Perawatan Bayi yang Sedang Mengalami Pilek atau Hidung Tersumbat

perawatan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Perawatan bayi tidak bisa disamakan dengan perawatan orang dewasa. Seperti ketika bayi mengalami masalah hidung tersumbat atau pilek, ibu tidak boleh memberikan obat pilek meskipun ada obat yang sudah diramu oleh ahli obat-obatan untuk mengobati pilek pada bayi.

Yang jelas, sebaiknya ibu tidak boleh berpikir memberikan obat apapun itu jenisnya, entah obat kimiawi maupun herbal. Terlepas berapa kadar zat yang ada pada obat tersebut, ada baiknya ibu menghindari memberikan obat kepada bayi.

Berikut beberapa hal yang bisa ibu lakukan sebagai langkah menangani masalah pilek yang menyerang bayi ibu. Lakukan sesuai petunjuk berikut ini.

Penguapan

Ibu pernah mendengar istilah penuapan? Sebagian besar masyarakat memahami bahwa penguapan itu menggunakan alat khusus yang dimiliki oleh therapist. Ternyata, ibu sendiri bisa melakukan penguapan sebagai cara perawatan bayi ketika mengalami pilek.

Caranya cukup mudah. Ibu cukup mempersiapkan satu ember air panas yang ditetesi dengan minyak telon. Tempatkan di kamar agar uang air panas yang sudah dicampur minyak telon tersebut bisa memenuhi kamar. Ibu bisa sambil menggendong si kecil agar badannya menjadi hangat dan pilek segera sembuh.

Langkah ini tidak perlu ibu lakukan dengan pengawasan tenaga medis. Siapapun bisa mempraktekkan cara ini ketika bayi mengalami pilek.

Mandi dengan Air Hangat dan Jemur di Pagi Hari

Cara di atas bisa ibu terapkan ketika malam hari ini sehingga si kecil bisa tidur lelap karena hidungnya tidak lagi tersumbat. Hanya saja, ibu bisa melakukan cara lain agar bayi tidak bosan.

Berdiam di dalam kamar tentu saja tidak dianjurkan. Ibu bisa membawa keluar rumah di pagi hari ketika jarum jam belum menunjuk angka 9. Sinar matahari pagi jelas sangat efektif meredakan pilek.

Namun, sebelum membawa keluar si kecil, sebaiknya ibu memberikan perawatan bayi lainnya berupa memandikan menggunakan air hangat. Mandi air hangat serta berjemur di pagi hari merupakan satu paket cara alami untuk mengatasi pilek.

Larutan Garam

Cara yang satu ini terbilang paling susah. Pasalnya, ibu harus memasukkan larutan yang sudah dicampur dengan garam ke dalam mulut sang bayi. Ada baiknya jika ibu konsultasi anak online terlebih dahulu untuk memastikan ibu tahu persis cara yang benar.

Sederhananya, ibu hanya perlu melarutkan setengah sendok makan garam ke dalam gelas yang sudah diisi air hangat. Kemudian, dua atau tiga tetes air tersebut dimasukkan ke dalam hidung.

Jika ibu belum pernah melakukan perawatan bayi yang satu ini, sebaiknya ibu tidak melakukan sendiri. Akan lebih baik jika ibu meminta bantuan rekan atau saudara yang pernah melakukan treatment semacam ini.

Itulah tiga cara yang bisa ibu lakukan untuk meredakan hidung tersembat atau pilek. Cara tersebut sangat alami dan sama sekali tidan membutuhkan obat yang mengandung kimiawi. Pada dasarnya, jika bayi ibu sakit, itu berarti pertahanan tubuh atau immune system sedang berkembang. Pada tahap itu, jika ibu memberikan obat, maka pertahanan tubuh si kecil tidak bisa berkembang maksimal karena ibu memberikan bantuan berupa obat-obatan.

Alasan itulah mengapa apapun penyakitnya sebaiknya ibu menghindari memberikan obat, entah kimiawi maupun herbal. Tentu saja ada banyak sekali masalah kesehatan yang akan dihadapi oleh bayi selain pilek. Ibu harus mengupdate informasi terbaru tentang perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*