Perhatikan Hal Sepele Berikut ini Sebagai Cara Tepat Menjaga Kesehatan Wanita Hamil

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Kesehatan wanita hamil tidak melulu seputar makanan sehat lho. Ada juga hal-hal yang kecil yang kelihatannya sepele namun besar sekali pengaruhnya terhadap kesehatan ibu hamil.

Ibu harus ingat bahwa menjaga kesehatan saat hamil itu bukan hanya menjaga kesehatan janin dalam kandungan saja lho. Ibu juga harus fokus terhadap kesehatan ibu sendiri. Pasalnya, kesehatan janin bisa terpengaruh jika kesehatan ibu terganggu.

Untuk itu, ibu tidak boleh menyepelekan semua hal yang berhubungan dengan kesehatan wanita hamil. Jangan terlalu sibuk juga dengan mencari makanan sehat untuk ibu hamil. Ibu juga harus tahu hal-hal sepele yang berpengaruh sangat signifikan terhadap kesehatan ibu hamil. Apakah ibu ingin tahu apa saja hal sepele tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Posisi Duduk

Jika ibu seorang wanita karir dan sebagian besar waktu ibu habiskan duduk di kursi, ibu harus perhatikan yang satu ini. Posisi duduk itu mempengaruhi kesehatan ibu saat mengandung juga lho. Tidak percaya?

Menurut ahli kesehatan ibu hamil, ada empat posisi duduk yang sangat tidak dianjurkan untuk ibu lakukan apalagi saat ukuran perut semakin besar, yaitu duduk membungkuk, duduk dengan kaki menggantung, duduk tanpa sandar, dan setengah duduk. Melakukan empat posisi duduk tersebut akan membuat kesehatan wanita hamil terganggu. Memang bukan janin yang akan terpengaruhi tapi ibu hamil itu sendiri. Tulang punggung akan merasa linu dan sering merasa capai.

Jika ibu seorang wanita karir dan ingin sekali selalu menjaga kesehatan, maka ibu sebaiknya menambahkan bantal pada bagian punggung agar posisi duduk ibu lebih nyaman. Jika ibu merasa nyaman, ibu akan tenang bekerja dan tidak mudah merasa capai.

Minum Air Putih

Jika selama ini ibu mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap hari, selama masa kehamilan, ibu harus mengkonsumsi lebih banyak lagi air putih. Setiap kali ibu beraktivitas, ibu harus selalu membawa air putih dalam botol.

Sebenarnya, tidak hanya jus buah dan susu ibu hamil saja yang bagus untuk menjaga kesehatan wanita hamil. Air putih pun tidak kalah penting. Dengan mengkonsumsi air putih, sistem penceranaan ibu hamil yang sering mengalami masalah bisa bekerja maksimal. Walhasil, semua nutrisi yang didaptkan dari makanan yang ibu konsumsi setiap hari akan terserap dengan baik oleh tubuh ibu dan juga janin dalam kandungan. Dan yang tak kalah penting, air putih juga menjaga kualitas serta kuantitas air ketuban dalam rahim yang memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap kesehatan bayi dalam kandungan.

Mendengarkan Musik

Salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil adalah perasaan yang sering berubah atau yang disebut dengan mood swings. Dan hal ini bisa diantisipasi dengan cara rileks.

Tentu banyak cara agar ibu bisa rileks. Salah satunya adalah mendengarkan musik. Bahkan, dengan mendengarkan musik, si kecil pun bisa mendengar dan musik bisa mempengaruhi perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Lalu, adakah hubungannya dengan kesehatan wanita hamil? Tentu saja ada. Kesehatan seorang wanita hamil sangat dipengaruhi oleh faktor psikologi. Jika ia sering stres, maka kesehatannya kemungkinan akan terganggu. Ia akan mengalami susah makan, kurang bersemangat, dan akibatnya tentu perkembangan janin dalam kandungan terganggu.

Tiga hal tersebut memang terlihat sepele, bukan? Akan tetapi, tiga kegiatan sepele tersebut bisa mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan serta kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*