Perawatan Bayi dengan Memberikan Pijatan Relaksasi. Yuk Pelajari Bagaimana Caranya

Perawatan Bayi https://www.facebook.com/ibudanbalita/

Tidak hanya dukun bayi atau therapist saja yang bisa melakukan pijatan. Ibu pun bisa memberikan perawatan bayi seperti ini sendiri di rumah. Asal ibu tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, maka ibu bisa memberikan pijatan kepada bayi ibu sendiri di rumah.

Rasa khawatir tentu saja ada. Apalagi jika ibu tidak memiliki pengalaman memijat bayi. Karena memijat bayi itu berbeda dengan memijat orang dewasa. Memijat bayi harus hati-hati karena struktur tubuh terutama tulangnya masih sangat lunak.  Jika salah memijat, bisa jadi bayi ibu justru merasa kesakitan.

Akan tetapi, sebagai seorang ibu pasti ingin sekali memberikan perawatan kepada bayi sendiri. Dan ibu bisa memberikan pijatan sendiri. Berikut ini langkah yang harus ibu lakukan.

Pijatan Pada Tungkai

Kenapa tungkai lebih dahulu? Karena area ini dianggap sebagai area yang tidak begitu sensitif. Jadi, bisa dikatakan memijat tungkai merupakan warning up.

Caranya sangat mudah. Mulailah dengan menuangkan sedikit minyak pada tungkai lalu pijat lembut hingga betis dan telapak kaki. Ibu bisa menggunakan ibu jari untuk memijat bagian ini.

Jangan lupa untuk memijat bagian jari kaki si kecil. Tarik dengan lembuat setiap jari kaki dengan menggunakan jari telunjuk ibu.

Pijatan Bagian Dada

Ini yang ibu harus lebih perhatikan. Memijat bagian dada bayi harus dimulai dari atas jantung bayi. Lalu, pijatlah area tersebut ke luar. Ibu hanya perlu menekan dada bayi secara lembut dengan menggunakan telapak tangan saja.

Ibu bisa melakukan gerakan tersebut berulang-ulang kali.

Pijatan Bagian Lengan

Ada dua hal yang penting ketika memberikan memijat bagian ini.  Yang pertama, memberikan pijatan seperti yang ibu lakukan pada bagian dada dan tungkai. Lakukan mulai dari bagian atas sampai ke pergelangan tangan.

Yang kedua, ketika sudah sampai ke pergelangan tangan, putar dengan pelan-pelan bagian pergelangan tangan.

Pijatan Bagian Punggung

Bagian punggung bayi bisa ibu pijat dengan cara membuat si kecil tengkurang terlebih dahulu. Pijat seluruh area punggung dari atas hingga bagian bokong. Khusus untuk bagian bahu bayi, ibu harus memberikan pijatan tersendiri karena bagian itulah yang sering merasa tegang dan kaku.

Sekarang ibu sudah tahu kan bagaimana memberikan perawatan untuk bayi berupa pijatan? Jika ibu rajin memberikan pijatan kecil setiap hari, bayi ibu akan lebih pulas tidurnya. Jika ia sudah mengkonsumsi makanan, ia makan lebih banyak dari biasanya.

Pijatan tersebut pada dasarnya untuk membuat sistem perederan tubuh bayi lancar. Dengan demikian, ia merasa nyaman, makan lebih enak, dan tidur lebih lelap.

Selain itu, pijatan juga akan membuat si kecil tidak pegal. Apalagi jika bayi ibu sudah mulai bergerak seperti merangkak atau bahkan berdiri dan berjalan, maka ibu harus lebih sering memberikan pijatan. Karena pada saat ia mulai bergerak, ada bagian sendi yang mungkin terganggu.

Pijatan bisa ibu lakukan setiap kali setelah memandikan sang buah hati. Dan ketika ia terlelap, ibu bisa memberikan pijatan khusus pada bagian kaki saja.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk ibu. Semakin banyak ibu mengetahui tentang bagaimana merawat  bayi maka semakin baik ibu menjaga kesehatan sang buah hati. Jadi, jangan berhenti mencari informasi tentang perawatan untuk bayi agar ibu menjadi orang tua yang baik untuk sang buah hati.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*