Perjalanan Jauh? Ini Cara Menjaga Perkembangan Janin

info ibu hamil www.facebook.com/ibudanbalita

Perkembangan janin harus dijaga dengan hati-hati. Untuk ibu rumah tangga, sepertinya akan lebih mudah bagi mereka untuk menjaga kesehatan janin yang ada di dalam kandungan. Lain hal dengan wanita karir apalagi yang harus sering perjalanan dinas ke luar kota.

Apakah ibu salah satu dari mereka yang harus menjaga kehamilan sementara tetap bekerja dan melakukan perjalanan dinas ke luar kota? Jika ya, apa yang ibu harus lakukan?

Bagi sebagian wanita, mereka akan lebih memilih menyerah dan resign. Apalagi sebelumnya mereka pernah mengalami keguguran lantaran padatnya pekerjaan dan seringnya perjalanan dinas ke luar kota. Dengan alasan tidak mau lagi keguguran, mereka berhenti dari pekerjaan.

Tentu itu pilihan. Namun, sebenarnya menjaga perkembangan janin itu tidak harus dijadikan alasan sehingga ibu harus keluar dari pekerjaan yang ibu jalani saat ini. Ibu hanya perlu cari tahu bagaimana cara menjaga kesehatan janin walaupun harus tetap bekerja dan bahkan melakukan perjalanan jauh ke luar kota.

Berikut beberapa tips agar ibu tidak perlu mengkhawatirkan tumbuh kembang janin dan ibu tetap bisa beraktivitas seperti biasa.

Duduk di Bangku Tengah

Jika ibu mendapatkan tugas dari atasan ibu untuk melakukan perjalanan dinas ke luar kota, ibu bisa memilih duduk di bangku mobil yang ada di tengah, yaitu bangku yang tidak langsung berada di atas ban mobil. Hal ini diperlukan agar goncang bisa diminimalisir.

Berbeda jika ibu duduk di bangku paling depan atau paling belakang. Maka goncangan sedikit saja akan terasa dan hal tersebut akan beresiko terhadap janin yang di dalam kandungan ibu.

Berhenti untuk Buang Air Kecil

Berapa jam yang harus ibu tempuh untuk mencapai tujuan? Jika lebih dari 2 jam, maka jangan sungkan untuk meminta supir untuk berhenti di rest area ketika ibu ingin buang air kecil. Ibu hamil akan lebih sering merasakan ingin buang air kecil karena tubuh memproduksi urin lebih banyak. Jadi, hal tersebut sangat wajar. Jangan sampai ibu menahan buang air kecil karena ibu bisa terkena infeksi saluran kandung kemih.

Membawa Air Putih dan Cemilan

Orang yang tidak sedang mengandung disarankan mengkonsumsi air putih 8 gelas setiap hari. Akan tetapi, bagi ibu hamil, diperlukan air putih lebih dari 8 gelas setiap hari. Air putih sangat penting untuk memastikan air ketuban cukup. Meskipun air putih tidak berpengaruh sangat signifikan, banyak ibu hamil yang kehabisan air ketuban dan akhirnya bayi harus dipaksa dilahirkan melalui operasi caesar akibat kurang mengkonsumsi air putih. Untuk itu, pastikan ibu membawa bekal berupa air putih selama perjalanan.

Selain itu, bawa juga cemilan. Pasalnya, ibu akan lebih cepat merasa lapar karena nutrisi yang ibu dapatkan dari makanan yang ibu konsumsi tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh ibu tapi juga janin. Oleh karena itu, ibu akan lebih sering merasa lapar. Di dalam perjalanan, ibu bisa mengkonsumsi cemilan sebagai penunda rasa lapar. Ketika sudah sampai tempat makan atau sudah sampai tujuan, ibu bisa makan makanan berat seperti nasi.

Itulah beberapa tips yang ibu bisa lakukan untuk memastikan tumbuh kembang janin baik walaupun ibu melakukan perjalanan jauh ke luar kota. Jadi, sebenarnya tidak ada alasan ibu harus keluar dari pekerjaan yang selama ini ibu lakukan hanya karena takut ada hal buruk yang menyebabkan terganggunya perkembangan janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*