Perkembangan Bayi 6 Bulan Yang Harus Diperhatikan Oleh Bunda

perkembangan bayi 6 bulan www.awalsehat.nestle.co.id

Anda seorang ibu tentu sangat bahagia bila bayi Anda sudah melalui masa hidupnya selama 6 bulan. Perkembangan bayi 6 bulan ini, si kecil sudah mulai untuk berusaha duduk sendiri tanpa bantuan orang lain dan tanpa harus dengan sandaran. Pada tahap awal memang sedikit sulit untuk dilakukan. Si kecil akan berusaha duduk dengan bantuan topangan oleh kedua lengannya. Apabila dibiasakan maka  lama – kelamaan bayi akan bisa untuk duduk tanpa bantuan topangan dengan lengan.

Oleh karena itu, Anda harus melatihnya sebab bayi usia 6 bulan belum memiliki kekuatan punggung yang kuat. Anda bisa membantu si kecil untuk berlatih duduk dengan memangkunya. Berikan mainan yang menarik untuk mereka lalu mainkan dengan menjauhkan dan mendekatkan mainan tersebut kepada bayi Anda .  Hal ini akan merangsang bayi untuk melakukan kegiatan sembari duduk dengan meraih mainan tersebut. Jika sudah terbiasa, cobalah untuk meletakkan bayi Anda di lantai yang tidak keras dan buat ia agar bisa duduk.

Sembari duduk di lantai, berikan si kecil mainan dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Jika bayi Anda tertarik dengan suatu benda, maka ia akan menunjuk benda tersebut dengan mengangkat lengan seakan-akan ia bertanya apa benda itu. Apabila si kecil diberikan mainan di tangannya, ia akan memperhatikan sejenak lalu memasukkan mainan itu ke dalam mulutnya. Apabila di awal ia memegangnya dengan tangan kanan maka kemudian ia akan memindahkannya ke tangan kiri.

Apabila di sekitarnya ada mainan lagi maka ia akan meraihnya dengan menggunakan tangan kanan, dengan begitu kedua tangannya akan memegang mainan. Mungkin si kecil akan mempunyai kecenderungan dengan memegang benda hanya di salah satu tangannya, misalnya saja hanya dengan menggunakan tangan kirinya secara berkelanjutan. Akan tetapi hal itu bukan berarti bayi memiilki kecenderungan bertangan kidal. Kidal atau tidaknya seorang anak belum dapat dilihat sebelum berumur 2 hingga 3 tahun.

Kemampuan Yang Ditunjukkan Pada Perkembangan Bayi 6 Bulan

Kemampuan pada perkembangan bayi saat berusia 6 bulan salah satunya yaitu berguling. Saat si kecil sedang berada pada posisi tidur tetapi tidak dalam keadaan tertidur umumnya ia akan menggulingkan badannya. Ketika menggulingkan badannya, tidak semua bayi akan berhasil membalikkan badannya ke posisi terlentang. Sehingga ia akan terus berada dalam posisi tengkurap bila tidak ada bantuan dari orang dewasa. Bayi akan menagis bila merasa kelelahan sebab tidak berhasil membalikkan badannya. Ketika posisi tengkurap ada juga beberapa bayi yang menggeser badannya maju dan mundur dengan mendorong lantai.

Bayi sudah mulai belajar merangkak saat usia 6 bulan. Perkembangan bayi ini diawali dengan kemampuan ia menggeser badannya saat tengkurap. Apabila perkembangan si kecil termasuk cepat maka merupakan hal wajar bila saat usia 6 bulan ia mulai berlatih untuk merangkak. Untuk menstimulasi kemampuannya ini maka hendaknya orang tua tidak membiasakan bayi selalu digendong maupun duduk di stroller. Berikan ia waktu lebih lama untuk berada di lantai yang memiliki alas empuk.

Ketika bayi pada posisi tengkurap, biarkan ia mengangkat tubuhnya dengan bantuan topangan kedua tangan dan kakinya sendiri. Anda harus memastikan posisi sikunya menempel pada lantai. Berikan pula mainan di hadapan bayi  Anda pada posisi yang sedikit jauh dari posisinya supaya ia terangsang untuk merangkak. Anda juga bisa mencoba untuk mempraktekkan bagaimana cara merangkak di hadapan si kecil. Apabila bayi Anda tertarik maka teruskanlah untuk merangkak bersamanya.

Bayi usia 6 bulan sudah dapat tersenyum, mengoceh dan tertawa. Si kecil mulai dapat -mengucapkan beberapa kata singkat, misalnya saja memanggil papa dan mama. Apabila si kecil merasa kegirangan maka ia akan berteriak.Bayi Anda juga dapat mulai mengenal orang dan benda di sekelilingnya. Selain itu, ia akan merasakan kenyamanan bila berada di dekat orang yang dikenalinya. Apabila si kecil ingin digendong ia akan memberitahukannya dengan cara mengangkat kedua tangannya di hadapan orang yang dimintai.

Cara Merangsang Perkembangan Bayi 6 Bulan

Anak usia 6 bulan mempunyai perkembangan yang cukup pesat, sesuai dengan saran dari posyandu maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merangsang perkembangan bayi usia 6 bulan ini. Tujuan merangsang perkembangan ini supaya ia bisa tumbuh secara maksimal. Untuk hal ini dibutuhkan bantuan dari orang tua yang  dekat dengan anak, beberapa hal yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut:

-Latihlah bayi Anda untuk dapat duduk tegak tanpa bantuan topangan.

-Ajak bayi Anda bermain, umumnya bayi akan tertawa jika kita ajak bermain misalnya saja dengan bermain cilukba.

-Ajarkan si kecil untuk memegang benda kecil dengan menggunakan dua jari mereka, hal ini akan bermanfaat bagi anak untuk memegang makanan misalnya saja seperti biskuit.

-Ajari juga cara makan biskuit pada bayi Anda, awasi mereka saat memakan biskuit karena terkadang bayi usia 6 bulan masih suka tersedak sebab biasanya mereka akan menelan biskuit yang ukurannya cukup besar. Oleh karena itu, Anda bisa memilih biskuit yang mudah larut.

-Bantu ia berdiri dengan berpegangan dan juga jalan dengan dipapah.

-Biasakan Anda mengobrol dengan anak atau mengajak mereka berbicara

-Latih mereka untuk mengucapkan beberapa kata sederhana.

-perhatikan mainan yang Anda beli untuk bayi usia 6 bulan, sebab pada Perkembangan Bayi 6 Bulan ini si bayi suka memukul  mainan mereka. Oleh karena itu, Anda bisa membeli mainan yang aman untuk dipukul-pukul dan tentunya tidak membahayakan si bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*