Perhatikan Cara Memijat yang Benar Sebagai Bagian dari Perawatan Bayi

perawatan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Perawatan bayi itu tidak hanya seputar memandikan, memberi makanan dan susu bernutrisi tinggi, dan merawat kulit saja. Ibu modern juga harus tahu cara memijat si kecil. Saat ini layanan baby spa sangat digemari para ibu. Pasalnya, kesadaran mereka akan pentingnya kesehatan si kecil membuat mereka tergerak bahwa bayi perlu mendapatkan terapi berupa baby spa.

Sayangnya, tidak semua ibu memiliki waktu untuk mengajak ke baby spa apalagi ibu yang kesehariannya harus bekerja sementara si kecil dirawat oleh baby sitter. Untuk itu, ibu harus tahu bagaimana cara memijat bayi seperti yang dilakukan oleh therapist di baby spa. Berikut informasi selengkapnya.

Cara Memijat Kaki Bayi

Sebenarnya ibu bisa konsultasi anak online untuk menanyakan apapun keluhan atau informasi seputar kesehatan bayi. Akan tetapi, ibu harus tanya ke therapist jika ingin tahu bagaimana melakukan terapi berupa pemijatan tubuh bayi.

Untuk bagian kaki, ada cara tersendiri bagaimana cara memijat bagian tersebut. Jari yang sangat berperan melakukan pemijatan adalah jempol. Awalnya, ibu perlu mengusap jari kaki sampai pinggul secara pelahan. Lakukan beberapa kali. Kemudian, baru ibu bisa mulai pemijatan bagian telapak kai menggunakan jempol. Selanjutnya, ibu tarik jemari kaki satu persatu. Akan tetapi, pastikan tarikan tersebut tidak menyakiti bayi.

Dan yang paling penting adalah memjiat sekeliling pergelangan kaki. Lakukan pengusapan dan pemijatan pada area pergelangan kaki secara melingkar. Lakukan terus menerus sehabis mandi di pagi hari dan sore hari.

Cara Memijat Perut Bayi

Ada istilah unik tentang cara perawatan bayi dalam hal melakukan pemijatan bagian perut bayi, yaitu pemijatan I Love U. Ternyata, ini bukan nama dari pijatan bayi, namun istilah untuk menggambarkan bagaimana cara memijat bagian perut bayi.

Pemijatan I Love U artinya pemijatan dengan membentu huruf I-L-U. Untuk memijat bagian kiri bayi dan iga ke bawah, ibu harus membentuk huruf I. Selanjutnya huruf L untuk mengurut melintang dan kanan bayi ke ke kiri lalu turun ke bawah. Yang terakhir adalah membentuk huruf U. Caranya, urut dari kanan bawah kemudian naik ke atas melengkung membentuk U dengan cara turun ke bagian kiri bayi.

Mudah bukan? Dengan hanya mengingat huruf I L U, ibu bisa melakukan pemijatan yang benar untuk bagian perut bayi.

Cara Memijat Bagian Lengan

Memijat lengan bayi ini paling mudah dilakukan. Ibu hanya perlu memegang lengan sang buah hati dengan satu tangan sementara tangan yang satunya lagi menepuk-nepuk sepanjang lengan. Biasanya, bayi sangat senang sekali jika ibu mulai memijat lengan dengan cara ini.

Cara Memijat Bagian Kepala dan Wajah

Jika bayi ibu masih berusia 1-2 minggu, ibu perlu hati-hati memijat bagian kepala. Pasalnya, kepala bayi pada usia ini masih sangat empuk. Ibu perlu mengusap-usap bagian wajah dan kepala sang bayi menggunakan jari saja. Usap juga teling dan dahi bayi dengan menggunakan jempol. Lakukan berulang kali namun jangan terlalu keras menekannya.

Cara Memijat Bagian Punggung

Untuk bagian punggung, ibu hanya perlu menggerakkan tangan mulai dari punggung sampai pantat. Dalam hal ini, ibu perlu melakukan pijatan dengan membentuk lingkarang kecil pada tulang punggung.

Itulah cara yang tepat melakukan pemijatan pada bayi. Cara tersebut juga diterapkan oleh therapist di baby spa. Lakukan pemijatan setiap kali setelah mandi. Akan tetapi, ibu juga harus tetap melakukan perawatan bayi lainnya.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*