Perawatan Bayi Efektif Mengatasi Ruam Popok

Perawatan Bayi https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Perawatan bayi dilakukan agar kesehatan si kecil selalu terjaga. Khususnya untuk kesehatan kulit, ibu harus ekstra hati-hati. Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif sehingga mudah sekali terkena masalah. Contohnya saja ruam popok. Jika masalah ini tidak dihindari, bukan tidak mungkin bayi akan sering rewel dan ibu sendiri yang akan repot nantinya.

Untuk kali ini, ibu harus tahu bagaimana memberikan perawatan bayi agar terhindar dari ruam popok. Berikut beberapa hal yang sebaiknya ibu lakukan.

Mengganti Popok Secara Berkala

Ruam popok atau yang sering disebut dengan peradangan pada bagian kulit yang tertutup popok disebabkan oleh bakteri. Bakteri tersebut muncul karena air seni atau tinja si kecil. Keadaan tersebut semakin diperparah ketika kulit yang tertutup popok mengalami lembab. Bakteri akan semakin mudah berkembang dan akan mengakibatkan ruam popok.

Itulah mengapa mengganti popok secara berkala itu sangat diperlukan. Meskipun popok mampu menyerap air seni si kecil, bukan berarti ibu tidak perlu mengganti. Jika sudah cukup lama sekitar 2-3 jam, sebaiknya ibu mengganti popoknya. Ini merupakan hal terpenting dari perawatan bayi agar terhindar dari ruam popok.

Apalagi jika si kecil buang air besar. Sebaiknya ibu tidak perlu menunggu lebih lama. Langsung saja ibu mengganti popok. Pasalnya, terdapat bakteri yang sangat banyak pada tinja si kecil. Selain mengakibatkan ruam popok, tentu si kecil tidak nyaman jika terdapat tinja pada popok.

Bagaimana jika di malam hari? Tidak alasan untuk tidak mengganti popok karena inilah cara merawat bayi yang paling efektif untuk menghindari dan juga mengatasi ruam popok. Usahakan sebelum si kecil tidur ibu sudah mengganti popok yang baru. Jika di malam hari kelihatannya sudah penuh dengan air seni atau tinja, sebaiknya ibu pelan-pelan mengganti popok sehingga si kecil tidak terbangun.

Tidak Perlu Menggunakan Bedak

Salah satu manfaat menaburkan bedak pada kulit yang tertutup oleh popok adalah agar kulit senantiasa segar dan tidak lembab. Dengan demikian, ruam popok bisa dihindari.

Akan tetapi, jika si kecil sudah terkena ruam popok, sebaiknya ibu tidak menaburkan bedak. Bukannya ruam popok akan sembuh tapi keadaan justru semakin parah.

Memastikan Bagian Pantat Si Kecil Kering Setelah Dimandikan

Perawatan bayi yang satu ini biasanya yang terlewatkan. Apalagi saat bayi sudah mulai bisa bergerak sehingga susah sekali jika badannya akan dikeringkan setelah mandi. Walhasil, masih ada air pada bagian pantat si kecil.

Jika hal tersebut terjadi terus menerus, maka mudah sekali bakteri berkembang sehingga mengakibatkan ruam popok. Untuk itu, ibu harus pastikan mengeringkan kulit yang tertutupi popok untuk menghindari ruam popok.

Apakah ada produk tertentu yang bisa mengatasi ruam popok? Memang ada dan biasanya berbentuk salep. Ibu bisa mengoleskan salep tersebut sebagai bagian dari perawatan bayi juga.

Namun, yang paling penting adalah bagaimana ibu menjaga kesehatan bagian patat si kecil. Pastikan ibu memperhatikan bagian tubuh yang satu ini setiap kali ibu selesai memandikan si kecil. Dengan demikian, ibu bisa melakukan antisipasi jika ada tanda-tanda munculnya ruam popok.

Agar ibu tahu lebih banyak mengenai ruam popok, ibu bisa membaca hal-hal apa saja yang bisa ibu lakukan agar si kecil benar-benar terhindar dari masalah terserbut. Ibu bisa temukan penjelasan lebih lanjut mengenai perawatan bayi ini.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*