Perkembangan Bayi 8 Bulan Yang Tidak Boleh Dilewatkan Oleh Bayi dan Bunda

perkembangan bayi 8 bulan www.awalsehat.nestle.co.id

Untuk seorang ibu setiap tahap tumbuh-kembang si kecil termasuk perkembangan bayi 8 bulan ini adalah hal yang selalu dinanti. Pada usia 8 bulan, si kecil akan mengalami begitu banyak perkembangan yang cukup pesat.

Tumbuh kembang bayi memang sangat penting untuk diperhatikan dan dikontrol oleh semua orang tua. Dengan lebih banyak memberikan waktu bersama dengan bayi pada usia 8 ini, Bunda bisa membangun hubungan emosional dengan si kecil. Bunda juga bisa mengamati bila ada masalah kesehatan yang berhubungan dengan perkembangan buah buah hati Anda.

Mengenali Perkembangan Bayi 8 Bulan  Yang Baik dan Benar

Perkembangan bayi pada dasarnya bermacam-macam meskipun terjadi dalam waktu yang hampir bersamaan. Perkembangan ini dipengaruhi oleh berbagai hal, misalnya saja seperti kesehatan bayi, asupan nutrisi yang baik dan juga rangsangan dari orang tua yang baik dan benar. Oleh karena itu penting untuk bunda dalam mengetahui tahapan ini agar tepat dalam memberikan rangsangan untuk membantu proses pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Berikut ini beberapa perkembangan yang terjadi pada usia 8 bulan;

-Belajar duduk,berdiri, dan merangkak

Umumnya pada usia 6 bulan seorang bayi sudah bisa duduk sendiri dan hal ini akan semakin baik saat si kecil menginjak usia 8 bulan. Bayi berusia 8 bulan umumnya sudah dapat duduk tanpa harus berpegangan lagi pada orang lain ataupun benda di sekitarnya. Bahkan pada usia 8 bulan ini, buah hati Anda akan mulai belajar merangkak bila Anda meninggalkannya duduk di lantai maupun kasur. Selain berjalan dengan merangkak, si kecil juga akan mulai belajar berdiri. Hal ini bisa dilakukannya sendiri.

Pada usia 8 sampai 9 bulan, si bayi  akan berusaha memegang benda didekatnya dan berusaha untuk berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain. Disamping itu, Bunda juga dapat  melakukan stimulasi dengan cara memposisikan si kecil di kursi, dengan begitu ia akan berusaha menahan berat tubuhnya ke kursi untuk tetap bisa berdiri. Hal ini penting untuk Bunda perhatikan, terutama dalam hal keselamatan si kecil. Pada usia ini, Bunda juga harus menghindarkan si kecil dari barang yang kasar atau berbahaya dan meninggalkan mereka sendiri tanpa pengawasan Bunda.

-Belajar dalam hal pengucapan

Bunda pasti sering berbicara dengan bayi berusia 8 bulan dengan menyebutkan berbagai macam kata aneh, misalnya seperti mama atau papa dan lain-laininya.

Disamping  karena mereka akan mengikuti Anda, pada usia seperti ini seorang bayi umumnya akan mengeluarkan berbagai kata yang berulang-ulang tanpa arti bermakna dan belum jelas.

-Menggenggam

Perkembangan selanjutnya yang harus diperhatikan selain kemampuan duduk, merangkak dan berdiri yaitu kemampuan tangan dalam menggenggam benda di dekatnya. Pada usia ini, si kecil sudah bisa meraih benda baik dengan kemauan sendiri atapun yang Bunda berikan dengan menggunakan kedua tangannya. Pada masa ini pula kedua tangan buah hati Anda akan lebih aktif. Selain berusaha meraih sesuatu, bayi Anda juga akan berusaha menggenggam apa saja yang diterimanya, ia akan lebih pintar meremas makanan atau bahan lunak yang       Bunda berikan ke dalam genggamannya. Pada usia ini, selain karena buah hati Anda sudah bisa duduk dengan baik Anda juga dapat mengajarkan mereka untuk mulai makan makanannya sendiri.

-Penglihatan yang baik

Bunda tentu mengetahui bahwa penglihatan seorang bayi sejak lahir belum  baik dan sempurna. Si kecil juga membutuhkan waktu untuk proses pertumbuhan dan juga perkembangan bola mata untuk melihat dengan jelas. Pada usia 8 bulan ini, si kecil sudah mempunyai penglihatan seperti orang dewasa normal dalam hal kejelasan. meskipun penglihatan jarak jauhnya masih belum sempurna akan tetapi penglihatan  mereka sudah cukup baik dalam mengenali orang dan melakukan pengenalan ruangan yang sering bayi lihat.

-Ikatan emosi

Selain pertumbuhan dan perkembangan fisik , si kecil juga akan mengalami perkembangan secara mental atau psikis. Perkembangan pada usia ini yang bisa Bunda lihat secara mental yaitu rasa empati terhadap lingkungan sekelilingnya. Hal ini ditunjukkan saat buah hati Anda melihat seseorang sedang menangis dan  mereka juga akan ikut menangis. Ikatan emosional ini juga berlaku pada Bunda sendiri sebagai orang tua terutama ketika Anda akan berpisah dan harus meninggalkannya untuk bekerja. Pada usia ini, sui kecil juga akan mulai susah ditinggalkan sendiri oleh orang tuanya terutama bila ditinggalkan bersama orang lain yang baru saja ia kenal. Apabila terjadi kondisi seperti ini, maka sebagai orang tua Anda harus memberi pemahaman untuk menenangkan si kecil.

Makanan Yang sehat Untuk Perkembangan Bayi 8 Bulan

Saat mulai menginjak usia 6 bulan, bayi sudah dapat diberikan makanan pendamping ASI. Usia 6 bulan merupakan usia yang dianjurkan untuk pemberian MPASI. Namun, sebelum usia 6 bulan usahakan Bunda memberikan si kecil dengan ASI eksklusif. Bunda juga harus memperhatikan apakah si kecil pernah mempunyai riwayat alergi.

Apabila bayi Anda memiliki riwayat alergi, misalnya saja seperti alergi susu atau yang lainnya. Ketika menginjak usia 8 bulan, Bunda juga bisa memberikan makanan pendamping seperti bubur beras, makanan tim saring, dan  bubur pisang. Anda juga harus meningkatkan asupan sayuran untuk si kecil supaya nutrisinya tercukupi. Hindarkan makanan yang berbahaya untuk si kecil yang akan berisiko untuknya. Perkembangan bayi 8 bulan memang harus Bunda perhatikan dengan baik.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*