Perawatan Bayi Kuning yang Paling Efektif untuk Menurunkan Bilirubin

perawatan bayi https://www.facebook.com/ibudanbalita

Perawatan bayi harus benar-benar hati-hati jika tingkat bilirubinnya tinggi. Bayi yang lahir dengan tingkat bilirubin yang sangat tinggi sering disebut dengan bayi kuning. Dalam kasus ini, diperlukan pengetahuan yang cukup tentang bagaimana cara merawat bayi kuning.

Apakah ibu melahirkan bayi dengan bilirubin tinggi? Jika ya, ada beberapa hal yang harus ibu lakukan dalam hal perawatan bayi kuning. Apa saja itu? Berikut informasi selengkapnya.

Langkah-Langkah Merawat Bayi Kuning

Sebenarnya, tidak ada yang berbeda antara perawatan bayi kuning dengan bayi yang normal. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai perawatan khusus untuku bayi kuning.

Salah satunya adalah membawa bayi untuk berada di luar rumah untuk dijemur di bawah matahari pagi. Hal ini pun sangat baik untuk bayi yang tidak mengalami penyakit kuning. Hanya saja, untuk bayi kuning, menjemurnya di bawah cahaya matahari pagi merupakan perawatan bayi yang wajib ibu lakukan. Pasalnya, matahari pagi akan membuat tingkat bilirubinnya turun secara drastis.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ibu menjemur bayi ibu. Yang pertama, sebaiknya ibu tidak menjemurnya terlalu pagi atau terlalu siang. Udara yang terlalu dingin di pagi hari atau terlalu panas di siang hari jelas tidak baik bagi kesehatan bayi. Oleh karena itu, disarankan agar ibu menjemur si kecil pada waktu sekitar jam 7-9 pagi. Jangan pula terlalu lama menjemur si kecil. cukup 10-15 menit saj .

Selain itu, ibu juga sebaiknya menyiapkan kain untuk menutup mata si kecil. Hal ini diperlukan agar mata si kecil tidak terkena sengatan sinar matahari yang bisa berakibat buruk terhadap penglihatannya.

Tips perawatan bayi kuning selanjutnya adalah memberikan ASI lebih banyak. Bagaimana jika ibu tidak bisa mencukupi kebutuhan ASI? Ini yang menjadi persoalan besar. Usahakan ibu bisa memberikan ASI yang banyak untuk si kecil karena ASI lah yang menjadi obat penyakit kuning. Makanlah makanan yang sehat selama menyusui agar produksi ASI lebih lancar. Jangan lupa juga mengkonsumsi susu ibu hamil agar nutrisi yang ibu butuhkan selama masa menyusui terpenuhi.

Sebenarnya, dua langkah tersebutlah yang paling penting untuk ibu lakukan sebagai cara agar bilirubin turun sehingga bayi sehat. Penyakit kuning ini sangat penting sekali untuk ditangani mengingat dampak buruk yang bisa terjadi jika si kecil tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Dampak Buruk Penyakit Kuning

Beruntung bagi ibu yang memiliki bayi sehat. Hanya saja, ibu harus bersabar jika bayi lahir dengan tingkat bilirubin tinggi. Perawatan yang khusus jelas dibutuhkan agar dampak buruk tidak terjadi. Beberapa dampak buruk yang menjadi efek dari penyakit kuning adalah keterlambatan tumbuh kembang bayi, sistem saraf yang kurang optimal, serta demam tinggi yang menyebabkan kejang.

Tentu saja sebagai orang tua, ibu tidak ingin hal tersebut terjadi pada si kecil, bukan? Oleh karena itu, terapkanlah tips perawatan bayi kuning, yaitu menjemur si kecil di bawah terik sinar matahari pagi dan memberikan ASI yang banyak. Jika tingkat bilirubinnya tidak kunjung turun, segera hubungi dokter agar segera mendapatkan treatment lain seperti perawatan fototerapi.

Yang jelas, ibu tidak perlu takut jika ternyata takdir mengatakan bayi ibu lahir dalam keadaan menderita penyakit kuning. Yang perlu ibu lakukan adalah merawat agar bayi ibu ibu sembuh dari penyakit kuning dengan cara menerapkan tips tentang perawatan bayi kuning.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*