Perilaku Khas Perkembangan Balita 1 Tahun Yang Paling Ditunggu Orang Tua

perkembangan balita 1 tahun www.ibudanbalita.com

Perkembangan balita 1 tahun ini umumnya sudah bisa melakukan apa saja? Tahap perkembanhan balita merupakan hal krusial yang sewajarnya akan diikuti juga oleh kemunculan kemampuan-kemampuan baru yang harus dimiliki oleh si kecil saat sudah mencapai usia tertentu. Terutama perkembangan balita satu tahun yang tentunya sayang sekali jika sampai Bunda lewatkan.

Pada usia ini, ada beberapa kemampuan si kecil yang secara alami sudah terlihat makin jelas, misalnya saja insting si kecil untuk bermain, memperlajari hal-hal baru yang ada di sekitarnya, mengucapkan sesuatu, serta melakukan tindakan-tindakan tertentu layaknya pada usia 1 tahun ini rasa keingin tahuan si kecil menjadi semakin meningkat.

Selain itu perkembangan batita 1 tahun lainnya terkait dengan emosi, kemampuan berkomunikasi, mental, kognitif, dan bergerak tentu saja berbeda dengan balita yang berusia di bawahnya. Maka dari itu, balita usia 1 tahun ini membutuhkan perhatian dari orang tuanya supaya tumbuh kembangnya berjalan dengan semestinya.

Kemampuan Yang Dimiliki Anak Usia 1 Tahun

Pada saat usia si kecil 1 tahun, si kecil kemungkian akan segera bisa berjalan secara bertahap. Bahkan ada bayi yang sudah dapat berjalan saat berusia 1 tahun ini. Kekuatan tulangnya yang sudah mampu menopang tubuhnya menjadikan anak usia satu tahun lebih banyak bergerak. Si kecil juga lebih sering berceloteh, dan umumnya akan lebih berisik daripada sebelumnya.

Selain aktivitasnya yang semakin meningkat, perkembangan anak satu tahun juga ditandai dengan kemampuan dalam merespon ucapan dari orang dewasa. Si kecil umumnya akan lebih mudah diajak berkomunikasi dua arah. Contohnya si kecil sudah mulai mampu untuk menunjukkan benda yang Anda ucapkan.

Selain itu, umumnya balita usia satu tahun ini sudah dapat diajari sopan santun, misalnya saja seperti mengucapkan terima kasih dan minta tolong. Si kecil juga akan lebih mudah untuk diarahkan.

Sedangkan bentuk kenakalan balita usia satu tahun ini adalah mendorong, melempar, dan memukul-mukul benda yang berada di sekitarnya. Namun meskipun demikian, ini termasuk juga merupakan perkembangan batita satu tahun.

Selain itu si kecil bisa saja dengan senang hati akan membuka lemari hanya untuk mengeluarkan semua benda yang ada di dalamnya lalu dijadikan untuk mainannya. Bahkan umumnya si kecil sudah mulai membentur-benturkan benda-benda yang berada di dekatnya.

Pada masa ini, si kecil akan tumbuh kesenangan di dalam dirinya ketika mendengarkan suara keras. Jadi sangat wajar bila si kecil sering melakukan hal-hal seperti ini. Ini merupakan hal yang wajar, jadi Bunda tidak perlu kaget.

Perkembangan Balita Usia 1 Tahun Yang Harus Disikapi Dengan Bijak

Perkembangan anak 1 tahun selain ditandai dengan hal-hal yang menyanangkan, ada beberapa perkembangan batita usia 1 tahun yang terkadang sampai membuat orang tuanya merasa kesal sendiri, Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Hobi Bilang Tidak

Membantah ini merupakan salah satu cara si kecil untuk menunjukkan self-autonomy. Ingat bahwa si kecil sedang belajar untuk membuat keputusan dan sebagai orang tua sudah menjadi keharusan untuk mendukung tugas belajarnya itu.

  1. Tantrum

Perlu Bunda pahami juga bahwa sebenarnya tantrum ini merupakan bentuk perkembangan anak balita 1 tahun, namun yang harus disikapi dengan cara yang tepat. Tetap tenang dan kenali penyebab balita tantrum.

Ada dua jenis dari tantrum, yakni tantrum aktif (protes dan sosial) dan tantrum pasif (merengak dan tidak kooperatif). Maka dari itu setiap tantrum pada balita umur 1 tahun ini butuh penanganan yang berbeda-beda.

  1. Tidak Ingin Berbagi

Bagi balita umur satu tahun ini berbagi sangat sulit untuk dilakukan. Anak balita umur satu tahun belum mengerti perbedaan antara berbagi suatu benda dengan meyerahkan kepemilikan atas benda itu. Untuk itulah dorong supaya si kecil mau berbagi.

  1. Dot adalah Teman Setiaku

Pada usia 1 tahun ini, seharusnya Bunda sudah mulai mengajarkan si kecil untuk lepas dari dot dan beralih ke gelas. Namun umumnya banyak para orang tua tua yang tidak tega saat si kecil menangis minta dotnya.

Padahal perkembangan anak usia 1 tahun lainnya seperti pertumbuhan gigi bisa terganggu jika si kecil mengisap dot terlalu lama. Selain itu perkembangan bicaranya juga bisa terpengaruh.

  1. Serba Takut

Saat Bunda mendapati balita umur 1 tahun yang memiliki kecenderungan penakut maka jangan dulu menjuluki balita Anda si penakut. Sebab rasa takut ini sebenarnya merupakan bagian dari tahapan perkembangan anak umur 1 tahun.

Kondisi seperti ini muncul sebagai kondisi alami yang akan membantu si kecil menyesuaikan diri dengan pengalaman baru dan juga menghadapi bahaya. Untuk itulah tugas Bunda adalah dukung si kecil untuk menjadi pemberani.

  1. Cemburu

Balita usia 1-2 tahun ini merasa dirinya merupakan pusat dunia, jadi wajar saja jika si kecil menginginkan seluruh perhatian tercurahkan hanya padanya dan segala sesuatu berjalan sesuai dengan keinginannya.

Membantu si kecil untuk mengolah rasa cemburu di usia ini bisa membantunya mengelola emosi serta bisa mengikis rasa cemburu yang kemungkinan besar akan dialaminya suatu saat nanti.

  1. Memukul dan Mencubit

Jangan heran jika si kecil sering memukul dan mencubit. Kondisi ini sangat wajar terjadi dan juga merupakan salah satu dari perkembangan balita umur 1 tahun. Si kecil umumnya belum paham bahwa memukul ataupun mencubit akan menyakiti orang yang dipukul ataupun dicubit.

Sebab si kecil belum tahu cara untuk mengekspresikan rasa marah, namun si kecil sudah mulai menyadari fungsi dan kekuatan tangannya. Si kecil belum bisa berbicara sehingga menggunakan bahasa tubuhnya. Hal seperti itu dilakukan hanya untuk menarik perhatian orang lain.

Perkembangan batita umur 1 tahun memang ada yang menyenangkan dan terkadang juga menjengkelkan. Untuk itulah sebagai orangtua Anda harus bisa menyikapi perkembangan balita 1 tahun ini dengan cara yang bijak.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*