Perawatan Kecantikan yang Tidak Mengganggu Kesehatan Wanita Hamil

kesehatan wanita hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita

Kesehatan wanita hamil itu menentukan perkembangan janin dalam kandungan. Itulah mengapa penting sekali ibu harus benar-benar memperhatikan apa yang ibu makan dan minum setiap hari.

Sebagai wanita, ibu pasti ingin selalu tampil cantik. Apalagi jika ibu seorang wanita karir, penampilan itu hal yang sangat penting. Namun, jangan asal-asalan memilik kosmetik atau perawatan kecantikan. Pasalnya, tidak semua bahan yang digunakan untuk merawat kecantikan itu baik untuk ibu dan janin dalam kandungan. Artinya, ada bahan yang bisa membahayakan kesehatan wanita hamil dan janin yang ibu kandung.

Zat dalam Produk Kecantikan yang Perlu Dihindari

Terlalu banyak untuk menyebutkan produk apa saja yang boleh untuk ibu gunakan. Akan lebih efektif jika ibu tahu zat apa yang biasanya terkandung di dalam produk kecantikan namun berbahaya bagi perkembangan janin.

Salah satu zat berbahaya adalah retinoid. Mungkin ibu sudah tidak asing dengan nama zat ini. Retinoid merupakan zat yang biasanya terkandung di dalam produk kecantikan yang digunakan untuk menyamarkan tanda penuaan dini.

Sayangnya, menurut penelitian, retinoid ini termasuk zat yang bisa membahayakan kesehatan wanita hamil dan juga janin. Pasalnya, retinoid ini mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Memang vitamin A ini sangat diperlukan. Namun, jika kondisinya saat hamil, vitamin A yang berlebihan justru akan mengganggu perkembangan janin dalam kandungan.

Perawatan Kecantikan yang Aman untuk Wanita Hamil

Ada banyak sekali jenis perawatan kecantikan yang ada saat ini. Salah satunya adalah creambath. Tentu saja sangat menyenangkan ketika ibu merasa lelah mendapatkan perawatan ini. Ibu sangat rileks sambil rambut ibu dibersihkan dan mendapatkan pijatan.

Perawatan kecantikan yang satu ini tidak mempengaruhi kesehatan wanita hamil. Hanya saja, sebaiknya ibu tidak mendapatkan pijatan pada bagian punggung. Ibu bisa meminta untuk memijat bagian kepala dan bahu saja.

Harus ibu ketahui pada saat hamil, memijat bagian tubuh yang salah akan mengganggu perkembagan janin. Lebih parah lagi, pemijatan yang salah bisa mengakibatkan keguguran. Jadi, ibu harus hati-hati.

Selain creambath, perawatan kecantikan lainnya adalah facial. Selama masa kehamilan, tentu saja ibu tetap ingin tampil cantik dengan wajah yang cerah, bukan? Lalu, apakah facial termasuk perawatan yang diperbolehkan ketika hamil? Ternyata diperbolehkan. Dengan perawatan wajah ini, ibu akan tetap cantik dan segar setiap hari.

Bagaimana dengan manicure-pedicure? Untuk perawatan kecantikan yang satu ini, sepertinya ibu harus memperhatikan produk apa yang digunakan. Pasalnya, beberapa produk mengandung bau yang sangat menyengat. Jika terhirup, dikhawatirkan bau tersebut menggangu perkembangan janin dalam kandungan.

Untuk menghindari hal tersebut, ibu bisa memilih salon yang memiliki ventilasi yang bagus sehingga ibu tidak menghirup bau menyengat yang ditimbulkan oleh produk manicure-pedicure.

Menjaga kesehatan wanita hamil itu bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Banyak sekali informasi tentang makanan sehat dan baik yang mengandung gizi ibu hamil. Namun, jika ibu ingin benar-benar menjaga kesehatan kehamilan, ibu juga harus tahu juga tentang apa saja yang harus dihindari. Dalam hal perawatan kecantikan, ada produk yang harus ibu hindari seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Hanya saja jangan berpikir bahwa kehamilan membuat ibu terkekang karena tidak boleh melakukan hal ini dan hal itu. Jika ibu tahu bagaimana asyiknya menjadi ibu hamil, ibu tidak akan merasakan bahwa ibu dikekang. Dan hal tersebut hanya bisa ibu peroleh jika ibu tahu bagaimana cara menjaga kesehatan wanita hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*