Perkembangan Bayi 5 Bulan Yang Harus Bunda Ketahui

perkembangan bayi 5 bulan www.awalsehat.nestle.co.id

Pada perkembangan bayi 5 bulan merupakan masa transisi untuk bayi Anda di mana ia akan mencoba berbicara dan mengeksplorasi berbagai suara yang mampu ia buat sendiri. Bayi usia 5 bulan sudah mampu duduk tegak dalam waktu yang cukup lama. Kebanyakan bayi suka dengan posisi ini di mana ia mampu melihat tubuhnya dan berbagai hal lain di dekatnya.

Anda mungkin masih perlu menopang buah hati Anda namun umumnya ia sudah dapat duduk tanpa disangga selama beberapa menit. Ada bayi yang sudah mampu berguling dari posisi telentang ke tengkurap pada usia  5 bulan.

Ketika bayi Anda sudah dapat berguling maka ia akan mencoba menggerakkan kakinya. Selain itu ia juga akan mempersiapkan diri untuk pergerakan lain  yang akan dilakukannya beberapa bulan lagi yakni merangkak dan bergerak maju mundur. Apabila bayi Anda sudah dapat berguling, maka jangan pernah Bunda meninggalkannya di ranjang atau permukaan tinggi yang lainnya. Sebab bisa saja bayi Anda akan berguling tanpa sadar sehingga terjatuh dan juga mengalami luka. Genggaman yang dilakukan bayi 5 bulan akan lebih kuat.

Si kecil sudah dapat menarik benda yang ada di sekitarnya, menggenggam lalu  memindahkannya ke tangan yang satunya. Bayi Anda bahkan mungkin dapat memegang botol atau gelas sendiri. Kebanyakan bayi usia 5 bulan mampu  tidur sepanjang malam meskipun tidak semua begitu. Memandikan si kecil dengan air hangat lalu menggendong atau mengayunkannya sembari bernyanyi dan bercerita akan membuat bayi Anda mengantuk. Saat siang hari bayi masih memerlukan 2 kali tidur yaitu pagi dan sore. Usahakan Bunda untuk tidak menunda tidurnya hingga si kecil terlalu lelah atau rewel. Anda harus menidurkan si kecil bila ia terlihat mengantuk.

Perubahan Penglihatan Yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi 5 Bulan

Penglihatan bayi ketika usia 5 bulan memang akan terus berkembang. Pada masa ini, bayi masih belum mempunyai penglihatan 20⁄20, namun si kecil mampu melihat dengan baik dari berbagai jarak. Selain itu, kedua matanya juga sudah dapat fokus dengan bersamaan tanpa mengalami kesulitan. Bayi Anda juga sudah dapat membedakan berbagai warna namun umumnya ia  masih lebih suka dengan warna primer, misalnya saja biru,merah, dan kuning. Bayi usia 5 bulan telah mengetahui berbagai suara yang mampu  ia buat dengan lidah dan juga bibir mungilnya.

Anda bisa memperhatikan suara si kecil yang penuh dengan  kesenangan  yang dibarengi percikan busa dari mulutnya. Buah hati Anda juga akan mulai mengeluarkan suara celotehan misalnya seperti baba, mama, dan juga dada. Si kecil akan mengeksplorasi suara yang dapat ia buat dan mungkin akan mengulangnya secara terus menerus. Semua ini adalah bentuk awal dari perkembangan bahasa dan komunikasi si kecil dan ia sedang berlatih untuk tahap ini.

Suara celotehan lain  yang biasa dan ingin Anda dengar terus yaitu  suara tertawa menggemaskannya. Bunda bisa membantu tumbuh kembang bayi 5 bulan dengan memberikan waktu untuk bergembira dan tertawa bersama si kecil. Anda bisa mencoba menggelitiki si kecil dan  ikut tertawa dengan candaan yang dibuatnya serta Anda bisa melakukan hal yang bisa membuat si kecil untuk tertawa. Pada usia 5 bulan, si kecil mulai paham dengan suara yang didengarnya, misalnya saja suara handphone atau suara yang lainnya. Meskipun belum mengerti kata, si kecil mungkin akan merespon saat namanya dipanggil.

Si kecil juga akan belajar tentang  cara memberi tahu kepada Anda apa yang dibutuhkannya melalui suara yang dibuatnya sendiri. Anda juga harus memperhatikan dan membedakan suara yang digunakannya untuk berbagai kondisi, misalnya saja ketika ia lapar, lelah atau ingin bermain. Perkembangan bayi dari minggu ke minggu di usia 5 bulan yakni  Minggu ke-18 Sinkronisasi suara dengan gerakan bayi Anda lebih baik. Pada minggu ke-19,  si kecil lebih suka mendengarkan musik dibandingkan percakapan. Saat minggu ke-20, ia akan memahami berbagai jalur. Dan dalam minggu ke-21, bayi Anda akan mencocokkan suara dengan berbagai gerakan.

Perawatan Yang Perlu Dilakukan Saat Perkembangan  Bayi Usia 5 Bulan

Sekarang ini, banyak ahli kesehatan anak setuju bahwa waktu terbaik untuk memulai makanan padat untuk bayi yaitu di atas usia 6 bulan. Bahkan hingga usia 9 bulan, sumber utama nutrisi bayi masih dari ASI dan juga susu formula. Akan tetapi, bila pada usia 5 bulan buah hati Anda nampak sudah tertarik dengan makanan dan juga tidak kenyang dengan pemberian ASI maka Anda dapat mempertimbangkan pemberian makanan padat. Alangkah baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter bayi Anda sebelum memulai pemberian makanan padat untuk bayi usia 5 bulan. Si kecil memang lebih menyukai musik, maka Anda bisa memainkan berbagai jenis lagu mulai dari jazz, klasik,  dan juga pop.

Dengan begitu, buah hati Anda akan senang, tersenyum dan bisa saja ia akan mulai berceloteh. Anda bisa memberikan si kecil mainan berbagai macam warna yang sederhana, misalnya saja balok lunak atau yang lainnya. Anda bisa menyebutkan nama benda yang Anda berikan untuk mengajari si kecil tentang kosakata baru. Perkembangan bayi 5 bulan memang berlangsung sangat cepat dan tidak lama lagi ia akan bergerak maju mundur bahkan lebih jauh. Apabila Anda belum mengamankan rumah Anda maka lakukan segera mungkin untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*