Perawatan Bayi yang Tepat Saat Kulitnya Bermasalah

perawatan bayi https://www.facebook.com/ibudanbalita

Perawatan bayi itu tidak mudah, namun tidak juga terlalu susah. Ibu harus rajin atau istilah jawanya telaten untuk menjaga kesehatan bayi. Untuk masalah kulit bayi, ibu harus tahu cara perawatan yang tepat. Sayangnya, ada beberapa cara yang sudah dilakukan oleh ibu-ibu terdahulu yang ternyata tidak baik untuk kesehatan kulit bayi, apalagi jika kulit bayi tersebut bermasalah.

Permasalahan yang sering terjadi pada kulit bayi adalah kulit yang sensitif. Hal ini bisa dilihat dari respon kulit terhadap lingkungan atau produk seperti bintik merah. Itu menunjukkan bahwa kulit bayi ibu sensitif.

Untuk itu, ibu harus tahu cara menangani masalah kulit sensitif balita ibu. Jangan sampai ibu hanya mengikuti saran dari orang tua tanpa tahu uji ilmiahnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada cara perawatan kulit bayi yang ternyata salah menurut ahli kesehatan kulit balita.

Mandikan dengan Air Hangat

Perawatan bayi yang sangat penting adalah memandikan dengan menggunakan air hangat. Meskipun ibu tinggal di daerah pesisir pantai yang udaranya sangat panas, ibu harus tetap menggunakan air hangat untuk memandikan buah hati.

Suhu tubuh bayi dengan orang dewasa itu berbeda. Meskipun ibu merasa panas karena berada di daerah pesisir, bukan berarti bayi membutuhkan air dingin seperti orang dewasa.

Akan tetapi, air untuk mandi tersebut jangan terlalu panas dan jangan pula terlalu dingin. Air yang hangat sangat penting untuk menjaga kelembutan kulit bayi, apalagi kulitnya masih sensitif.

Jangan Menaburkan Bedak Bayi Pada Wajah

Menarbukan bedak pada wajah bayi sudah menjadi hal yang lumrah karena sudah dilakukan oleh orang tua terdahulu. Kelihatannya memang wajar. Tapi ternyata hal tersebut sangat beresiko untuk kulit sang bayi.

Jika wajah bayi ibu ditaburi dengan bedak, maka ada kemungkinan bedak tersebut akan mengering sehingga bisa dijadikan berkembangnya kuman. Selain itu, sebenarnya tidak ada gunanya menaburkan bedak pada wajah bayi.

Umumnya, para orang tua terdahulu menganggap menaburkan bedak pada wajah merupakan salah satu perawatan bayi. Mereka ingin bayinya terlihat putih dan bersih dengan bedak tersebut. Memang, bayi waktu lahir wajahnya masih berwarna merah dan bahkan cenderung gelap. Namun, bukan berarti dengan menaburkan bedak membuat kulit wajah menjadi cerah.

Mulai sekarang ibu harus menghindari dari menaburkan bedak pada wajah buah hati ibu sampai umur berapapun.

Cara Membersihkan Alat Kelamin

Perawatan bayi penting lainnya adalah perawatan kulit kelamin. Ada bedanya antara cara membersihkan alat kelamin bayi laki-laki dan bayi perempuan. Jika ibu memiliki bayi laki-laki, maka ibu harus menarik kulupnya pelan-pelan sampai terlihat lubang kencingnya. Baru setelah itu ibu basuh dengan waslap yang sudah di basahi dengan air hangat.

Sementara itu, untuk bayi perempuan, ibu tinggal membasuh alat kelamin depan dan menuju ke belakang dengan menggunakan waslap basah.

Jika bayi ibu selesai buang air besar, ibu sebaiknya membersihkan duburnya menggunakan air yang mengalir. Jika tidak ada air yang mengalir karena mungkin dalam perjalanan, ibu bisa menggunakan tisu basah. Namun, pastikan tisu basah tersebut tidak mengandung alkohol karena justu tisu basar beralkohol akan membuat kulit bagian dubur iritasi.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya ibu ketahui mengencai cara perawatan kulit bayi khususnya kulit sensitif. Tentunya, tidak hanya informasi di atas saja yang perlu ibu ketahui. Ibu juga harus mengupdate informasi terbaru mengenai perawatan bayi.

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*