Perawatan Kecantikan Bisa Mengganggu Kesehatan Ibu Hamil?

kesehatan ibu hamil https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Kesehatan ibu hamil bisa terganggu jika ibu salah dalam menggunkan kosmetik. Tentu saja bukan berarti ibu tidak bisa tampil cantik saat hamil. Ibu boleh saja menggunakan kosmetik dan mendapatkan perawatan kecantikan saat ibu sedang mengandung. Hanya saja, harus diperhatikan perawatan seperti apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Ibu harus memahami apapun yang ibu lakukan bisa saja berimbas pada kesehatan janin yang sedang ibu kandung. Tidak hanya makanan dan minuman, perawatan kecantikan yang ibu lakukan juga bisa berpengeruh terhadap kesehatan ibu hamil terutama kesehatan bayi di dalam rahim.

Itulah mengapa seorang ibu hamil harus bijak memilih perawatan kecantikan.

Hindari Sauna

Salah satu perawatan kecantikan yang sering dilakukan oleh para kaum hawa adalah sauna. Dahulu, sauna sering dijadikan sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Sekarang ini, sudah ada sauna yang didesain untuk merawat kecantikan kulit secara keseluruhan.

Sayangnya, sauna merupakan perawatan kecantikan yang sebaiknya tidak ibu lakukan saat hamil. Hal ini disebabkan hawa panas ketika ibu berada di ruang sauna dikhawatirkan membuat kesehatan janin terganggu. Mungkin saja tidak ada masalah dengan kesehatan ibu hamil. Hanya saja, bagaimana dengan janin?

Apalagi sauna yang menggunakan arometarapi. Memang aromaterapi itu sangat baik karena bisa membuat ibu rileks. Akan tetapi, ibu harus ingat ada janin yang ibu kandung saat ini. Apa yang ibu hirup itu juga berpengaruh seperti halnya apa yang ibu konsumsi.

Massage

Perawatan itu tidak hanya seputar pengaplikasian kosmetik. Saat ini, ada juga massage yang dibuat sebagai cara untuk merawat kecantikan. Biasanya, massage ini menggunakan bahan tertentu. Jadi, tidak hanya pijatan yang dilakukan, tapi juga penggunaan bahan atau produk tertentu.

Sebenarnya massage saja tidak diperbolehkan lho jika ibu sedang hamil. dikhawatirkan ada jaraingan urat tertentu yang justu membahayakan bagi rahim. Apalagi massage yang dilakukan dengan cara mengaplikasikan bahan atau produk tertentu. Tentu hal tersebut sebaiknya dihindari untuk mengantisipasi memburuknya kondisi kesehatan ibu hamil.

Beberapa Kosmetik yang Dilarang

Mungkin saat ibu sedang hamil, ibu bisa mempraktekkan apakah ibu bisa tampil cantik tanpa kosmetik atau makeup. Apalagi ternyata ada bahan-bahan tertentu yang terkandung di dalam kosmetik yang bisa mengakibatkan hal buruk terhadap kesehatan ibu hamil, seperti aksibenzon dan parabens.

Agar ibu tetap cantik, sebenarnya ibu cukup rajin mencuci muka saja. Gunakan pakaian yang stylish khusus untuk ibu hamil. Saat ini, banyak sekali pakaian ibu hamil yang tak kalah modis dengan pakaian lainnya. Dengan demikian, ibu tidak perlu menggunakan kosmetik yang justru memuat bahan yang tidak baik untuk kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Sebenarnya, tidak semua kosmetik itu berakibat buruk terhadap kesehatan ibu hamil dan juga kesehatan janin. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika ibu melakukan antisipasi dengan cara meminimalisir penggunaan kosmetik. Gunakan cara lain agar tetap tampil tanpa harus menggunakan kosmetik.

Banyak orang yang bilang wanita itu tampil lebih cantik saat hamil. Ia lebih seksi dengan kondisi perut yang membesar. Pendapat tersebut mungkin berkaitan dengan inner beauty yang muncul saat seorang wanita sedang hamil.

Jadi, jika ibu sedang hamil sekarang, ini merupakan waktu yang tepat untuk mencari tahu bagaimana memunculkan inner beauty, yaitu tampil cantik tanpa makeup. Apalagi ternyata tidak sedikit perawatan kecantikan sekarang ini justru beresiko mengganggu kesehatan ibu hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*