Perawatan Bayi seperti Apa yang Harus Ibu Lakukan Setelah Pulang dari Rumah Sakit

perawatan bayi www.facebook.com/ibudanbalita

Perawatan bayi memang terlihat mudah. Namun, jika ibu baru pertama kali memiliki bayi, maka ibu akan merasakan susahnya merawat bayi sendiri di rumah.

Akan tetapi, ibu tidak perlu khawatir. Setidaknya ada 4 poin penting yang sebaiknya ibu lakukan terkait dengan tips perawatan bayi. Apa saja keempat poin tersebut?

  • Jangan Tunda Mengganti Popok

Jika si kecil sudah lahir ke dunia, bersiaplah untuk membeli popok. Pastikan stock popok untuk si kecil banyak. Ini sangat penting karena ibu akan sering sekali mengganti popok.

Dalam hal ini, ibu tidak boleh terlalu lama menunda mengganti popok. Artinya, jika si kecil sudah kecing atau BAB, maka segeralah mengganti popok yang baru. Pasalnya, jika ibu menuda, maka si kecil akan mengalami ruam. Lebih dari itu, bisa saja kulit si kecil bagian pantat akan mengalami infeksi. Tentu ibu tidak ingin hal tersebut terjadi pada si kecil, bukan?

Harus dipahami juga bahwa kulit si kecil itu masih sangat sensitive sehingga jika ibu menunda mengganti popok, kulit si kecil akan mengalami masalah.

  • Menidurkan Bayi di Pelukan

Apakah ibu sudah diajarkan orang tua ibu bagaimana menggendong bayi? Menggendong bayi juga termasuk bagian dari perawatan bayi. Hal ini dikarenakan jika salah dalam menerapkan cara menggendong bayi, maka hal tersebut akan berimbas pada kesehatan bayi.

Menidurkan bayi dengan cara menggendongnya merupakan cara yang tepat agar si kecil merasa nyaman sehingga mudah untuk tidur. Lebih dari itu, cara ini juga sebagai cara yang paling efektif untuk merekatkan hubungan emosional antara ibu dan bayi.

Lalu, bagaimanakah cara menggendong bayi yang tepat? Sebenarnya yang paling direkomendasikan adalah menggendong bayi dengan posisi seperti kangguru menggendong bayinya. Jadi, kepala berada di dada ibu dengan posisi seperti berdiri. Apakah ibu pernah mempraktekkan menggendong bayi seperti ini?

  • Hati-Hati Menjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Memang salah satu tips perawatan bayi adalah mengajak si kecil keluar rumah di pagi hari agar ia mendapatkan kebaikan dari sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D paling banyak yang akan mempengaruhi perkembangan tulangnya.

Namun, bukan berarti ibu bisa asal-asalan saja membawa keluar si kecil di pagi hari. Ibu harus perhatikan waktunya. Jangan sampai sinar sudah begitu panas. Itulah sebaiknya ibu menjemur si kecil sekitar pukul 7-8 pagi. Selain itu, jemur si kecil cukup 15 menit saja.

  • Atur Jadwal Tidur

Berapa kali si kecil tidur? Jika si kecil susah tidur, itu tandanya ibu harus memberikan perhatian penuh. Tidur yang nyenyak merupakan tanda bahwa ibu sudah menerapkan perawatan bayi yang tepat. Ia merasa nyaman sehingga ia bisa tidur dengan mudah. Biasanya, si kecil tidur di pagi hari setelah ibu mandikan, di siang hari sekitar jam 12, dan di malam hari sekitar jam 6. Jika si kecil justru susah sekali tidur di malam hari, maka penting bagi ibu untuk memeriksakan kesehatannya. Jangan-jangan ada sesuatu yang mengganggu si kecil sehingga susah tidur.

Jadi, itulah 4 hal yang perlu ibu perhatikan dalam merawat bayi. Mulai sekarang, ibu harus lebih giat dalam mencari informasi seputar perawatan untuk bayi dan juga nutrisi balita agar ibu siap menjadi ibu yang baik bagi perkembangan si kecil. Jadi, bersiaplah menjadi ibu yang baik dengan cara memahami banyak hal seputar perawatan bayi.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*