Perkembangan Bayi 10 Bulan Yang Mulai Dapat Dilihat

perkembangan bayi 10 bulan Source: Photography By Asiya

Saat  bayi memasuki usia 10 bulan maka banyak orang tua terutama ibu menjadi lebih khawatir. Mereka berharap bayi tumbuh cepat dan sudah bisa melakukan berbagai gerakan. Memahami pertumbuhan pada masa usia 1 hingga 9 bulan sangat penting untuk melihat perubahan pada usia 10 bulan. Namun bagi  bayi yang menghadapi kelahiran prematur maka bisa merasakan perbedaan yang jelas dengan bayi yang terlahir normal. Begitu juga dengan bayi yang memiliki masalah kesehatan akibat minum air ketuban karena ada bahaya bayi minum air ketuban saat lahir. Perkembangan bayi 10 bulan sangat tergantung dari kondisi kesehatan bayi sejak lahir dan setelahnya.

Pertumbuhan fisik terutama bagian kaki dan punggung pada umumnya sudah sangat baik. Bayi Anda bisa memiliki tumpuan kaki yang kuat sehingga mulai berjalan. Ketika 9 bulan bayi masih mencari tiang atau pegangan yang kuat untuk membantu berdiri. Sekarang bayi sudah mulai senang berjalan sambil dipegangi tangannya. Hindari memberikan baby walker karena sebenarnya ada resiko bahaya baby walker untuk anak bayi.

Bayi Anda sudah memiliki perkembangan yang sangat baik untuk berbicara. Jika tidak ada masalah pada bagian oral seperti lidah dan cacat bibir maka bayi mulai mengucapkan beberapa kata seperti papa, mama dan kata lain yang sering didengar. Meskipun bayi Anda sudah bisa berjalan sedikit demi sedikit tapi mereka mulai mengerti cara untuk mengeluh. Bayi Anda bisa marah atau gemas ketika ada mainan yang letaknya jauh dari badan dan mereka mulai menangis.

Pertumbuhan Motorik Saat Perkembangan Bayi 10 Bulan

Bayi Anda sudah dapat bergerak lebih banyak karena itu bayi Anda mulai bergerak ke semua arah termasuk menjelajahi isi rumah atau ruang bermain. Bayi Anda sudah memiliki gerakan yang lebih baik ketika akan berdiri, jongkok, menunduk lalu duduk akan tetapi  masih harus tetap diawasi. Bayi Anda sudah mulai berjalan sedikit demi sedikit, sesekali bayi akan melangkah sendiri namun sesekali juga akan mencari pegangan.

Kemampuan koordinasi syaraf dan otot bayi sudah berkembang dengan baik. Mereka mulai bisa mengambil benda yang kecil seperti remah makanan di lantai. Karena itu bayi akan memiliki resiko diare atau sakit perut.  Bayi Anda mulai mengenal cara untuk menyusun mainan. Anda bisa memberikan mainan susunan balok dengan bentuk yang lebih kecil hingga bentuk yang besar. Bayi Anda sudah bisa mengoceh lebih banyak dan mereka mulai tertarik dengan benda kemudian meminta benda tersebut.

Bayi Anda sudah bisa bergerak dengan baik ketika bertemu dengan orang yang menyenangkan dan dekat dengan emosi bayi. Anda bisa memancing gerakan ini dengan berdiri dari kejauhan dan memanggil namanya. Bayi Anda bisa belajar bergerak untuk mendapatkan pelukan Anda. Bayi Anda mulai sering jatuh karena koordinasi tangan dan kaki yang baik tapi sepenuhnya belum terlalu kuat. Perhatikan untuk menenangkan bayi dengan pelukan atau kecupan agar bayi tidak menangis terlalu lama.

Keterampilan ingatan dan fisik bayi yang baik akan menguntungkan untuk bayi Anda dan orang tua. Bayi Anda mulai mengenal ketika nama dipanggil dan mereka akan berusaha mendekat untuk panggilan tersebut. Perhatikan reaksi bayi ketika nama mereka dipanggil. Bayi Anda mulai mengenali orang-orang yang dekat dengan keluarga dan juga orang asing. Bayi Anda sudah bisa berjalan atau bergerak ke sebuah tempat dengan jalan yang sama seperti ketika mencari mainan dan menuju ruangan lain di rumah Anda.

Bayi Anda sudah bisa mengenali isyarat seperti kata-kata Anda ketika akan pergi atau ketika akan bermain. Bayi Anda mulai mengenal perintah yang diberikan oleh orang dewasa. Sepenuhnya bayi hanya mengenal perintah sehingga terkadang mereka belum bisa melakukan permintaan tersebut. Bayi Anda mulai mengembangkan kepribadian yang sangat lucu. Bayi bisa tersenyum atau tertawa ketika bertemu orang asing. Sebagian bayi juga mulai menunjukkan rasa malu.

Bayi Anda sudah bisa menunjukkan rasa suka dan tidak suka ketika bermain atau bertemu dengan orang lain. Bayi Anda sudah bisa menunjukkan reaksi ketika ada suara yang muncul di lingkungan sekitar. Anda bisa mencoba dengan menirukan suara binatang dan pura-pura bersembunyi dari kejauhan.

Kondisi Emosi Bayi Ketika Perkembangan Bayi 10 Bulan

Bayi Anda sudah dapaty  menunjukkan rasa cemas yang berlebihan ketika bertemu dengan orang asing atau akan berpisah dengan orang tua. Untuk mengatasi hal ini maka orang tua bisa mengajak bayi untuk bersosialisasi dengan cara yang lembut dan cobalah sesekali meninggalkan bayi sendirian dengan orang lain di keluarga. Anda bisa mencoba cara ini dalam waktu yang sangat singkat. Ketika Anda melihat bayi menangis maka segera berikan pelukan atau kecupan untuk menenangkan bayi. Cara ini bisa melindungi bayi dari rasa trauma ketika merasa takut dan tidak nyaman.

Bayi Anda sesekali bisa menjadi sangat ramah terhadap orang asing dan bahkan mereka mulai menangis saat ditinggal orang yang sudah dekat. Bayi Anda sudah bisa mengulang berbagai isyarat atau perintah yang sering didengar dari lingkungan seperti suara orang tua. Sesekali bayi Anda juga akan merasa marah dan mulai menangis atau rewel.

Hal ini biasanya terjadi ketika mereka tertidur dan mendengar suara keras yang membuat bayi terbangun. Orang tua dapat membantu menenangkan bayi supaya dapat tidur lagi sehingga mereka tidak menjadi rewel. Pada perkembangan bayi 10 bulan ini memang peran orang tua sangat dibutuhkan dalam prosesnya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*