Perawatan Bayi untuk Menjaga Kesehatan Kulit Si Kecil

perawatan bayi https://www.facebook.com/ibudanbalita

Perawatan bayi tidak boleh asal-asalan. Khusus untuk merawat kulit bayi, ibu harus tahu bagaimana cara yang tepat. Bayi memiliki kulit yang tipis dan sangat sensitif. Oleh karena itu, ibu harus sangat hati-hati memberikan perawatan pada kulit bayi.

Jika ibu ingin tahu bagaimana merawat bayi yang tepat, berikut tips yang bisa ibu terapkan untuk memastikan kulit si kecil tetap lembut dan sehat.

Tips Merawat Kulit Bayi

Pertama-tama, usahakan ibu selalu memandikan bayi menggunakan air hangat. Meskipun ibu tinggal di daerah panas, bukan berarti ibu memandikan sang buah hati dengan menggunakan air dingin. Tetap saja ibu harus memandikan bayi menggunakan air hangat. Karena hanya dengan air hangalah kelembaban kulit si kecil terjaga.

Perawatan bayi selanjutnya adalah menggunakan sabun dengan pH yang rendah. Sekarang ini ada banyak sekali sabun bayi dengan berbagai merk. Namun, pastikan ibu memilih sabun bayi dengan pH yang rendah, yaitu sekitar 4,5 sampai 5.

Setelah memandikan dengan air hangat, ibu harus mengeringkan badan si kecil menggunakan handuk yang lembut. Dalam hal ini, jangan sampai masih ada air pada kulit si kecil karena hal tersebut bisa membuat kulit mudah iritasi. Pasalnya, jika kulit bayi tidak benar-benar kering, kemungkinan jamur akan berkembang pada kulit tersebut.

Untuk menjaga kelembutan kulit sang buah hati, taburkanlah bedak khususnya pada bagian ketiak, leher, dan kelamin. Untuk bayi yang memiliki kulit yang sangat sensitif, ibu bisa mengoleskan lotion khusus untuk bayi dengan kulit sensitif. Lotion ini akan menjaga kelembaban kulit si kecil.

Namun, yang tak kalah pentingnya lagi adalah pemilihan baju yang tepat untuk bayi. Pastikan baju yang ibu pilih terbuat dari bahan yang ringan. Selain itu, baju bayi juga sebaiknya memiliki pori-pori sehingga bayi tidak mudah terasa panas. Salah satu bentuk dari perawatan bayi khususnya perawatan kulit adalah memastikan agar keringat bisa keluar. Oleh karena itu, baju bayi harus ringat dan memiliki berpori-pori sehingga bayi merasa nyaman walaupun pada cuaca panas.

Selain bahan, ibu juga harus memastikan jahitannya minimalis. Ini sangat penting karena baju bayi dengan jahitan yang minimalis tidak terlalu tebal sehingga bayi tidak merasa terlalu berat untuk memakai bayi ini.

Itulah beberapa tips yang bisa ibu terapkan agar kulit bayi selalu lembut dan sehat. Lalu, bagaimana jika kulit bayi besisik dan kering? Berikut tips mengatasi masalah kulit bayi besisik dan kering.

Cara Mengatasi Masalah Kulit Bayi Kering

Ada beberapa hal yang berbeda dalam hal perawatan bayi. Jika pada tips sebelumnya ibu harus memandikan bayi menggunakan air hangat, ibu sebaiknya menghindari menggunakan air hangat jika kulit bayi kering. Pasalnya, air hangat justru membuat kulit bayi semakin kering.

Memberikan pelembab khusus untuk bayi dengan kulit kering menjadi solusi yang paling efektif. Hanya saja, ibu harus pastikan produk tersebut tidak mengandung bahan pewangi kimia.

Namun, yang tak kalah penting, ibu harus memilihkan baju yang memiliki sirkulasi udara lebih banyak. Baju seperti ini akan membuat bayi sehat dan kulit tidak kering. Karena pada dasarnya sirkulasi udara akan mencegah beberapa masalah kulit terutama kulit besisik dan kering.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi ibu. Semoga dengan menerapkan tips tersebut di atas, ibu bisa menjaga kesehatan kulit sang buah hati. Selalu perkaya wawasan tentang bagaimana menjaga kesehatan si kecil dengan mengetahui update terbaru seputar info perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*