anggur?

Ibu Hamil Anggur www.friso.co.id

Senang sekali jika ibu melakukan cek kehamilan dengan test pack dan akhirnya mendapatkan hasil positif.

Tapi, sangat disarankan agar ibu tidak berhenti sampai di situ saja. Ibu sebaiknya tetap datang ke tempat praktek dokter kandungan untuk mendapatkan pengetesan kehamilan dengan USG.

Alasannya sederhana, yaitu untuk memastikan bawasannya memang ada janin yang ada di dalam kandungan.

Lebih dari itu, pengetesan menggunakan alat USG juga bertujuan untuk mengetahui apakah kehamilan ibu normal atau tidak. Pasalnya, ada kehamilan yang tidak normal.

Ibu pasti pernah dengar hamil di luar rahim, bukan? Ada juga kehamilan tidak normal lainnya yang disebut dengan hamil anggur.

Apa Itu Hamil Anggur?

Secara kasat mata, ibu yang hamil anggur ini terlihat seperti ibu hamil pada biasanya. Perutnya membesar.

Namun, siapa sangka jika di dalam perut itu bukan janin yang ia kandung, melainkan tumor. Para ahli medis mengatakan hamil anggur ini merupakan kumpulan tumor jinak yang bergerombol layaknya anggur. Hal inilah yang membuat secara kasat mata seorang wanita terlihat hamil lantaran perutnya membesar.

Yang menjadi salah satu pembeda antara hamil normal dengan hamil anggur adalah ukuran perutnya. Wanita yang mengalami hamil anggur umumnya memiliki berat badan yang lebih berat dari wanita hamil normal. Hal tersebut disebabkan ukuran perutnya sangat besar, melebihi wanita hamil yang normal.

Inilah mengapa seorang ibu hamil sangat disarankan untuk konsultasi kehamilan dengan dokter kandungan secara langsung. Memang sudah ada fasilitas konsultasi online seperti yang disediakan di www.friso.co.id. Di sana ada layanan tanya pakar kesehatan ibu hamil.

Akan tetapi, jika dibutuhkan pengecekan secara langsung, seperti ketika harus menggunakan USG untuk memastikan apakah kehamilan normal atau justru hamil anggur, maka konsultasi secara langsung diperlukan.

Untuk masalah-masalah ringan seperti konsultasi dengan apa yang ibu rasakan, apa yang ibu keluhkan, dan lain sebagainya, ibu bisa kunjungi situs Friso untuk berkonsultasi dengan pakar ilmu kesehatan ibu hamil.

Namun, jika berkaitan dengan kehamilan anggur, ibu harus datang langsung agar dokter kandungan melakukan pemeriksaan secara langsung.

Lebih dari itu, cara penanganannya pun berbeda.

Ada hamil anggur di mana hanya ada tumor saja. Namun, ada juga ibu hamil anggur, selain ada tumor, di dalamnya juga ada janin. Umumnya janin tidak bisa diselamatkan lantaran adanya komplikasi masalah kesehatan sehingga janin tidak bisa berkembang dan akhirnya gugur.

Yang pasti, keselamatan jika ibu hamil anggur tersebut harus menjadi prioritas.

Mengatasi Masalah Hamil Anggur

Pada ahli kesehatan ibu hamil hanya menyarankan satu upaya, yaitu kuretase. Setelah langkah tersebut dilakukan, ibu tersebut terus menerus harus dikontrol. Hal ini sangat penting untuk memastikan tumor sudah bersih sehingga tidak terjadi lagi hamil anggur pada kehamilan selanjutnya.

Lebih dari itu, seorang wanita yang pernah mengalami hamil anggur ini harus lebih banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung protein tinggi dan asam folat.

Tidak ada faktor yang pasti kenapa hamil anggur ini terjadi. Namun, para ahli medis mengindikasikan bawasannya hamil anggur ini lebih disebabkan karena kondisi kesehatan seorang wanita yang kurang baik.

Itulah mengapa wanita yang ingin menikah seharusnya lebih ketat dalam menjaga kesehatan. Mereka harus mulai memikirkan dan memperhatikan apa yang harus dikonsumsi setiap hari. Tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan. Hal tersebut tidak hanya berkaitan dengan kesehatannya sendiri, tapi juga kesehatan calon janin yang akan mereka kandung.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*