Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan Yang Wajib Diketahui Oleh Bunda

perkembangan bayi usia 4 bulan www.awalsehat.nestle.co.id

Semakin lama bayi Anda tentu akan berkembang dan bertambah waspada serta lebih responsif. Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan biasanya ditandai oleh bayi yang melakukan degukan, senyuman, ketawa dan celotehan. Pada usia 4 bulan, bayi mulai menyadari tentang reaksi orang-orang di sekitarnya terhadap tingkah lakunya. Apabila si bayi menangis, Anda harus segera menghampirinya.

Jika si bayi menjatuhkan sesuatu, maka Anda pun juga harus memungutnya. Si bayi biasanya sengaja menjatuhkan barang yang sama berulang kali hanya untuk melihat Anda memungutnya terus menerus.

Bayi usia ini juga akan belajar untuk berkomunikasi secara lebih baik. Bayi Anda akan mengekspresikan diri melalui degukan, celotehan , pekikan dan tertawa. Ia juga dapat mengekspresikan berabagai bentuk emosi mulai dari tersenyum lebar karena gembira, muka cemberut karena kesal  sampai membuka mulut sangat lebar karena kaget dan heran. Bayi usia 4 bulan juga akan mulai belajar untuk mengenali emosi Anda dari suara dan ekspresi wajah Anda. Berikut ini perkembangan bayi dilihat dari minggu ke minggu di usia 4 bulan ;

-Minggu ke 14, sudah bisa memahami tentang sebab akibat

-Minggu ke 15,Mulai bisa mengingat apa yang pernah terjadi

-Minggu ke 16: Penglihatan akan jauh lebih baik dari sebelumnya

-Minggu ke 17: Mampu memperhatikan pola.

Untuk perkembangan motorik halus, bayi Anda akan mulai lebih  terampil. Ia mulai dapat memindahkan mainan mapun  objek yang lain a dengan kedua tangannya.

Bahkan bayi Anda juga akan menggapai apa saja yang dapat dicapainya, misalnya seperti rambut Anda, boneka gantung dan objek berwarna atau berkilau yang berada di sekitarnya. Sedangkan tumbuh kembang bayi 4 bulan dari segi motorik kasar adalah kepalanya sudah tidak lebih kuat daripada sebelumnya.

Bayi 4 bulan biasanya sudah mempunyai kontrol kepala yang sangat baik pada saat didudukinya dan dapat menahan kepala serta lehernya ketika di posisi tengkurap. Si kecil juga sudah dapat menendang dan mendorong dengan kakinya, bahkan ada bayi yang sudah dapat  berguling telentang dari posisi tengkurap.

 

Mengenali Tanda-Tanda Pertumbuhan bayi 4 bulan

Berat badan bayi yang berusia 4 bulan umumnya akan bertambah 2 kali lipat dari berat badan lahir. Apabila Anda khawatir bayi Anda tidak mendapatkan asupan gizi yang baik atau berat badan yang ideal, maka segera tanyakan kepada dokter anak Anda.

Biasanya bayi baru mulai tumbuh gigi saat usia 8 bulan, akan tetapi ada sebagian bayi yang sudah tumbuh gigi pada usia 4 bulan. Tanda-tanda jika bayi sudah akan  tumbuh gigi yaitu rewel, ngiler, ruam di wajah karena air liur, menggigit objek untuk mengurangi rasa gatal, selera makan berkurang, menarik telinga atau mengucek pipi yang sakit dan juga akan mengalami diare.

Pertama kalinya bayi berguling biasanya dari posisi tengkurap kemudian telentang. Bentuk perut bayi yang bundar memudahkan bayi untuk berayun dari satu ke sisi yang lain dan kemudian membalikkan badannya.

Bantulah bayi Anda untuk berguling dengan menaruh mainan kesukaannya sedikit di luar jangkauannya. Ketika ia mencoba meraih mainannya maka ia akan berguling lagi. Bayi usia 4 bulan sudah dapat tidur nyenyak sepanjang malam, umumnya 7 hingga 8 jam.

Ditambah dengan tidur siang 2 kali, jumlah tidur bayi akan berkisar antara 14 hingga 16 jam per hari. Pada 3 bulan pertama bayi akan kesulitan dalam membedakan kontras warna sehingga ia lebih suka dengan warna terang dan objek hitam putih. Di usia 4 bulan, penglihatan bayi akan mengalami ketajaman lebih.

Si kecil mulai dapat melihat kontras warna yang lebih samar seperti gambar warna merah di baju merah. Jarak penglihatannya juga semakin jauh akan tetapi umumnya mereka masih lebih suka memperhatikan orang dalam jarak yang dekat.

Melakukan Perawatan Bayi Usia 4 Bulan

Beberapa cara dalam melakukan perawatan untuk bayi Anda adalah sebagai berikut ini;

-Berikan bayi Anda berbagai objek dengan tekstur yang beda untuk dieksplorasi.

-Berikan waktu beberapa menit setiap hari agar bayi Anda dapat membaca atau bernyanyi.

-Mengecap adalah salah satu cara untuk mengeksplorasi dunia si bayi. Sekarang ini, karena apa saja yang berhasil dipungutnya akan dimasukkan ke mulutnya. Jangan sampai Anda menaruh  benda-benda kecil yang dapat membuatnya tercekik.

-Meskipun perkembangan bayi saat berusia 4 bulan belum masuk tahap merangkak dan bahkan mungkin belum dapat berguling, Anda sudah harus mulai mengamankan rumah Anda.  Misalnya saja memasang pagar tangga , mengunci lemari, dan menyimpan produk pembersih serta berbagai jenis barang berbahaya lain di tempat tinggi dan yang tidak dapat terjangkau oleh  tangan bayi Anda.

-Menemani bayi Anda saat bermain juga merupakan cara dalam merawat bayi Anda . Dengan mendukung minat alami yang dimiliki bayi Anda, itu artinya Anda menunjukkan kasih sayang lebih  untuk si kecil.

-Sentuh bayi Anda. Selain mempererat ikatan batin, sentuhan juga dapat membantu perkembangan otak. Mengemong bayi Anda dan mengelus kepalanya hingga ia tertidur juga akan meningkatkan pelepasan hormon yang berfungsi untuk pertumbuhan bayi.

-Memijat bayi juga merupakan bagian dari cara merawat bayi dengan baik. Berikan waktu beberapa menit sehari untuk memijat bayi Anda  demi mendukung perkembangan bayi usia 4 bulan. Bayi yang dipijat secara rutin akan sedikit memproduksi hormon stres sehingga biasanya bertambah berat badan lebih cepat dan juga tidur lebih nyenyak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*