Permasalahan yang Sering Muncul Saat Hamil Muda dan Cara Mudah Mengatasinya

hamil muda www.facebook.com/ibudanbalita

Hamil muda merupakan masa di mana ibu akan merasakan betapa berat tanggunjawab sebagai seorang ibu. Lebih-lebih jika ini adalah kehamilan pertama ibu. Mungkin ibu juga merasakan hidup menjadi sangat sulit. Ada larangan untuk mengkonsumsi makanan ini dan makanan itu.

Namun, yang menjadi persoalan ketika masa kehamilan muda adalah keluhan kesehatan. Bagi ibu yang baru sekali ini merasakan hamil, ibu pasti bisa merasakan betapa mengandung itu sangat berat. Selain menjaga kesehatan janin, ibu juga dihadapkan pada beberapa masalah kesehatan.

Berikut beberapa persoalan kesehatan yang sering di alami oleh wanita yang sedang hamil pada trisemester pertama serta solusinya

Hemorrhoid

Ibu tahu hemorrhoid? Ini merupakan istilah di dalam dunia medis di mana ibu hamil sering merasakannya. Hemorrhoid merupakan rasa sakit pada daerah sekitar anus. Rasa sakit ini terasa ketika buang air besar.

Dalam bahasa Indonesia, hemorrhoid sering disebut dengan wasir. Masalah ini memang sering dialami oleh wanita. Namun, ketika hamil, wanita lebih beresiko terkena wasir daripada wanita yang tidak sedang mengandung.

Tidak perlu mengkonsumsi obat jika keluhan ini terjadi walaupun ada banyak sekali jenis obat yang bisa meredakan wasir. Namun, ibu harus ingat ada janin yang ada di dalam kandungan. Apapun yang ibu konsumsi bisa mempengaruhi perkembangan bayi yang ibu kandung.

Ibu hanya perlu membersihkan anus setiap hari. Usahakan ibu membersihkannya walaupun tidak setelah buang air besar. Dalam hal ini, pastikan air yang ibu gunakan untuk membasuh anus benar-benar bersih.

Heartburn

Selain hemorrhoid atau wasir, keluhan saat hamil muda selanjutnya adalah heartburn atau rasa panas pada lambung. Apalagi bagi ibu yang memiliki riwayat penyakit asam lambung, keluhan ini kemungkinan besar akan ibu rasakan ketika kehamilan.

Menghindari mengkonsumsi makan-makanan berlemak dan pedas tidaklah cukup. Ibu juga harus mulai merubah pola makan yang baik. Makanlah dengan teratur dan kurangi porsi makan. Dengan menerapkan pola makan ini serta tidak mengkonsumsi makanan berlemak dan pedas, heartburn akan bisa ibu hindari.

Gusi Berdarah

Gigi mengandung kalsium yang tinggi. Jika selama kehamilan muda ibu tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium, maka bukan tidak mungkin ibu akan mengalami masalah dengan gigi ibu, seperti sakit gigi dan gusi berdarah.

Hal tersebut bisa terjadi lantaran janin juga sebenarnya membutuhkan kalsium agar bisa berkembang. Kalsium didapatkan dari asupun nutrisi. Sementara itu, jika tidak cukup kalsium yang bisa diambil oleh janin, maka janin akan mengambil kalsium di tulang dan gigi ibu. Yang terjadi adalah ibu akan mengalami keluhan kesehatan seperti sering pegal dan gusi berdarah.

Salah satu cara agar hal ini tidak terjadi adalah selalu menjaga kesehatan gigi dan jangan lupa mengkonsumsi makanan tinggi kalsium. Kalsium juga bisa ibu dapatkan pada susu ibu hamil. Itulah mengapa ibu hamil sangat disarankan agar terus mengkonsumsi susu kehamilan agar nutrisi yang dibutuhkan janin dalam kandungan terpenuhi.

Itulah beberapa keluhan kesehatan yang sering dirasakan ibu hamil muda. Jika ibu merasakan salah satu keluhan tersebut di atas, ibu bisa mencoba solusi yang sebaiknya dilakukan. Sebisa mungkin hindari mengkonsumsi obat walaupun obat tersebut terbuat dari bahan herbal. Karena tidak semua obat itu baik bagi janin dalam kandungan. Nikmati hari-hari ibu selama masa hamil muda.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*