Perkembangan Janin 30 Minggu Dan Fisik Bunda Mengandung

perkembangan janin 30 minggu Source: Baby Center

Tumbuh, suatu kata singkat berjuta makna. Bahagia rasanya bila sesuatu tumbuh kembang, karena itu artinya hari ini jauh lebih baik dibanding kemarin. Hidup yang terlalu singkat tidak baik dihabiskan untuk jadi pribadi yang sama dengan masa lampau. Inilah kenapa dalam kehamilan perkembangan janin 30 minggu sama pentingnya dengan masa kandungan kelak.

30 minggu ibu mengandung, berarti sama saja dengan 7 bulan lebih 2 minggu, kategori kandungan trimester ketiga. Suatu masa dimana kandungan ibu tidak lagi muda, namun belum masuk kategori ‘matang’ karena bayi belum bisa lahir detik ini juga. Inilah mengapa mengenali janin di usia 30 minggu tidak kalah penting, toh, hasil usaha kehamilan 7 bulan akan menentukan kesehatan calon buah hati di hari persalinan kelak.

Berhubung kehamilan trimester 3 tergolong tua, maka dapat ditebak ukuran calon bayi juga sesuai dengan usianya. Rata-rata janin yang memasuki tiga puluh minggu atau lebih berukuran tiga ratus sembilan puluh delapan centi meter, dengan berat tiga belas kilo gram. Tentu saja, faktor genetika, dan sumber nutrisi sejak awal kandungan berpengaruh besar terhadap ukuran janin saat ini. Bisa jadi, calon buah hati ayah bunda punya berat dan panjang diatas rata-rata.

Lepas dari kekhawatiran berat, janin menyimpan pula suka cita tersendiri. Kaki si kecil yang mulai mampu bergerak leluasa ‘gatal’ ingin menyentuh dunia luar. Secara eksternal, janin sering dikira menendang. Sebetulnya tendangan tersebut merupakan dampak gerakan janin yang makin leluasa seolah tak sabar melihat dunia luar.

Sebaiknya bunda dan ayah tidak buru-buru berdoa supaya bayi cepat lahir. Kelahiran dini atau bayi prematur justru bahaya bagi ibu dan janin itu sendiri. Walaupun demikian, bukan berarti tidak ada cara menghibur janin dari luar.

Usia tiga puluh minggu, otak janin mulai berkembang. Ibarat proyek, baru sekarang terkumpul bahan bangunan dan tukang-tukangnya. Pada diri janin, bisa terpuaskan sekaligus merasa dibantu bila banyak suara dari luar, khusus bicara pada dirinya. Cobalah bunda dan ayah perdengarkan musik, baik genre populer, sampai dengan religi tidak masalah. Mendengarkan merupakan langkah pertama perkembangan otak janin.

Tidak hanya otak, kelebihan janin yang lain juga terdapat pada lidah. Sebelum mengetahui istimewanya lidah bayi pada trimester tiga, ada baiknya memahami lidah manusia itu sendiri. Alasan mengapa manusia mampu cicipi beragam jenis rasa, adalah butiran-butiran kecil di lidah. Dilihat dengan mata telanjang mungkin kurang jelas, tapi kalau diperbesar dengan mikroskop barulah akan terlihat. Bagaikan sensor otomatis, butir-butir ini akan mengirimkan pesan pada otak.

Ketika usia janin menginjak 7 bulan, secara otomatis banyak proyek terjadi terutama pada bidang lidah dan otak seperti yang telah dijelaskan. Perlahan tapi pasti, janin mampu merasakan beragam rasa yang berbeda. Mungkin, asal rasa ngidam bisa dari sini, karena janin secara tidak langsung akan menyukai beberapa rasa tertentu.

Apa yang bunda makan akan mencerminkan si kecil. Kalau bunda membiarkan diri konsumsi junk food hingga makanan instant, jangan salahkan si kecil bila dirinya menggemari makanan tersebut nantinya. Usahakan menyediakan sayur dan buah, jangan lupa daging dan susu supaya janin dalam tubuh terbiasa dengan pola makan sehat. Lebih baik terlahir dengan pola pikir sehat dibanding harus menanggung resiko di kala dirinya dewasa.

Nah, penjelasan mengenai tumbuh kembang janin sudah lengkap, bagaimana dengan kondisi ibu mengandung 30 minggu?

Ada banyak yang terjadi di kehamilan trimester tiga, itu sudah pasti. Pertanyaan apa saja, tenang dulu, pasti akan dijelaskan.

Tubuh bunda semakin membesar bukan berita baru lagi, yang menarik adalah akibat dari pembesaran tersebut. Aroma tubuh bunda akan berubah drastis karena pelipatan kulit, dan beban berat yang kian hari makin bertambah. Kalau bunda punya baju longgar, atau mungkin baju pantai, masa inilah saat paling tepat untuk memamerkannya pada pasangan dan seluruh dunia jika bunda berkenan.

Pakaian ketat dengan madsud terlihat bak Kim Kardashian di kala hamil, sebaiknya ditinggalkan dulu. Tidak hanya tubuh merasa kurang nyaman, pori-pori sulit bernafas, dan suasana tropis tanah air Indonesia malah bisa bikin keguguran. Pada banyak kasus, malah panas yang terlalu tinggi mengancan kehamilan alias keguguran.

Adanya penambahan berat janin bahkan bisa menimbulkan bengkak dimana-mana. Bunda yang senang tampil seksi nan menawan dengan bantuan high heels mungkin ingin undur diri dulu. Hanya kurang lebih 3 bulan lagi bunda bisa memakai sepatu kesayangan, kok, ditahan dulu. Mengapa? High heels terutama model yang terlalu tinggi hanya menambah masalah dalam membawa kandungan.

Kalau bunda masih ngotot juga, mungkin bisa dipikir dulu jangka panjangnya. Saat ini, janin dengan senang hati mengambil porsi oksigen lebih banyak dari biasanya. Bunda bakal merasa lemas dan letih karena tindakan calon buah hati. Sesak nafas di kehamilan trimester ketiga bukan lagi berita baru. Malah cenderung basi.

Bunda akan merasakan panas di dada, tapi jangan panik. Menyambung dengan kesulitan bernafas serta fakta ruang rahim mempersempit organ lain inilah yang bikin dada kurang enak. Usahakan selalu konsultasi dengan ahlinya guna memastikan rasa panas di dada bukan masalah serius.

Terakhir tapi bukan remeh, selalu dekat dengan pasangan. Perkembangan janin 30 minggu tidak akan mampu sempurna kalau calon bayi tidak dipenuhi cinta baik dari ayah maupun bunda.

Buat ayah bunda yang mengetahui perkembangan janin di trimester kedua sebelumnya. Klik di sini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*