Peran orang tua dalam perkembangan bayi 5 bulan

perkembangan bayi 5 bulan www.awalsehat.nestle.co.id

Orang tua akan selalu ada mendampingi anak tumbuh kembang. Ungkapan ini tentu sangat tepat untuk menggambarkan hubungan ayah dan bunda dengan malaikat kecil mereka. Tentu saja, sesi pendampingan ini termasuk pada saat perkembangan bayi 5 bulan. Bak tong kosong berbunyi nyaring, Inisiatif untuk terus mencari pengetahuan adalah salah satu tanda anda adalah ayah atau bunda yang baik, karena meski telah ada kasih sayang sebagai peran perkembangan bayi 5 bulan, namun fakta secara medis tetap diperlukan agar kesalahan langkah dapat diminimalisir.

Ketidak tahuan bukan anugrah yang bisa dibanggakan. Oke, mari kita mulai belajar perkembangan bayi 5 bulan.

Mata, hadiah tuhan untuk manusia berupa indera pengelihatan ini sudah makin menunjukkan peningkatan di usia bayi 5 bulan. Bagaimana tidak ? dulu malaikat kecil anda hanya bisa mengenali warna warna kontras nan mencolok, bahkan ia belum tahu apa saja yang ada di sekeliling tubuhnya. Nah salah satu perkembangan bayi 5 bulan adalah kemampuan melihat yang lebih tajam dibanding waktu baru pertama kali lahir. Meski tidak langsung ekstrem dimana bayi langsung tahu ada TV atau lemari di depannya, paling tidak, bayi sudah mulai bisa fokus melihat benda benda kecil seperti batu kerikil di taman.

Pada usia 5 bulan bayi mampu melihat dan mengikuti objek bergerak meski si kecil mungkin tidak terlalu bisa mendengar atau menyentuh karena ia tidak yakin apakah yang ia lihat ilusi atau kenyataan. Sebagai orang tua, anda bisa membuat pesawat terbang mini untuk dimainkan bersama si kecil, hal ini bisa melatih pengelihatan bayi sekaligus membuat bayi merasa lebih dekat dan dicintai.

Kedua, kemampuan bayi usia 5 bulan yang meningkat ada pada pendengaran. Tidak ada lagi suara datar di telinga bayi, sekarang ia sudah bisa memilah milah suara dan alam bawah sadar bayi mulai mampu berfokus pada suara yang dikenal. Ini saat yang tepat bagi ayah atau bunda memperkenalkan diri sendiri, diri anak, maupun orang orang di sekeliling bayi. Kalau dulu hanya sekedar “Adek, ganti baju dulu ya” sekarang cobalah menambahkan nama bayi, seperti “ adek Kevin, ganti baju dulu ya” hal ini sangat membantu bayi mengingat siapa dia dan apa panggilan dirinya.

Saat ada tamu datang sekalipun, cobalah untuk selalu menyebutkan nama tamu tersebut ketika mengunjungi bayi. Hal ini akan membuat bayi tahu mana orang yang bisa ia percayai, bahkan bisa meningkatkan perasaan aman dalam dirinya. Anda juga bisa membeli mainan yang bisa mengeluarkan bunyi kerincing seperti bel atau semacamnya untuk melatih pendengaran dan tingkat kesadaran bayi. Dengan membunyikan mainan mainan tersebut, secara tidak langsung bayi akan belajar mencari sumber suara, kegiatan ini berguna ketika datang masa dimana bayi harus simpatik dan waspada.

Menyambung pada kemampuan mendengar bayi usia 5 bulan, sekarang, kemampuan bicara bayi sudah meningkat jauh dibanding saat dunia baru pertama menyambut. Anda mungkin sadar bayi anda mulai sering mengatakan sepatah dua patah kata yang tidak berarti apapun bagi anda, kalimat yang paling sering keluar adalah “ah..ah” “ta..ta” atau pengulangan konsonan lainnya. Sejatinya bayi sedang berusaha keras mengingat kata kata yang ia dengar entah dari anda atau dari sumber apapun. Pengulangan kata dilaksanakan bayi agar tertanam di dalam otaknya, mirip dengan menghafal pelajaran sekolah untuk ujian.

Umumnya malaikat kecil anda akan terdengar aneh, terutama ketika ia terus mengulang kata yang sama dengan makna tidak tentu. Bayi lebih senang belajar satu kata sebelum melangkah ke kalimat selanjutnya daripada diberi banyak kata, terlalu banyak kosakata dalam waktu bersamaan hanya terdengar seperti angin lalu dan tidak mendidik. Yang bisa anda lakukan guna membantu proses belajar adalah dengan memahami kata apa yang saat ini sedang ia pelajari.

Jika anda kesulitan menangkap makna, Perhatikan sekeliling anda, adakah sesuatu yang bisa memancing bayi untuk berbicara ? bisa jadi bayi menangkap kata kata dari radio yang diputar anda tiap pagi. Jika tidak, teruslah berbicara dengan bayi dengan menggunakan kata kata serupa, hindari mengkombinasikan kata kata baru terlalu sering. Meski bayi terkesan tidak menanggapi, terus saja, dengan demikian bayi bisa tumbuh dengan kemampuan komunikasi yang baik. Orang tua yang terlalu sering diam di dekat bayinya, cenderung memiliki anak pendiam dan pemalu ketika ia tumbuh besar.

Terakhir, yang juga cukup menyenangkan begitu sukses, kemampuan duduk. Seperti yang anda mungkin sudah sadari, tulang bayi sudah lebih kuat. Meski demikian, keseimbangan bayi belum terlalu kokoh sehingga bantuan anda sangat diperlukan. Tenang saja, cara membantu bayi duduk mudah, menyenangkan, dan bisa menjadi aktivitas mempererat hubungan bayi dengan bunda atau ayah.

Pertama anda bisa meletakkan bayi di lantai dalam posisi duduk, bayi anda akan oleng setelah beberapa detik, penjagaan anda harus tepat pada saat ini. Duduk dengan kaki membentuk V di belakang bayi akan berfungsi seperti anda adalah sandaran bagi si kecil, tapi juga tetap membentu kemandirian bayi karena bayi tetap bisa duduk sendiri namun tetap jauh dari resiko jatuh karena ada anda di belakang si kecil. Terus dukung bayi agar perlahan lahan mau tetap duduk sendiri. Yang terpenting dari perkembangan bayi 5 bulan adalah kesabaran pada setiap momen.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*